Kasus Covid-19 Varian Delta Makin Melonjak, Mual hingga Nyeri Sendi Bisa Jadi Gejalanya!

Sabtu, 19 Juni 2021 | 11:31
The Straits Times

Situasi pandemi Covid-19 di India

GridStar.ID - Indonesia belum bisa bernapas lega sejak pandemi covid-19 melanda.

Bahkan, kini kasus infeksi covid-19 melonjak sejak datangnya virus covid-19 varian Delta dari India.

Virus ini memiliki gejala khas saat seseorang terinfeksi.

Baca Juga: Gangguan Pendengaran Bisa Jadi Gejala Covid-19 Varian Delta, Ini 5 Ciri Umum yang Patut Diwaspadai!

Diketahui, virus corona Delta dari India yang disebut 40 persen lebih mudah menularkan Covid-19, mulai menyebar dan banyak terdeteksi di Indonesia.

Varian virus corona Delta dari India ini disebutkan dapat meningkatkan risiko perawatan rumah sakit hingga dua kali lipat.

Varian virus corona Delta ini pertama kali ditemukan di India, namun kini telah menyebar luas dan terkonfirmasi ada di 74 negara dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Melonjak Kasus Covid-19 Varian Delta di Kudus, Bahaya Virus Ini Pengaruhi Kesehatan Lansia!

Di Indonesia, varian virus corona Delta dari India ini ditemukan telah menginfeksi sejumlah masyarakat di Kudus, Jawa Tengah.

Lantas, adakah gejala positif Covid-19 yang bisa dikenali yang menunjukkan bahwa seseorang terinfeksi virus varian virus corona Delta dari India ini?

Gejala Covid-19 akibat varian corona Delta dari India

Baca Juga: Tutupi Aib Anak di Depan Kamera, Ayu Ting Ting Justru Beberkan Kebohongan Ayah Rozak Soal Satu Ini: Naudzubillah, Jangan Sampai!

Dikutip dari NBC Miami (10/6/2021), gejala positif Covid-19 dari infeksi virus corona varian Delta dari India pada dasarnya mirip dengan gejala yang ditimbulkan oleh infeksi virus asalnya.

Hanya saja, pada infeksi varian Delta, gejala-gejala positif Covid-19 tersebut akan terjadi dengan lebih parah dan dinilai lebih sulit ditangani melalui penanganan medis.

Gejala positif Covid-19 akibat varian virus corona Delta India sebagaimana disampaikan oleh profesor kedokteran darurat dan kesehatan internasional di Johns Hopkins Universiy, Dr. Bhakti Hansoti meliputi:

Baca Juga: Bak Ketar-Ketir Jemaah Haji Asal Indonesia Dilarang Masuk Arab Saudi karena Covid-19, Arie Untung Unggah Kabah: Kalau di Dunia Aja Nggak Mau Ditemuin Kita, Gimana di Akhirat?

1. Sakit perut

2. Hilangnya selera makan

3. Muntah

Baca Juga: Penularan Covid-19 Masih Terus Terjadi, Pemerintah Putuskan Tiadakan Cuti Bersama Natal 2021 dan Ganti Dua Hari Libur Nasional

4. Mual

5. Nyeri sendi

6. Gangguan pendengaran

Kebanyakan pasien Covid-19 yang terinfeksi virus corona Delta dari India ini juga membutuhkan perawatan medis di rumah sakit, bahkan memerlukan bantuan oksigen dan menderita komplikasi lain. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Lebih bahaya, ini gejala Covid-19 akibat varian virus corona Delta dari India

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya