Follow Us

Selama Ini Dicari-cari Biang Keroknya, China Klaim Virus Covid-19 Ditemukan di Makanan-Makanan Beku Impor Asal 2 Negara Ini!

Tiur Kartikawati Renata Sari - Jumat, 14 Agustus 2020 | 11:01
(Ilustrasi) Selama Ini Dicari-cari Biang Keroknya, China Klaim Virus Covid-19 Ditemukan di Makanan-Makanan Beku Impor Asal 2 Negara Ini!
Kompas.com

(Ilustrasi) Selama Ini Dicari-cari Biang Keroknya, China Klaim Virus Covid-19 Ditemukan di Makanan-Makanan Beku Impor Asal 2 Negara Ini!

GridStar.ID - Selama ini, kota Wuhan, China dianggap sebagai asal mula penyebaran covid-19.

Namun, baru-baru ini otoritas Kota Shenzen, China mengklaim adanya virus corona dalam sayap ayam yang diimpor dari Brazil.

Temuan ini dideteksi pada Rabu, (12/08) saat sampel makanan beku impor diperiksa termasuk sayap ayam tersebut.

Baca Juga: Ini Reaksi yang Terjadi pada Tubuh 21 Relawan Usai Disuntik Calon Vaksin Covid-19

Mengutip CNN, Kamis (13/08), otoritas kesehatan Shenzen segera melacak dan menguji orang-orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan produk ayam tersebut.

Mereka juga menguji produk makanan yang disimpan di dekat bahan yang tercemar virus. Semua hasilnya dinyatakan negatif.

Pihak berwenang kini tengah melacak produk terkait dari merek serupa yang telah dijual, dan telah mendisinfeksi area penyimpanan sayap ayam yang diduga terkontaminasi Covid-19.

Baca Juga: Langsung Diumumkan Jokowi, Ini Perkembangan Terbaru Vaksin Covid-19 Merah Putih yang Dikembangkan dalam Negeri, Kapan Siap Edar?

Penemuan di Shenzen itu terjadi sehari setelah jejak virus corona penyebab Covid-19 ada pada kemasan udang beku asal Ekuador.

Sejak Juli 2020, ada tujuh kasus di mana virus terdeteksi pada kemasan produk makanan laut impor di seluruh China.

Insiden ini memicu kekhawatiran terhadap keamanan pangan impor.

Otoritas kesehatan China telah berulang kali memberi tahu publik agar berhati-hati dalam membeli daging dan makanan laut impor. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Otoritas China Klaim Temukan Virus Corona pada Sayap Ayam Impor dari Brazil

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest