GridStar.ID - PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN)baru-baru ini mengeluarkan penawaran terbaru berupa layanan premium.
Tak terbatas, layanan premium ini bisa dinikmati pelanggan seluruh golongan yang ingin mendapatkan pasokan listrik berkualitas.
"Layanan premium merupakan inovasi layanan dari PLN untuk memenuhi kebutuhan khusus pelanggan. Layanan ini memberikan keunggulan berupa keandalan pasokan listrik yang lebih baik," kata Vice President Public Relations PLN Arsyadany Ghana Akmalaputri, pada Senin (16/11/2020).
Fasilitas layanan premium
Arsya menambahkan, pelanggan premium juga akan mendapatkan Account Executive khusus yang akan memberikan layanan setiap saat.
Suplai tenaga listrik yang akan didapatkan pelanggan premium berasal lebih dari satu sumber, sehingga diklaim tidak mengakibatkan pemadaman saat ada gangguan di jalur utama.
Layanan ini, lanjut Arsya, berlaku untuk semua pelanggan potensial PLN, baik tegangan tinggi, tegangan menengah, ataupun tegangan rendah.
"Namun, untuk tegangan rendah minimal daya 1.300 VA untuk pelanggan bisnis," ujar dia.
Selain itu, pelanggan kecil seperti rumah tangga atau usaha kecil dapat diberikan jika ada di suatu kawasan atau klaster yang menginginkan layanan premium.
Tarif
Terdapat empat tingkatan layanan premium yang dapat dinikmati masyarakat, yaitu premium Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. "Masing-masing memiliki tarif yang berbeda," jelas Arsya.
Lebih lanjut, tarif tagihan yang berlaku pada Oktober-Desember secara umum seperti berikut:
Bronze, dengan tarif Rp 1.474 per kWh
Silver, dengan tarif Rp 1.499 per kWh
Gold, dengan tarif Rp 1.549 per kWH
Platinum, dengan tarif Rp 1.574 per kWh
Tarif tagihan akan berbeda untuk setiap kategori, seperti rumah tangga, bisnis, atau industri.
Arsya memastikan tidak akan ada biaya saat mengajukan perubahan layanan ke premium.
Baca Juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Daftar Token Listrik Gratis PLN Bulan Oktober 2020, cuma Modal WhatsApp!
Cara daftar
Layanan premium dapat dinikmati di seluruh Indonesia.
Pelanggan yang berkeinginan menjadi pelanggan premium cukup datang ke kantor PLN terdekat dan melakukan pendaftaran.
Setelah itu, akan dilakukan survei dari pihak PLN.
"Tidak ada biaya tertentu (untuk upgrade), tetapi akan ada penyesuaian pada tarif listriknya," ungkap dia.
Menurut Arsya, layanan premium sejauh ini telah dinikmati sebanyak 21.364 pelanggan. (*)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Sediakan Layanan Premium bagi Semua Golongan Pelanggan, Apa Itu?"