Follow Us

Sering Dilakukan Padahal Fatal Akibatnya pada Tubuh! Jangan Sembarangan Cuci Telur Sebelum Dimasak: Karena Cangkang Keropos, Air Mudah Masuk Membawa Bakteri

Tiur Kartikawati Renata Sari - Kamis, 25 Juni 2020 | 05:00
(Ilustrasi) Sering Dilakukan Padahal Fatal Akibatnya pada Tubuh! Jangan Sembarangan Cuci Telur Sebelum Dimasak: Karena Cangkang Keropos, Air Mudah Masuk Membawa Bakteri
Kompas.com

(Ilustrasi) Sering Dilakukan Padahal Fatal Akibatnya pada Tubuh! Jangan Sembarangan Cuci Telur Sebelum Dimasak: Karena Cangkang Keropos, Air Mudah Masuk Membawa Bakteri

GridStar.ID - Siapa yang memiliki kebiasaan mencuci telur sebelum dimasak?

Ternyata kebiasaan mencuci telur sebelum dimasak sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

Mengapa bisa berbahaya bagi tubuh ya?

Baca Juga: Azriel Hermansyah Puji Habis-habisan Masakan Bunda Terbaik, Ashanty Malah Bingung: Diceplokin Telur Aja Dia Bilang The Best!

Menurut USDA (United States Department of Agriculture) ada sebuah peraturan yang mengharuskan pencucian semua telur yang diproduksi secara komersial.

Proses ini menghilangkan lapisan pelindung alami yang disebut kutikula dari permukaan telur.

Setelah telur dicuci, film minyak mineral bisa dioleskan ke permukaan telur untuk mencegah bakteri menembus dan mencemari telur.

Baca Juga: Awalnya Tak Berniat Diet, Perempuan Ini Kaget saat Rajin Konsumi Telur Setiap Hari untuk Kesehatan, Bonusnya Turun Berat Badan Secara Signifikan!

Karena proses ini, USDA ataupun ahli gizi mengatakan bahwa telur tak perlu lagi dicuci.

Apa yang akan terjadi pada telur yang kita cuci sebelum dimasak?

"Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya keropos, air dapat mendorong bakteri ke dalam telur," jelas Amy Leigh Mercree pakar kesehatan holistik.

Source : Nova

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest