Cek 5 Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa Meski Pengobatannya Ditanggung BPJS Kesehatan

Senin, 18 Maret 2024 | 15:53
dok.Kompas.com

Jadwal buka puasa hari ini

GridStar.ID -Meski puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, beberapa penderita penyakit ini bisa mendadak kambuh saat berpuasa.

Ditanggung BPJS Kesehatan, apa saja penyakit yang kerap muncul saat puasa?

1. Gangguan pencernaan

Puasa memang dapat meningkatkan kesehatan, tetapi pola makan yang penuh dengan makanan berminyak dan manis dapat menyebabkan kembung, sendawa, refluks asam lambung, dan gangguan pencernaan, bahkan pada orang yang tidak menderita masalah lambung.

Frekuensi tukak lambung - luka terbuka yang berkembang di lapisan dalam perut Anda - yang menyebabkan sakit perut juga lebih tinggi selama Ramadhan.

Makan berlebihan dan memilih makanan yang digoreng dan pedas dapat membuat sistem pencernaan stres dan memicu refluks.

Para ahli menyarankan, agar terhidrasi dengan baik saat puasa, makanlah dengan perlahan, dan makan seimbang dengan banyak serat.

Selain itu, tetap rutin berolahraga selama puasa juga dapat membantu pencernaan Anda.

Baca Juga: Tak Perlu Panik Jika Alami Diare Seharian, Air Tajin Mampu Bikin Mampet Jika Begini Cara Konsumsinya

2. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi atau yang disebut juga dengan hay fever, adalah jenis peradangan di hidung yang disebabkan oleh reaksi berlebihan sistem kekebalan terhadap alergen di udara.

Ini menyebabkan hidung meler atau tersumbat, bersin, dan mata gatal serta berair.

Keluhan yang biasa terjadi selama bulan-bulan musim panas, justru bisa lebih terasa di bulan Ramadhan, ketika orang yang berpuasa mengubah rutinitasnya.

Para ahli menyarankan untuk menciptakan lingkungan bebas debu di rumah, dengan mengontrol suhu dan kelembapan, menjaga ventilasi AC tetap bersih, dan menggunakan pembersih udara untuk mencegah serangan alergi.

Baca Juga: Waspada Kambuh Saat Ramadan, BPJS Kesehatan Bisa Digunakan Obati Asam Lambung Gratis

3. Mata kering

Dry Eye adalah kondisi yang terjadi ketika air mata tidak mampu memberikan lubrikasi yang cukup untuk mata.

Perubahan pola makan dan berkurangnya asupan makanan kaya nutrisi, dapat memengaruhi fungsi otot mata dan kelenjar air mata.

Pasien dengan kondisi mata kering yang sudah ada sebelumnya dapat memperburuk keadaan selama puasa Ramadhan, jika pola makan dan pola tidur yang sehat tidak dipertahankan.

Para ahli merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter segera setelah gejala muncul.

4. Hipertensi

Perubahan pola makan dan tidur dapat menyebabkan fluktuasi tekanan darah.

Namun, orang dengan hipertensi ringan hingga sedang dapat berpuasa dengan aman dengan mempertahankan gaya hidup sehat, olahraga, dan protokol pengobatan atas saran dokter mereka.

5. Sakit Kepala

Dehidrasi, pengurangan kafein, gula darah rendah dan kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala.

Para ahli mengatakan, menerapkan rutinitas yang stabil selama Ramadhan, mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk menjaga kadar gula darah, minum setidaknya delapan gelas air, dan tidur tujuh jam setiap hari dapat membantu mengurangi terjadinya sakit kepala.(*)

Editor : optimization

Baca Lainnya