Follow Us

Pakai Masker Bukan Satu-satunya Cara untuk Cegah Corona, Ini Penjelasannya

Dionysia Mayang Rintani - Senin, 02 Maret 2020 | 15:22
Pakai Masker Bukan Satu-satunya Cara untuk Cegah Corona, Ini Penjelasannya
iStockphoto

Pakai Masker Bukan Satu-satunya Cara untuk Cegah Corona, Ini Penjelasannya

GRIDSTAR.id – Menggunakan masker dipercaya bisa jadi salah satu cara manjur untuk menghindari penularan virus atau penyakit menular lainnya termasuk mencegah penularan virus corona yang saat ini banyak diperbincangkan.

Sebetulnya, para ahli virus masih skeptis soal efektivitas penggunaan masker untuk menangkal penyebaran virus lewat udara.

Namun, ada beberapa bukti di mana pemakaian masker bisa mencegah penyebaran virus dari tangan ke mulut.

Baca Juga: Guru Besar Universitas Arilangga Teliti Vaksin Pemusnah Virus Corona, Benarkah 3 Rempah yang Biasa Jadi Bumbu Masak Sehari-hari Ini Bisa Jadi Penangkalnya?

Masker operasi awalnya diperkenalkan dan digunakan di rumah sakit pada akhir abad 18, namun belum digunakan pada publik hingga wabah flu Spanyol yang merebak pada 1919 dan menewaskan lebih dari 50 juta orang.

Dr. David Carrington dari St. George University of London kepada BBC News menjelaskan bahwa penggunaan harian masker operasi tak terlalu efektif untuk mencegah penularan virus atau bakteri melalui udara.

Alasannya, karena masker tersebut terlalu kendor, tidak memiliki filter udara, dan membiarkan area mata terbuka.

Baca Juga: 2 WNI Positif Corona, Menteri Kesehatan Terawan Jelaskan Prosedur Penanganan dan Kondisi Terkini

Namun, penggunaan masker ini bisa menurunkan risiko menyebarkan virus dari semburan bersin atau batuk dan mencegah penularan dari tangan ke mulut.

Pada penelitian yang dilakukan pada 2016 di New South Wales, faktanya seseorang menyentuh muka setidaknya 23 kali dalam 1 jam.

Jonathan Ball, profesor virologi molekuler dari University of Nottingham menjelaskan, “ Dalam 1 penelitian terkontrol yang dilakukan di sebuah rumah sakit, masker muka sama baiknya dengan respirator khusus untuk mencegah infeksi influenza.”

Baca Juga: 2 Orang WNI Terjangkit Virus Corona Berasal dari Depok dan Diduga Tertular dari Warga Jepang

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest