Kabar Baik, Jokowi Soroti Tingkat Kesembuhan di Indonesia Lebih Tinggi daripada Rata-Rata Global: Alhamdulillah, Sudah 70 Persen Sembuh!

Rabu, 26 Agustus 2020 | 09:00
Kompas.com

Kabar Baik, Jokowi Soroti Tingkat Kesembuhan di Indonesia Lebih Tinggi daripada Rata-Rata Global: Alhamdulillah, Sudah 70 Persen Sembuh!

GridStar.ID - Kesembuhan di Indonesia telah mencapai 70 persen membuat Presiden Jokowi merasa optimis.

Angka tersebut 2 persen lebih tinggi dari tingkat kesembuhan global yakni 68 persen.

"Sampai saat ini di indonesia positif 155.000, tapi kita patut bersyukur yang sembuh 111.000, sudah 70 persen sembuh. Ini di atas rata-rata internasional, alhamdulillah," ujar Jokowi pada Selasa, (25/08).

Baca Juga: Jerit Pilu Penggali Makam yang Kuburkan Ribuan Jenazah Covid-19 di Surabaya: Kita Sudah Lelah, Kita Sudah Jenuh

Dia berharap pencapaian ini terus ditingkatkan, serta diimbangi dengan penurunan kasus baru virus corona dan angka kematian.

Sebelumnya, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Arilangga Hartarto juga menyebut tingginya angka kesembuhan ini mencerminkan penanganan virus corona di Indonesia lebih baik dari rata-rata dunia.

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, mengatakan tingkat kesembuhan tidak menjadi salah satu indikator yang ditargetkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Bandingkan Covid-19 dengan Flu Spanyol, WHO Berikan Angin Segar Pandemi Segera Berakhir Lebih Cepat Dibanding Sebelumnya

Sebab, lebih dari 80 persen pasien Covid-19 mengalami kepulihan dengan sendirinya, tanpa memerlukan obat.

"Harus dipahami bahwa kasus pulih ini tidak menjadi indikator dari apa yang ditargetkan oleh WHO," kata Dicky pada, Selasa (25/08).

"Penyakit covid-19 ini memang kasus umumnya tidak bergejala dan bergejala ringan sampai sedang, 80 persen lebih mengalami kepulihan dengan sendirinya tanpa intervensi obat," sambungnya.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Meluas di Korea Selatan, Sederet Drama dan Film Ini Terpaksa Harus Menunda Syutingnya Demi Mencegah Penyebaran

Menurut dia, hal yang harus dijadikan dalam penanganan virus corona adalah menurunkan positive rate hingga di bawah 5 persen dan tes terhadap 1 per seribu orang dalam seminggu.

Selain itu, kata Dicky, sebanyak 80 persen kasus-kasus baru yang dilaporan harus berasal dari tracing.

"Orang-orang yang ditracing itu paling lama 72 jam dari sejak tracing, sudah dites swab dan isolasi. Ini yang menjadi target global," jelas dia.

Baca Juga: Bak Angin Segar Pertanda Berakhirnya Pandemi Corona, 50 Juta Bulk Vaksin Covid-19 Sinovac Siap Diterima Bio Farma Mulai November!

Dicky menjelaskan hal yang patut diwaspadai dan diperbaiki oleh Indonesia adalah angka kematian yang tergolong tinggi.

Kondisi itu mencerminkan adanya keterlambatan dalam aspek testing, tracing, dan isolasi.

"Ini yang harus diwaspadai dan peringatan serius. Ini tentu tidak bisa kita biarkan, harus kita tingkatkan di semua wilayah dengan ditambah perubahan perilaku," tutur dia.

Baca Juga: Ini Beberapa Pekerjaan yang Terancam Hilang Usai Pandemi Covid-19, Ahli: Saya Lihat Semua Khawatir dengan Pekerjaan Mereka

Kendati demikian, ia mengatakan, tingginya tingkat kesembuhan di Indonesia tersebut juga harus disyukuri bersama.

Sebab, ada peran rumah sakit yang berjuang tanpa henti dalam menangani pasien virus corona di Indonesia.

Dicky mengingatkan, agar pemerintah terus meningkatkan penguatan kuantitas dan kualitas penanganan pandemi virus corona.

Baca Juga: Gubernur Bali Tak Kasih Ampun Jerinx yang Sebut IDI Kacung WHO: Nggak Bisa Maaf, No Kompromi ke Orang yang Ingin Gagalkan Upaya Pemerintah

"Covid-19 ini masih relatif lama. Sambil kita perkuat program kesehatan masyarakat, kita landaikan kurva hingga vaksin ditemukan," tutup dia.

Berdasarkan data covid19.go.id, Selasa (25/08) malam, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia mencapai 157.859 orang.

Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 112.867 orang pasien (71,5 persen) dinyatakan sembuh.

Sedangkan, pasien Covid-19 yang meninggal tercatat ada sebanyak 6.858 orang (4,3 persen). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kata Epidemiolog soal Jokowi Sebut Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Lebih Tinggi dari Global

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya