Nyesel Baru Tahu! Bak Sudah Miliki Firasat karena Penyakit Kronis yang Dialaminya, Dorce Gamalama Sudah Siapkan Wasiat untuk Hari Kematiannya: Nggak Usah Bingung Jenis Kelamin

Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:33
Kolase Instagram @dorcegamalama/ @dg_kcp

Dorce Gamalama

GridStar.ID-Lama tak terdengar kabarnya, Dorce Gamalama justru membagikan kabar kurang mengenakan.

Tak ada angin tak ada hujan, Dorce Gamalama baru-baru ini harus dilarikan ke rumah sakit lantaran kehilangan kesadaran mendadak.

Pihak keluarga pun meminta doa untuk kesembuhan Dorce Gamalama.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Mendadak Dilarikan ke Rumah Sakit karena Penyakit Menahunnya, Sosok Ini Ungkap Penyesalan Terbesar Dorce Gamalama Semasa Hidupnya: Bergelimang Gemerlap Dunia

Kondisi terkini Dorce Gamalama diungkap kerabat dekat Hetty Sunjaya.

Dia menceritakan kondisi Dorce Gamalama saat pertama kali di bawa ke rumah sakit.

Menurutnya, awal ketika mantan presenter program Dorce Show itu jatuh sakit kondisinya sangat mengkhawatirkan.

Baca Juga: Bak Firasat Buruk, Sudah Siapkan Kain Kafan hingga Tanah Kuburan Berita Duka Datang dari Dorce Gamalama, Kondisinya Kritis Tak Sadarkan Diri di ICU, Saudara Mohon Doa

Saat menceritakan hal itu, Hetty lantas menitikan air matanya.

"Saat melihat (awal kondisinya) sangat memprihatikan sekali karena gimana ya, gak tega juga si liatnya," kata Hetty disertai tangisan, saat ditemui di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (09/10).

Bahkan saat menjalani perawatan, sang penyanyi sempat merasa resah soal penyakit yang diidapnya itu, sampai-sampai dokter memberikannya obat penenang.

Baca Juga: Anak Dorce Gamalama Beberkan Kronologi sang Ibu Tak Sadarkan Diri hingga Dibawa ke Rumah Sakit, Sempat Minta Hal Ini

Kendati demikian, hingga kini kondisi penyanyi berusia 58 tahun ini berangsur membaik.

"Kalau sampe sekarang ini masih dalam observasi dokter ya, masih diistirahatkan karena sebelumnya ada gelisah, berontak gitu kan kaya ada yang dirasain," tutur Hetty.

"Udah membaik tetapi ya itu tadi jangan sampai ada simpang siur berita 'Dorce koma, Dorce kritis' cuma beliau itu diberi obat penenang supaya beliau istirahat lebih baik," imbuhnya.

Dorce telah mendapatkan penanganan cepat dari tim dokter sejak dirjnya dilarikan ke rumah sakit pada Kamis 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Aktris Senior Ini Tak Sadarkan Diri dan Dilarikan ke Rumah Sakit, Keponakan Dorce Gamalama Minta Doa: Mohon Keikhlasan Hati

"Tapi tindakan dokter itu cepat sekali langsung ada tindakan CT scan kenapa bunda itu gelisah dan bunda itu seperti orang gak sadar, gak ada respon untuk orang sekitar mangkanya dokter langsung melakukan CT scan dan dirujuk ke ICU sampai malam tadi," ungkapnya.

Namun, Hetty belum mendapatkan informasi terkait riwayat apa yang diidap Bunda Dorce sapaan akrabnya itu.

"Belum, sampai saat ini belum ada hasil observasi," tutupnya.

Di lain sisi, Dorce Gamalama rupanya yang sudah mempersiapkan hari kematiannya. Dalam artian Dorce Gamalama mempersiapkan segala sesautu yang dibutuhkan orang-orang sekitarnya ketika ia meninggal nanti. Dia juga sudah menyiapkan wasiat pilu.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Siapkan Kain Kafan hingga Batu Nisan, Dorce Gamalama Ternyata Derita 2 Penyakit Mematikan yang Tak Diketahui Orang

Dorce Gamalama sudah mempersiapkan penutup jenazah, kain kafan, tanah kuburan, keranda dan lain sebagainya ketika hari kematiannya kelak.

Melalui acara Good Friend Inews TV, Dorce Gamalama mengakui sudah mempersiapkan perlengkapan kematiannya tersebut.

Artis senior ini mengaku tidak ingin merepotkan orang di sekitarnya ketika mengurus jenazahnya kelak. Selama masih diberi kesempatan untuk hidup, Dorce Gamalama memilih untuk menyediakan perlengkapan kematiannya sekarang.

"Aku tidak mau merepotkan orang, karena menyiapkan sendiri itu lebih baik. Karena keinginan sendiri kita masih bisa beli kan, tapi kalau misalnya udah mati siapa yang mau beli. Paling beli kain kafan doang sama tikar," kata Dorce Gamalama.

Baca Juga: Divonis Sakit Keras, Dorce Gamalama Mengaku Sudah Siapkan Kain Kafan hingga Sudah Tulis Wasiat untuk Kematian Dirinya Kelak

Selain itu, Dorce juga sudah siap dengan surat wasiat yang akan mempermudah orang-orang di sekitarnya, kelak jika ia meninggal.

Dorce Gamalama juga meyakini orang-orang di sekitarnya akan peduli mengurus dan memandikan jenazahnya.

Dalam kesempatan ini, dia melontarkan wasiat pilu.

"Tapi kalau kita punya wasiat ini begini, di sini, ini kuburan gue. Jadi nanti orang kalau nanya yang mandiin Dorce siapa tuh laki atau perempuan. Ngga usah bingung-bingung," ujarnya.

Baca Juga: Komedian Omas Tutup Usia, Dorce Gamalama Unggah Foto Lawas Ucapkan Duka Mendalam: Selamat Jalan Mpok Omas...

Menurutnya keyakinan dalam diri sendiri adalah hal yang paling penting. Jika seseorang meyakini akan mendapat rezeki berlimpah makan akan banyak datang rezeki dalam hidupnya.

Keyakinan seperti itu lah yang dipegang teguh oleh Dorce Gamalama dalam menjalani kehidupan. Karena itu, Dorce Gamalama meyakini orang sekitarnya tidak akan diam dan acuh ketika dirinya meninggal. Dia juga tak mempersoalkan cara orang akan memandikan jenazahnya kelak, secara perempuan atau laki-laki akan terlihat pada jenis kelaminnya.

"Jadi nanti kalau gue meninggal, ngga mungkin orang diam. Pasti ada lah yang mandiin sesuai dengan jenis kelamin aku, kalau perempuan ya perempuan loh," tuturnya.

Selain itu, Dorce Gamalama mengaku dirinya tidak ingin memiliki umur panjang jika tidak memberi manfaat untuk orang sekitarnya. Setiap kali Dorce berdoa ia selalu meminta agar hidupnya bermanfaat untuk orang lain.

Baca Juga: Niat Hati Sambangi Kediaman Ashanty dan Anang Hermansyah Berujung Cek-cok, Dorce Gamalama Malah Ngamuk-Ngamuk hingga Banting Gelas Dikira Maling oleh Satpam: Saya Capek! Saya Ketemu Presiden Lebih Gampang!

"Aku (umurnya) panjang boleh tapi bermanfaat. Aku selalu doanya begitu ya Allah kalau memang umurku panjang aku bermanfaat. Tapi kalau aku tidak bermanfaat, pendekin aja. Artinya ngapain aku hidup kalau ngga bermanfaat untuk orang lain," tandasnya.

Itu sebabnya, Dorce sekarang lebih fokus melakukan aksi sosial yang bermanfaat untuk masyarakat.

Beberapa kali ia datang ke tempat yang terkena musibah dan memberikan uluran tangannya bukan bermaksud untuk panjat sosial.

Dorce Gamalama yang sudah empat kali menikah dan gagal pun juga sudah tidak memikirkan akan menikah lagi. Ia lebih fokus untuk menata akhir hidupnya menjadi pribadi yang lebih baik. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Tribun-Medan.com, YouTube

Baca Lainnya