Terungkap! Gambaran Paru-Paru Seseorang yang Terinfeksi Virus Corona SARS-CoV-2, Bintik Kecil Menyelimuti Sel

Rabu, 09 September 2020 | 07:00
kompas.com

Ilustrasi virus corona

GridStar.ID - Sampai saat ini pasien virus corona semakin bertambah setiap harinya.

Bahkan di tanah air pasien positif Covid-19 telah menyentuh angka 200 ribu kasus.

Penelitian untuk mengembangkan vaksin pun terus dikebut.

Baca Juga: Malaysia Larang Warga Negara Indonesia Injakkan Kaki di Negaranya yang Sukses Tangani Covid-19, Inilah Dampak yang akan Terjadi

Kali ini sebuah penelitian mengungkapkan bagaimana virus corona yang bersarang di sel paru-paru itu terlihat.

Para ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara merilis penampakan virus corona SARS-CoV-2 yang menginfeksi sel bronkial.

Sel bronkial biasanya ditemukan di saluran utama menuju paru-paru.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Satu Anggota Keluarga Raffi Ahmad Dinyatakan Positif Covid-19, Siapa?

Namun, kali ini para ahli mengamati sel bronkial yang terinfeksi virus corona baru di cawan petri.

" Gambar kultur yang terinfeksi SARS-CoV-2 menunjukkan sel-sel bersilia dipenuhi partikel dalam gumpalan besar," ujar Camille Ehre, asisten profesor di Institut Marsico Lung, Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara.

"Penggunaan masker pada individu yang terinfeksi dan tidak terinfeksi dapat membatasi penularan SARS-CoV-2," imbuhnya, seperti dilansir IFL Science, Jumat (04/09).

Baca Juga: Negaranya disebut Jadi Biang Keladi Pandemi Covid-19 hingga Buat Indonesia Kelimpungan, Tiba-tiba 450 TKA China Datang di Bintan untuk Bekerja

Dalam gambar di bawah ini, virus corona ditunjukkan dengan ratusan titik kecil berwarna merah yang menutupi sel bersilia berwarna toska.

(Ehre Lab/UNC School of Medicine/IFL Science)
(Ehre Lab/UNC School of Medicine/IFL Science)

Gambar berwarna SARS-CoV-2 menginfeksi sel paru-paru manusia.

SARS-CoV-2 benar-benar sangat kecil, diameternya hanya 50 sampai 200 nanometer.

Sebagai perbandingan, sel darah manusia berukuran sekitar 7.000 nanometer.

Baca Juga: Lakukan Pesta dan Bertandang ke Los Angeles, David dan Victoria Beckham Dikabarkan Positif Covid-19 di Awal Tahun Ini

Ini berarti, virus SARS-CoV-2 terlalu kecil untuk dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya.

Virus ini hanya bisa diamati dengan mikroskop elektron. Selain virus yang menutupi sel, juga terdapat sejumlah virion dalam ukuran besar yang diproduksi dan dilepaskan sel dalam sistem pernapasan manusia.

Dalam laporan riset yang terbit di New England Journal of Medicine, dijelaskan patogen ini secara efektif dapat menyerang dan membanjiri tubuh manusia.

Baca Juga: Paman Raffi Ahmad, Piet Pagau Dikabarkan Positif Covid-19, Ini Gejala yang Dirasakan Sang Aktor

Virus itu menggunakan sel inang untuk menghasilkan salinan yang kemudian menyebar ke sel lain.

"Pengamatan yang paling mencolok adalah jumlah virion yang sangat banyak oleh sel yang terinfeksi. Beberapa sel yang terinfeksi begitu penuh dengan virus sehingga mereka berkumpul dan terlepas dari epitel," kata Ehre.

"Hal itu memungkinkan virion untuk menginfeksi paru-paru dan juga dapat keluar dari hidung untuk menginfeksi orang lain."

Anda juga dapat melihat beberapa struktur SARS-CoV-2.

Baca Juga: Ngeyel Tak Taati Protokol Kesehatan, 7 Orang Telan Pil Pahit Ketahuan Positif Covid-19 saat Razia Masker di Banyumas: Seluruhnya OTG!

Virus terdiri dari lebih dari satu untai RNA (agak mirip setengah dari DNA berbentuk tangga) yang ditutupi lapisan ganda lipid dan spike protein.

Seperti diketahui, nama virus corona diambil dari spike proteinnya yang menyerupai mahkota dengan bahasa Latin-nya corona.

Paku-paku di permukaan virus corona ini merupakan kunci yang digunakan oleh patogen untuk memasuki sel inang.

Baca Juga: Ngeri, Kasus Harian Sentuh Angka 1000, Anies Baswedan Ketar-Ketir Sebut Covid-19 di Jakarta Mengkhawatirkan: Melampaui Angka WHO

"Virus SARS-CoV-2 tampaknya dilepaskan dalam gumpalan besar dapat menyebar ke tubuh orang yang terinfeksi dan menyerang epitel olfaktorius (jaringan yang tertutup lendir di rongga hidung)," tambah Ehre.

"Ini menjelaskan gejala umum hilangnya penciuman, dan juga menginfeksi kelenjar ludah, yang akan menjelaskan gejala mulut kering.

Yang terburuk adalah ketika virus masuk ke paru-paru dan menghasilkan pneumonia yang menyebabkan sesak napas dan akhirnya bisa menyebabkan kematian." (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulGambar Virus Corona SARS-CoV-2 Menyelimuti Sel Paru-paru Manusia

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya