Dampaknya Tak Main-Main! Mark Zuckerberg Kehilangan Kekayaan Hingga Rp 85,6 Triliun, Gegara Facebook, WhatsApp dan Instagram Down

Selasa, 05 Oktober 2021 | 15:03
www.cnet.com

Mark Zuckerberg

GridStar.ID - Mark Zuckerberg dikenal sebagai pendiri sosial media Facebook.

Seiring dengan pertumbuhan media sosial tersebut, kekayaan dari Mark Zuckerberg juga ikut mengalami peningkatan.

Namun jika terjadi masalah dengan media sosial tersebut, Mark Zuckerberg juga ikut merasakan dampaknya.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, BSU Guru Honorer 2021 Cair Bulan September? Ini Penjelasan Kemdikbud

Seperti yang terjadi pada Senin (04/10) hingga Selasa (05/10) pagi ini.

WhatsApp, Facebook, dan Instagram mengalami error selama 8 jam.

Dampaknya tidak hanya terasa pada miliaran pengguna ketiga platform media sosial dan aplikasi perpesanan tersebut.

Bos Facebook Mark Zuckerberg juga merasakan dampaknya. Kekayaan pribadi CEO Facebook itu turun lebih dari 6 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 85,6 triliun (kurs Rp 14.200 per dollar AS) dalam beberapa jam.

Baca Juga: Sambung Hidup Jualan Perkakas Via Online di Facebook, Begini Nasib Ria Tatu Mantan Istri Habib Usman bin Yahya yang 3 Anak Kandungnya Diasuh Kartika Putri

Saham anjlok 4,9 persen

Facebook menjadi perusahaan teknologi di bidang media sosial yang membawahkan beberapa platform lainnya, seperti WhatsApp, Instagram, Oculus, Calibra, dan lain sebagainya.

Melansir Bloomberg, Selasa (5/10/2021), saham raksasa media sosial ini anjlok hingga 4,9 persen di hari Senin, sehingga penurunannya menjadi sekitar 15 persen jika dihitung sejak pertengahan September 2021.

Zuckerberg merupakan salah satu orang dalam daftar orang terkaya di dunia. Anjloknya saham Facebook ini membuat nilai kekayaannya turun menjadi 121,6 miliar dollar AS.

Baca Juga: Mendadak Facebook Ustaz Abdul Somad yang Diikuti Jutaan Jamaah Lenyap, Tim Pendakwah Kondang Ini Cari Biang Keladinya: Siapa yang Menghilangkan? Kami Ingin Tahu!

Sebelumnya, kekayaan Zuckerberg sekitar 140 miliar dollar AS. Berdasarkan Bloomberg Billioner Index, Zuckerberg ada di urutan ke-5 dari daftar orang terkaya di dunia, ada di bawah Bill Gates, pendiri Microsoft.

Penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApp error Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan down atau mengalami gangguan pada Senin (4/10/2021) sekitar pukul 22.46 WIB.

Melansir The Guardian, Senin (4/10/2021), menurut laporan penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApp adalah adanya gangguan pada DNS atau sistem nama domain milik Facebook.

Baca Juga: Beredar Kabar di Facebook Pancairan BLT UMKM Rp2,4 Juta Paling Lambat 28 Desember, Ini Jawaban Kemenkop UKM

Gangguan pada DNS ini mengubah nama situs web menjadi alamat numerik yang dapat dipahami oleh mesin.

Ini memungkinkan komputer pengguna untuk terhubung ke server web tujuan dan situs web yang dicari pengguna.

Kejadian ini merupakan salah satu insiden serius pertama bagi Facebook sejak 2019.

Baca Juga: Tak Takut Bakal Jadi Bumerang, Melaney Ricardo Ogah Hapus Foto-Foto Nakalnya di Facebook, Bak Alarm: Itu Perjalanan Hidup, Gue Hampir Mati karena Nakal!

Sebelumnya Facebook mengalami serangkaian gangguan pada 13 Maret 2021, ketika beberapa pengguna di seluruh dunia tidak dapat mengakses Facebook, Instagram, dan WhatsApp selama lebih dari 24 jam.

Kali ini, gangguan yang terjadi tidak sampai 24 jam. Akan tetapi, masalah ini tetap berdampak pada saham Facebook secara keseluruhan.

Pengguna media sosial Dikutip dari Statista.com, berikut ini jumlah pengguna Facebook dan beberapa media sosial atau platform perpesanan lainnya.

Baca Juga: Belum Resmi Bercerai, Rupanya Rieta Amalia Diam-diam Menikah Kembali hingga Buat Gideon Tengker Sakit Hati, Ancam Bakal Gugat Nagita Slavina dan Raffi Ahmad 1 Triliun US Dollar

  1. Facebook: 2,853 miliar
  2. YouTube: 2,291 miliar
  3. WhatsApp: 2 miliar
  4. Instagram: 1,386 miliar
  5. Facebook Messenger: 1,3 miliar
  6. WeChat 1,242 miliar
  7. TikTok: 732 juta
  8. QQ: 606 juta
  9. Douyin: 600 juta
  10. Telegram: 550 juta
  11. Sina Weibo: 530 juta
  12. Snapchat: 514 juta
  13. Pinterest: 481 juta
  14. Twitter: 397 juta (*)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulKekayaan Bos Facebook Mark Zuckerberg Anjlok Rp 85,6 Triliun Saat WhatsApp dkk Error

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya