Sambut Ramadan 2023, Ketahuilah Waktu Terbaik untuk Sholat Dhuha di Bulan Puasa

Minggu, 05 Maret 2023 | 21:02
Freepik.com

Sholat Dhuha

GridStar.ID- Sambut Ramadan 2023, Di bulan suci Ramadan memperbanyak ibadah salah satunya mengerjakan sholat sunat.

Seperti Sholat Dhuha dikerjakan pagi hari.

Apalagi di saat bulan puasa dianjurkan memperbanyak meningkatkan ibadah.

Ibadah sholat dhuha menjadi salah satu bentuk dari banyaknya Sholat Sunnah yang dianjarkan Allah kepada hamba-Nya melalui Nabi Muhammad.

Apalagi memasuki bulan Ramadhan, ibadah sunnah seperti sholat dhuha patut untuk dilaksanakan.

Pengerjaan sholat dhuha memiliki manfaat serta keutamaan yang luar biasa jika istiqomah dikerjakaan.

Pengerjaan sholat dhuha dikerjakan minimal dua rakaat dan bisa dikerjakan maksimal dua belas rakaat.

Setiap dua rakaat sholat dhuha diakhiri dengan satu salam.

Lantas, sholat dhuha bisa dilaksanakan sejak matahari naik hingga condong ke barat, sekira pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang.

Baca Juga: Sambut Ramadan 2023, Aturan Pembelian Elpiji 3 Kg dengan KTP Mulai Disahkan

Di Indonesia, waktu sholat dhuha ini terbentang selama beberapa jam sejak 20 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum masuk waktu dhuhur.

Namun, lebih baiknya jika dilaksanakan sekitar pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB pagi.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Duha

1. sholat dhuha sebagai Wasiat Rasulullah

Dari Abu Hurairah Ra berkata:

“Kekasihku Rasulullah saw telah berpesan kepadaku supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” ( HR. Buhkari dan Muslim).

2. Dua rakaat dholat dhuha senilai 360 sedekah

Keutamaan ini banyak dikaitkan dengan lancarnya rezeki, karena setara dengan 360 sedekah.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

3. Empat Rakaat sholat dhuha Membawa Kecukupan Rezeki

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

4. sholat dhuha dua rakaat sebagai pengganti tasbih, tahmid dan tahlil

Rasulullah bersabda:

“Setiap pagi ada kewajiban untuk tiap-tiap persendian bersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil sedekah, tiap-tiap tahmid sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang mungkar sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan dua rakaat shalat dhuha”. (HR Muslim)

Baca Juga: Sambut Ramadan 2023, Inilah Daftar Link Download Jadwal Imsakiyah di 38 Provinsi Indonesia

5. sholat dhuha sebagai penghapus dosa

Hal ini sesuai dengan sabda Raulullah:

“Barang siapa yang mengerjakan sholat dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu banyak seperti buih di lautan.” (HR. Tirmidzi dari Abu Daud Ra)

6. Berpahala Umrah

Mengerjakan shalat dhuha tentunya akan mendapatkan pahala. Pahala dari shalat dhuha setara dengan pahala mengerjakan umrah.

Sesuai dengan isi hadist dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah. (Shahih al-Targhib : 673)

(*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya