Putus Sekolah 75 Tahun Silam, Nenek 93 Tahun Ini Akhirnya Berhasil Dapatkan Ijazah Kelulusan SMA, Kisahnya Bikin Hati Pilu

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 23:00
Kolase Kompas.com

Putus Sekolah 75 Tahun Silam, Nenek 93 Tahun Ini Akhirnya Berhasil Dapatkan Ijazah Kelulusan SMA, Kisahnya Bikin Hati Pilu

GridStar.ID - Usia 93 tahun tak menghalangi Eileen Delaney untuk menyelesaikan pendidikan masa SMA yang ditinggalkannya 75 tahun silam.

Nenek luar biasa ini akhirnya mendapatkan ijazah SMA sebagai kejutan ulang tahunnya.

"Saya benar-benar tidak menyangka bahwa hal ini akan terjadi. Saya sangat beruntung. Saya telah memiliki kehidupan yang baik," kata Eileen sebagaimana dikutip People, 15 Oktober 2020.

Baca Juga: 100 Tahun Bisa Hidup Tanpa Penyakit, Ternyata Ini Rahasia Nenek Asal Jepang yang Rutin Konsumsi Makanan Murah dari Indonesia, Apa Itu?

Berhasil memperoleh kelulusan

Tahun ini, sekolah Eileen merayakan ulang tahun yang ke-75.

Saat itulah, menurut anak Eileen, Maureen Delaney, sepupunya yang bernama Holly Delaney Wade mencetuskan ide kejutan ini.

"Sepupu saya teringat dengan cerita Ibu dan berpikir bahwa ini adalah waktunya," ungkap Maureen.

Baca Juga: Baim Wong Curiga Ada yang Janggal dari Pesan Nenek Iro, Selalu Kehabisan Uang Usai Tak lagi Tinggal Bersama sang Artis

Kemudian, Wade pun memutuskan untuk menghubungi asosiasi alumni di sekolah Eileen, Port Richmond High School, dan meminta bantuan mereka.

Kepala Sekolah Andrew Greenfield pun dengan senang hati membantu.

Ia mengatakan bahwa hal ini menjadi keputusan termudah dan paling membahagiakan baginya tahun ini.

Baca Juga: Nggak lagi Minta Uang ke Baim Wong, Nenek Iroh Akhirnya Blak-blakan Ungkap Keinginan Hati Minta Suami Paula Verhoeven Belikan Rumah Seharga Ini: Kita Ngandang Sendiri, Terus Kita Jualin

Karena pandemi corona, ulang tahun ke-93 Eileen pun kemudian dilangsungkan melalui Zoom.

Sementara, Maureen yang saat itu tinggal bersama Eileen memberikan hadiah kejutan yang telah direncanakan, yaitu sertifikat kelulusan SMA yang harusnya diperoleh Eileen pada 1945.

Eileen sangat bahagia saat memperoleh kejutan ini, begitu juga dengan keluarganya.

Baca Juga: Bersimpuh di Hadapan Keranda Jenazah dengan Kata-Kata Menyayat Hati, Engku Emran dan Aleesya Kabarkan Berita Duka, Ada Apa?

Maureen mengatakan, semua orang yang menyaksikan momen tersebut pun menangis haru.

"Ia sangat tersentuh saat menerima kehormataan tersebut. Sebagai kepala sekolah Port Richmond, Andrew Greenfield jjuga sangat baik saat menerima permintaan sepupu saya dan bertindak sangat cepat," kata Maureen.

Dipaksa meninggalkan sekolah

Saat Eilen meninggakan sekolah, ia telah berada di pertengahan tahun terakhir SMA-nya.

Baca Juga: Seorang Nenek Ikut Bersyahadat Melihat Perubahan Cucunya Usai Menjadi Muslim, Begini Kisah Perjuangan Gadis Asal Jepang yang Putuskan Jadi Mualaf hingga Tak Diakui Ibunya Sebagai Anak

Ia terpaksa keluar dari sekolah untuk memperoleh pekerjaan penuh waktu.

"Ibu tiri saya bersikeras saat tahun akhir saya, bahwa saya harus bekerja. Saya harus tinggal di rumah yang saya bayar sewanya dan saya tidak punya pilihan," kenang Eileen.

Pada usia 18 tahun, ia pun telah memiliki pekerjaan di perusahaan telepon New York (New York Telephone Company).

Baca Juga: Bak Murkanya Sudah di Ubun-Ubun, Keluarga Ayu Ting Ting Selalu Dibandingkan dengan Nagita Slavina, Umi Kalsum Beri Balasan Menohok pada Sosok Ini: Nyampah!

Eileen mengatakan bahwa ia sangat beruntung mendapatkan posisi itu karena tidak mewajibkan dirinya untuk memiliki ijazah SMA.

Setelah itu, Eileen pun bertemu dengan suaminya saat ini, Eugene A. Delaney. Kini, mereka telah memiliki enam anak.

Sekarang, ia tinggal di Virginia dan telah memiliki delapan cucu dan enam buyut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nenek 93 Tahun Terima Ijazah SMA Setelah 75 Tahun, Bagaimana Kisahnya?"

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas

Baca Lainnya