Kupas Tuntas Tren Beli Kendaraan Secara Online, Siap-Siap Sambut Indonesia Otomotif Online Festival

Jumat, 14 Agustus 2020 | 17:21
GridOto

Kupas Tuntas Tren Beli Kendaraan Secara Online, Siap-Siap Sambut Indonesia Otomotif Online Festival

GridStar.ID - Kerja sama antara Google, KG Media, serta beberapa APM berhasil menelurkan Indonesia Otomotif Online Festival.

Tepat hari ini, Jumat, (14/08) Google telah merilis hasil survei pelanggan yang digagas bersama GridOto untuk menyambut Indonesia Otomotif Online Festival.

Indonesia Otomotif Online Festival rencananya akan digelar pada 25-29 Agustus mendatang.

Baca Juga: Bak Menantang Maut, China Malah Gelar Pesta Rakyat Makan Daging Anjing dan Minuman Keras di Tengah Badai Covid-19 Belum Usai, Ekspresi Hewan Lucu Ini Memelas saat akan Dibantai

“Acara ini merupakan festival otomotif daring pertama di Asia Tenggara dan merupakan hasil kolaborasi antara industri otomotif, industri digital dan industri media,” demikian penjelasan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Oleh karena itu, kami optimis dan berharap festival yang diinisiasi oleh Google bekerja sama dengan Kompas Gramedia ini dapat mendorong penguatan ekonomi digital, sekaligus mampu mendorong pemulihan industri otomotif, yang pada akhirnya akan memicu pemulihan di sektor ekonomi lainnya.”

Industri otomotif merupakan salah satu sektor terpenting dalam perekonomian Indonesia, yang mewakili sekitar 10% dari PDB Indonesia dan menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 1 juta pekerja.

Baca Juga: Taeyang Sempat Ungkap Coachella jadi Panggung Tempat Grupnya Bermusik Kembali, Bagaimana Nasib BIGBANG Setelah Acara Festival Musik Itu akan Ditunda?

Sektor ini juga menjadi salah satu dari tujuh sektor prioritas dalam agenda Indonesia 4.0.

Walaupun hasil survei konsumen Google memperlihatkan bahwa sebagian besar konsumen saat inimenunda membeli mobil, Google Trends menunjukkan bahwa minat membeli mobil tetap tinggi.

Menariknya, hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen kini mau membeli mobil via online, dan hasil survei memperlihatkan bahwa mayoritas konsumen mau membeli di situs web resmi produsen mobil.

Baca Juga: Setelah BLACKPINK, Kini BIGBANG Jadi Trending Topik Twitter Setelah Umumkan Akan Manggung di Coachella

“Cara masyarakat Indonesia dalam mencari konten yang relevan, melakukan riset, dan membeli mobil kini lebih bergeser ke online, dan itu didominasi oleh orang-orang berusia 18-35 tahun,” ucap Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia.

“Kami melihat ada perubahan yang cepat di industri otomotif, bukan hanya karena pandemi tetapi juga karena perubahan kebiasaan pengguna. Orang-orang yang mau membeli mobil sekarang lebih suka mencari via online, dan seiring perubahan perilaku pengguna, industri mobil juga harus beradaptasi.”

IOOF akan menampilkan serangkaian acara live dan program khusus di YouTube dari 25-29 Agustus, termasuk video unboxing dan ulasan.

Baca Juga: Tak Mujur soal Jodoh Usai Ditinggal Nikah Rizki DA2, Lesty Kejora Tidak Pernah Sepi Job hingga Bangun Istana di Kampung Halaman dan Mobil Mewah untuk Ayahnya yang Dulu Berprofesi Supir Angkot

“Lewat tayangan selama lima hari ini, calon konsumen akan lebih mudah bertransaksi dan ditawarkan program menarik dari APM. Saat yang tepat membeli mobil,” ucap Billy Riestianto, GM automotive media dari KG Media.

“Diharapkan, suguhan entertainment dan edukasi bersama YouTuber, KOL dan industri otomotif yang tayang di YouTube ini, bisa menjawab kebutuhan informasi customer journey.”

Om Mobi dari MotoMobi mengungkapkan, “Pandemi ini cukup berdampak pada bidang otomotif dan mengubah kebiasaan seseorang dalam segala hal, termasuk dalam mencari informasi. Selama pandemi, peminat otomotif semakin gencar mencari informasi di media digital. Hal ini terlihat dari meningkatnya penonton MotoMobi sehingga mendorong kami untuk terus menghadirkan video-video terbaru guna memenuhi kebutuhan informasi penonton. IOOF juga akan menjadi jalan bagi para pegiat otomotif untuk membangun kembali semangat otomotif di Indonesia dengan cara dan media yang baru.”

Baca Juga: Bikin Kicep Billy Syahputra dan Kriss Hatta, Hilda Vitria Diam-diam Tampil Lebih Cantik nan Seksi Serta Terciduk Beli Mobil Mahal dari 4 Bisnis Ini

“IOOF 2020 yang merupakan festival daring, adalah contoh bagaimana kita bisa terus menumbuhkan bisnis dengan tetap menjaga kesehatan dan keamanan dalam masa transisi untuk keluar dari pandemi ini,” tambah Bapak Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Akhir kata saya ucapkan selamat kepada Google, Kompas Gramedia, content creators dan semua mitra yang terlibat yang telah bekerja sama meluncurkan festival ini secara inovatif. Melalui festival ini, kita semua harus lebih terpacu untuk mewujudkan langkah nyata dalam mengembalikan gairah industri otomotif dan mendorong transaksi bisnis untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.”

“Kami di Toyota sadar, kondisi dan juga kebiasaan masyarakat terus berkembang - termasuk di mobilitas. Oleh karena itu kami juga mengembangkan berbagai macam pendekatan, tidak hanya berbagai produk dengan teknologi terbaru, tapi juga layanan yang memudahkan pelanggan baik melalui digital seperti virtual assistance, aplikasi mTOYOTA, dan lainnya untuk memberikan Total Toyota Ownership Experience yang baik sehingga memudahkan akses antara kami dan pelanggan.” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran, PT Toyota Astra Motor.

“Bahkan lebih dari itu, sejalan dengan perkembangan kebutuhan, paket-paket memiliki dan menggunakan pun berkembang, menyebabkan kami menghadirkan layanan KINTO maupun Deal cermat, agar pengguna dapat memilih sesuai kebutuhannya.” tutupnya. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya