Follow Us

Dihitung-hitung, Utang Indonesia Versus Malaysia, Siapa Lebih Besar?

Tiur Kartikawati Renata Sari - Selasa, 21 Juli 2020 | 10:31
(Ilustrasi) Dihitung-hitung, Utang Indonesia Versus Malaysia, Siapa Lebih Besar?
iStock

(Ilustrasi) Dihitung-hitung, Utang Indonesia Versus Malaysia, Siapa Lebih Besar?

GridStar.ID - Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menyampaikan anggapan masyarakat terkait utang negara.

Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang memberikan sentimen negatif terhadap utang.

"Saya ingin menyampaikan, kadang-kadang masyarakat kita sensitif soal utang. Menurut saya, tidak bagus juga. Karena kalau kita mau bicara tentang policy (ketentuan) utang, ya kita bisa berdebat, jangan pakai benci dan menggunakan bahasa kasar," kata Sri Mulyani seperti dikutip pada Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Utang Luar Negeri Tembus 404 Miliar Dollar AS, Sri Mulyani: Kadang-Kadang Masyarakat Kita Sensitif soal Utang

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, tak ada satu pun negara di dunia yang tak memiliki utang. Pinjaman diperlukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi.

Bahkan, dia membandingkan utang yang dilakukan negara-negara Islam.

Lalu, jika dibandingkan dengan Malaysia yang jadi negara paling dekat Indonesia, mana yang paling besar jumlah utang di antara kedua negara ini?

Baca Juga: PNS TNI Polri Harap Bersabar, Ditanya Kejelasan Soal Gaji ke-13 Menteri Sri Mulyani Masih Diam Seribu Bahasa: Nanti Aja Yah...

Mengutip laman resmi bank sentral Malaysia, Bank Negara Malaysia atau BNM, total utang pemerintah Malaysia per Juli 2020 tercatat sebesar RM 823,79 miliar atau setara dengan Rp 2.839 triliun (kurs Rp 3.446 untuk setiap 1 Ringgit Malaysia atau RM).

Jika dirinci, keseluruhan utang pemerintah Malaysia ini terdiri dari RM 631,322 miliar berupa utang domestik, dan utang luar negeri RM 192,468 miliar.

Pemerintah Malaysia lebih banyak melakukan porsi pinjaman domestik ketimbang utang luar negeri.

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest