Usul Pajak Mobil Nol Persen Jadi Sorotan, Imbasnya Disebut Bikin Pasaran Anjlok, Avanza hingga Xpander Bisa Jadi Semurah Ini Harganya!

Jumat, 25 September 2020 | 10:33
Kompas.com

Usul Pajak Mobil Nol Persen Jadi Sorotan, Imbasnya Disebut Bikin Pasaran Anjlok, Avanza hingga Xpander Bisa Jadi Semurah Ini Harganya!

GridStar.ID - Baru-baru ini usulan kebijakan pajak nol persen menjadi sorotan.

Pasalnya, usulan ini menuai pro dan kontra meski diharapkan menumbuhkan pertumbuhan otomotif di Indonesia.

Melansir dari TribunStyle.com, tak sedikit yang menilai penghapusan pajak mobil baru tersebut kurang efektif di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Gelontorkan Uang Perawatan Seharga Satu Mobil Tiap Bulan, Nia Ramadhani Diprotes Ardi Bakrie saat Ngedit Foto: Muka Jangan Diedit...

Pasalnya ditakutnya akan terjadi pergeseran preverensi masyarakat atas kebutuhan tersier di tengah pandemi seperti ini.

Meski begitu Staf Khusus Menteri Perindustrian Neil Iskandar Daulay justru yakin pajak nol persen akan dapat menumbuhkan pasar otomotif nasional.

Sebab, mata rantai industri ini sangat panjang yang melibatkan jutaan pekerja.

Baca Juga: Billy Syahputra Niat Jual Mobil Mewahnya, Minta Izin ke AManda Manopo Tapi Malah Disemprot sang Kekasih dengan Kata-Kata Lebay: Nggak Apa-Apa Nggak Punya Alphard lagi?

"Usulan ini tentunya diharapkan dapat memberikan efek multiplier bagi konsumen, produsen dan pemerintah guna menjaga keberlangsungan industri otomotif, akses kendaraan pribadi yang terjangkau, penyerapan tenaga kerja hingga memberdayakan industri maupun pelaku usaha sektor lainnya," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9/2020).

Neil membantah pernyataan pihak tertentu yang mengatakan usulan keringanan pajak kendaraan baru tidak efektif karena masyarakat tidak akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan tersier.

Menurut dia, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Agustus 2020 tercatat penjualan mobil sebesar 37.291 unit.

Baca Juga: Bergaji Rp 66 Juta per Bulan saat Sandang Status DPR RI, Mulan Jameela Kepergok Naik Mobil Seharga Rp 2 M Hanya untuk Lakukan Pekerjaan Ini

Angka tersebut meningkat 32,2 persen dibanding Juli sebanyak 25.283 unit.

Artinya, daya beli masyarakat untuk barang mewah seperti mobil di tengah pandemi cukup tinggi, hanya saja masih terpusat pada golongan kelas tertentu. Bila ada relaksasi pajak, daya beli diyakini dapat tumbuh secara merata.

Meski demikian, pihak Kemenperin membuka luas berbagai pertimbangan dan komunikasi terhadap usulan tersebut.

Baca Juga: Maksa Bawa Mobil Sendiri Meski Masih di Bawah Umur, Betrand Peto Langsung Alami Kecelakaan, Ruben Onsu Sontak Naik Pitam: Nggak Boleh Ngendarai Apapun!

Kini, relaksasi pajak kendaraan baru menunggu keputusan Menkeu.

Terpisah Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati akhirnya memberikan tanggapan terhadap permintaan Kementerian Perindustrian mengenai pemangkasan pajak kendaraan bermotor di tengah pandemi.

Menurut dia, pada dasarnya setiap ide atau usulan baru terkait pemberian insentif untuk menggerakkan ekonomi akan dikaji oleh Kementerian Keuangan, apalagi saat ini lajunya dihadang pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sudah Dianggap Darah Daging Sendiri, Betrand Peto Berani Acungkan Jari hingga Bentak Ruben Onsu Gegara Mobil Mewah, Suami Sarwendah: Berani?

"Akan tetapi, kita akan kaji lebih dahulu (pajak pembelian mobil baru nol persen) karena sepertinya insentif untuk program pemulihan ekonomi nasional sudah banyak," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Selasa (22/9/2020).

Pada dasarnya, lanjut dia, pihak Kemenkeu telah memberikan relaksasi atau insentif pajak seperti pajak ditanggung pemerintah hingga pembebasan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 impor.

"Kita akan terus lihat lagi apa-apa yang dibutuhkan untuk menstimulus ekonomi. Kita, Kementerian Keuangan selalu terbuka terhadap ide-ide, tapi kita juga akan jaga dari konsistensi kebijakannya," ucap dia.

Baca Juga: Garasi Rumahnya Digerebek Atta Halilintar, Vokalis Kondang Ini Nekat Beli Ferrari Padahal Nggak Bisa Setir Mobil: Terus Kenapa Beli kalau Nggak Bisa Nyetir, Bang?

Sebelumnya, relaksasi pajak pembelian mobil baru sempat digaungkan Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.

Menurutnya, kalau pajak-pajak mobil baru itu jadi 0 persen, akan menekan harga mobil sekitar setengahnya dari saat ini.

Bob mengakui, industri otomotif saat ini butuh stimulus dari pemerintah agar terjadi peningkatan daya beli.

Baca Juga: Bak Korek Luka Lama di Hadapan Nagita Slavina, Raffi Ahmad Langsung Gelagapan Ditanya Luna Maya soal Sosok Wanita Misterius dalam Mobil: Cewek Lain yang Mana nih?

“Kami harapkan ada tax deduction untuk menstimulus daya beli, tapi tax deduction ini yang tidak mengurangi pendapatan pemerintah,” kata Bob kepada Kompas.com belum lama ini.

“Harapan kita ada di pajak daerah, kalau pajak bisa diturunkan, jumlah yang dijual bisa naik,” ujarnya.

Ilustrasi jika daftar pajak 0 persen meliputi 4 poin ini:

Baca Juga: Tak Mujur soal Jodoh Usai Ditinggal Nikah Rizki DA2, Lesty Kejora Tidak Pernah Sepi Job hingga Bangun Istana di Kampung Halaman dan Mobil Mewah untuk Ayahnya yang Dulu Berprofesi Supir Angkot

Pajak pertambahan nilai (PPN),

Pajak penjualan barang mewah (PPnBM),

Bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB)

Pajak kendaraan bermotor

Baca Juga: Kehabisan Rasa Sabar, Seorang Pria Ditelanjangi Istrinya Kemudian Diarak di Atas Mobil yang Dikendarai Gegara Kepergok Selingkuh dengan Pelakor

Jika perhitungan dengan asumsi total biaya langsung yang berhubungan dengan kendaraan yang dijual ada di kisaran 60 persen, jika pajak dihapus, menghilangkan 40-an persen dari komponen harga jual mobil baru ditanggung konsumen.

Bisa jadi ilustrasi berikut terjadi untuk beberapa jenis mobil dari harga rata-rata jika dikurangi 40 persen.

Toyota Avanza Rp 200.000.000 - 40 persen = Rp 120.000.000

Mitsubishi Xpander Rp 250.000.000 - 40 persen = Rp 150.000.000. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul POPULER Pajak Mobil Nol Persen Tuai Pro dan Kontra, Harga Xpander & Avanza Jadi Semurah Ini

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Tribunstyle.com

Baca Lainnya