Makna Mendalam di Balik Baju Adat Lampung yang Dikenakan Presiden Jokowi di Upacara Peringatan HUT RI Ke-76

Selasa, 17 Agustus 2021 | 18:45
instagram

Presiden Jokowi di Upacara Peringatan HUT RI ke-76

GridStar.ID - Setiap kali upacara peringatan detik-detik proklamasi hari kemerdekaan RI, Presiden Jokowi selalu mengenakan pakaian adat.

Setiap kali menghadiri upacara, Presiden Jokowi mengenakan berbagai baju adat dari berbagai daerah yang berbeda.

Pada upacara peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka HUT ke-76 RI pada Selasa (17/08) kali ini, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Pepadun yang berasal dari Provinsi Lampung.

Baca Juga: Diam-Diam Dinikahi Pengusaha Tambang di Mekkah, Mantan Pacar Raffi Ahmad Ini Alih Profesi Sementara, Dicap Guru Galak hingga Tag Anies Baswedan dan Jokowi

Baju adat tersebut terdiri dengan baju lengan panjang dan celana berwarna putih, kemudian dipadukan dengan kain sarung berwarna merah.

Designer Didiet Maulana pun mencoba memaknai pakaian adat Presiden Jokowi tersebut.

"Bapak Jokowi mengenakan pakaian Lampung Pepadun Penyimbang Tetua Adat/ Pimpinan dalam Adat yang disiapkan oleh tim khusus dari Lampung.

Baca Juga: Jokowi Ketuk Palu, PPKM Diperpanjang hingga 9 Agustus 2021, Klaim Perbaikan Skala Nasional

Adat di Lampung terbagi dua yaitu Pepadun (tinggal di daratan) dan Sai Batin (tinggal di daerah pesisir/ pantai)," kata Didiet Maulana.

Didiet Maulana kemudian menyampaikan makna dari baju yang dikenakan Presiden Jokowi di setiap detailnya.

"Baju celana putih sebagai warna tertinggi dalam prosesi adat Lampung yang biasa dipakai oleh Penyimbang (Pimpinan dalam Adat).

Baca Juga: Jokowi Ketuk Palu PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus 2021: Waspada Varian yang Sangat Menular!

Melambangkan kesucian dan menjunjung tinggi kejujuran dalam kehidupan.

Memakai Sarung Tumpal dengan motif Pucuk Rebung yang menggambarkan keagungan," jelas Didiet Maulana.

"Pjg Sarung Tumpal untuk pria yg sudah menikah posisi kain di bawah lutut, simbolis kebijaksanaan dalam berfikir, mengambil keputusan dalam hidup bermasyarakat.

Baca Juga: Awalnya Akan Dilakukan Pada 12 Juli Lalu, Presiden Jokowi Putuskan Batalkan Vaksinasi Berbayar

Ikat kepala: Kikat/Puyuh Meghem dengan hiasan Batu Kecubung, ikon batu yang ada di Tanjung Bintang, Lampung Selatan," sambungnya.

Selain baju dan sarung yang dikenakan Presiden Jokowi, Didiet Maulana juga menjelaskan detail aksesoris yang dikenakan presiden RI tersebut.

"Ikat kepala ini perlambang pemimpin yang melindungi rakyatnya.

Baca Juga: Sesumbar Jika Kekasih Barunya Merupakan Orang Penting, Nikita Mirzani Ngotot Minta Presiden Jokowi yang Jadi Saksi Nikahnya Nanti, Fitri Salhuteru Cuma Bisa Geleng-Geleng Kepala Dengar Alasannya

Selendang yang dipakai Presiden RI tersebut bernama Selendang Bujur Sangkar/Khikat Akhir, yang bermakna kewibawaan sebagai pemimpin.ikat pinggang Bulu Serti, biasanya untuk menyelipkan Terapang(keris) sbg aksesoris," jelas Didiet.

(*)

Editor : Hinggar

Sumber : Twitter

Baca Lainnya