Dicibir Sana-Sini Gegara Insiden Matikan Mikrofon saat Sidang Pengesahan UU Cipta Kerja, Puan Maharani Akhirnya Angkat Bicara di Depan Sosok Ini, Benar Sengaja?

Jumat, 13 November 2020 | 15:30
Tribunnews

Puan Maharani matikan mikrofon Cipta Kerja

GridStar.ID - Rapat pengesahan UU Cipta Kerja sempat menuai protes rakyat Indonesia.

Salah satu yang menyita perhatian adalah insiden Ketua DPR RI Puan Maharani mematikan mikrofon saat sidang.

Warganet pun beramai-ramai melayangkan protes atas tindakan Puan Maharani.

Baca Juga: Tak Gentar Dikeroyok 100 Pengacara Pendukung Puan Maharani, Nikita Mirzani Tantang Balik hingga Bikin Iwan Fals Bereaksi Begini: Walah Repot Lah!

Namun presenter Boy William menjadi yang pertama kali mendapat penjelasan langsung dari putri Megawati Soekarno Putri itu.

"Bu, Ketua DPR aku punya pertanyaan, itu kenapa kemarin kasus mic tiba-tiba bisa mati?" tanya Boy pada Puan, dikutip dari YouTube Boy William, Kamis (12/11).

Puan dengan tenang menjelaskan aturan dan sistem yang terjadi ketika mikrofon di atas meja ruangan sidang dipergunakan peserta sidang.

Baca Juga: Terancam Dipolisikan Pendukung Puan Maharani, Nikita Mirzani Dapat Dukungan Rocky Gerung Singgung Cara Berpikir yang Seksi: Dia Justru Mengerti Pancasila

Memang semua anggota DPR memiliki hak untuk berbicara, dan Puan serta pemimpin lain yang duduk di depan biasanya bergilir untuk menjadi ketua sidang,

Di mana saat insiden tersebut terjadi, orang yang bertugas memimpin sidang adalah orang yang duduk di sebelah kanan Puan.

Pemimpin sidang memiliki tugas menjaga jalannya persidangan baik dan benar.

Baca Juga: Sentil Soal Aksi Matikan Mic, Pihak Puan Maharani Bakal Kerahkan 100 Pengacara untuk Laporkan Nikita Mirzani ke Polisi Jika Enggan Meminta Maaf ke sang Ketua DPR RI

Ruangan sidang memiliki sistem, di mana saat ada mikrofon anggota yang menyala, maka anggota lain tidak akan bisa menggunakannya untuk berbicara.

"Jadi kalau satu orang sudah diberikan kesempatan bicara, harusnya tidak mengulang lagi berbicara, tapi memberikan kesempatan pada yang lain untuk berbicara," kata Puan.

"Dan kalau di floor itu lagi berbicara, di atas itu enggak bisa ngomong, karena otomatis," ujar Puan sambil memberikan contoh sistem kerja mikrofon di sana pada Boy.

Baca Juga: Sekjen DPR Ungkap Puan Maharani Matikan Mikrofon saat Wakil Fraksi Demokrat Interupsi Sidang RUU Cipta Kerja

Karena anggota tersebut terus berbicara, akhirnya ketua sidang tidak memiliki kesempatan untuk berbicara akibat mikrofon mati.

"Kebetulan teknisnya itu, yang mengatur bisa berhenti tidak berhentinya orang berbicara atau di-mute atau tidak, hanya yang di meja depan yang di tengah," jelas Puan.

"Pimpinan sidang meminta kepada saya untuk (mematikan mic), supaya dia bisa berbicara," lanjutnya.

Baca Juga: Bak Langit dan Bumi dengan Sang Adik Puan Maharani, Ini Sosok Prananda Prabowo yang Jarang Tersorot Publik, Anak Megawati yang Asyik Jadi Anggota Grup Band Indie

Karenanya, Puan membantah jika dia melakukan insiden yang kemudian ramai di media sosial itu karena disengaja.

"Saya mematikan mic tersebut bukan disengaja, tapi untuk menjaga jalannya persidangan, supaya berjalan baik dan lancar,

dan karena waktu itu sebenarnya sudah diberikan kesempatan untuk berbicara tapi ingin berbicara lagi, berbicara lagi," jelas Puan Maharani.

(*)

Editor : Hinggar

Sumber : YouTube

Baca Lainnya