Nyesel Baru Tahu! Ini 9 Merk Krim Abal-Abal yang Bikin Gagal Ginjal, Sudah Diwanti-wanti Dokter Richard Lee

Jumat, 13 Agustus 2021 | 11:30
Kolase TribunStyle

Perseteruan Dokter Richard Lee dan Kartika Putri

GridStar.ID - Kasus pencokokan Dokter Richard Lee viral di media sosial.

Berseteru dengan Kartika Putri, dr Richard Lee awalnya mengedukasi perihal krim berbahaya yang diendorse oleh sang artis.

Kini, marak beredar krim abal-abal di pasaran yang bisa secara instan membuat kulit jadi glowing.

Baca Juga: Petisi Selamatkan Tokoh Penyelamat Kaum Wanita Indonesia Didukung 130 Ribu Orang, Nasib Kartika Putri Terancam Usai Upaya Penjarakan Dokter Richard Lee?

Namun, efek samping dari kandungan logam berat seperti merkuri dan hidroquinon bisa membahayakan tubuh.

Tubuh yang terpapar krim abal-abal dalam waktu lama bisa mengalami kerusakan di jaringan kulit, saraf, otak, kerusakan pembuluh darah, hingga gagal ginjal.

Melansir dari Bangkapos.com, ini 9 merek krim kecantikan abal-abal yang tak aman digunakan menurut dokter Richard Lee.

Baca Juga: Kartika Putri Ajukan 3 Syarat, Richard Lee Tak Mau Pakai Kata-Kata yang Diwajibkan Istri Habib Usman: Itu Tidak Saya Lakukan, Buat Apa Saya Minta Maaf Seperti Itu?

1. Turbo Intensive Night Cream

Setelah uji laboratorium, ternyata krim malam ini bermerkuri tinggi.

"Seperti namanya Turbo jadi cepet bgt bikin glowing, guys. Dan setelah saya masukin ke lab ternyata hasilnya merkuri 0,3%. Walaupun kecil, tetapi isinya tetap merkuri ya dan tetap berbahaya untuk kulit kamu,” ujar dr. Richard Lee.

2. Babypink Sucofindo

"Ini produk abal-abal yang bikin namanya juga abal-abal. Jadi namanya nyangkut-nyangkutin sucofindo biar katanya sudah dicekin ke lab. Jadi sucofindo tidak pernah punya anak perusahaan skin care ya,” ujar dr. Richard Lee.

"Jadi jangan kalian percaya kata-kata, ‘katanya sucofindo sudah ngecekin nih dan nggak ada merkuri’. Bohong guys! Karena setelah saya masukin ke lab hasilnya merkuri 0,31% guys,” ujarnya.

Baca Juga: Gemetaran Dapatkan Barang Bukti Transkrip Pembicaraan, Dokter Richard Lee Ngaku Dijebak Adik Kartika Putri Demi Uang: Kalau Bisa Buktikan Dokter Main Perempuan akan Dibayar

3. Rose Skincare

Harga yang murah membuat banyak wanita tergiur, padahal kosmetik ini tidak aman loh.

"Rose ini bukan tepung guys tapi krim yang potnya itu mirip banget dengan bunga mawar guys. Dan ternyata isinya itu merkusi 0,46%," ujarnya.

4. LC Beauty Whitening Night Cream

Kandungan merkuri dari produk ini disebut dokter Richard Lee cukup tinggi.

"Setelah saya tunjukin hasil lab, diem deh semua. LC Beauty ini positif merkuri 0,5% guys, jadi cukup tinggi sekali guys," ujarnya.

Baca Juga: Rela Pulang Cepat dan Berpisah dari Putrinya di Yaman Demi Hadiri Mediasi, Kartika Putri Dibuat Kesal dengan Richard Lee: Saya Merasa Dipermainkan

5. Klinskin

Nomor BPOM dari produk ini disebut dokter Richard Lee palsu.

"Setelah saya masukin lab ya hasilnya merkuri 0,8% guys," imbuhnya.

6. Collagen Plus Night Cream

Menurutnya, krim ini punya kandungan merkuri 4 kali lipat dari produk di pasaran.

"Ini krim jahat banget, mengandung merkuri 2,8%," bebernya.

Baca Juga: Membesar Bak Bola Salju, Tuding Dokter Richard Lee Fitnah Gegara Krim Wajah Endorse, Kartika Putri Meradang: Dia Bikin 1000 Konten Silahkan, Asal Jangan Fitnah!

7. HN

Produk asal Malaysia ini disebut bermerkuri 2 kali lipat dari produk sebelumnya.

"Bagi yang bilang, ‘dok, tapi ada lo HN yang BPOM’. Bener banget. Saya sudah liat HN platinum itu ada BPOM nya tapi waktu dijual ke pasaran sama aja guys. Krim malamnya pakai yang biasa.

Jadi ujung-ujungnya kayak nipu BPOM gitu nggak sih? Ya sama aja bohong.

Dan setelah saya masukkin ke lab ternyata HN mengandung merkuri 4,2%," ujarnya.

8. Temulawak

Produk bermerkuri tinggi ini sampai menembus 7,7% loh kandungannya!

"Krim temulawak bukan dari bahan alami ya. isinya merkuri 7,7% dan temulawak ini adalah salah satu produk yang paling sering keciduk BPOM, dan paling sering kena grebek tapi buka lagi, jualan di mana-mana," bebernya.

Baca Juga: Kartika Putri Ajukan 3 Syarat, Richard Lee Tak Mau Pakai Kata-Kata yang Diwajibkan Istri Habib Usman: Itu Tidak Saya Lakukan, Buat Apa Saya Minta Maaf Seperti Itu?

9. Tabita

Menurut dokter Richard Lee krim ini paling berbahaya karena kandungan merkurinya paling tinggi.

"Jadi tabita ini mengandung merkuri 8% guys. Ini serem banget ini ya. Bagi kalian yg sudah pakai tabita itu keluarnya itu auto rusak," ujar dr Richard Lee. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Youtube, Bangkapos.com

Baca Lainnya