Ngotot Klaim Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Tak Mau Bongkar Riwayat Pendidikannya: Anggap Saja Saya Gak Sekolah

Selasa, 04 Agustus 2020 | 12:02
instagram.com/anjimanji

Usai Bikin Vlog Kontroversi dengan Hadi Pranoto yang Klaim Obat Covid-19, YouTube Kini Hapus Video Anji! Apa Sebabnya?

GridStar.ID - Nama Hadi Pranoto akhir-akhir ini menjadi perbincangan publik.

Hal ini dikarenakan klaimnya yang mengakui telah menemukan obat dari Covid-19.

Ia kemudian menjadi semakin viral setelah wawancaranya bersama Anji.

Baca Juga: Buntut Panjang Klaim Penemuan Obat Covid-19, Anji dan Hadi Pranoto Resmi Dilaporkan ke Polisi

Tak hanya soal temuan obat covid-19, sosok Hadi Pranoto yang disebut sebagai pakar mikrobiologi pun ramai dibicarakan. Bak misteri, ia enggan berbagi soal pendidikannya.

Latar belakang pendidikannya pun disorot, gelar profesornya pun diragukan ini turut jadi pertanyaan.

Dalam jumpa pers di Rumah Makan Leuit Agung, Bogor Barat, Kota Bogor, Hadi Pranoto mengaku tidak pernah mengklaim dirinya siapa.

Baca Juga: Dipertanyakan Usai Jadi Kontroversi Klaim Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Tak Mau Ungkap Asal Gelar Profesornya

"Saya sampai saat ini belum mendeklarasikan saya siapa dan dari mana. Saya adalah ketua tim riset untuk kepentingan emergency kemanusiaan," kata Hadi Pranoto, Senin (03/08).

Latar belakang pendidikan Hadi Pranoto pun sampai saat ini masih misteri karena dia juga enggan memberitahukannya kepada publik.

Namun, Hadi sempat menyampaikan terkait legalitas pendidikan di Indonesia dan itu menurut dia jadi alasan kenapa dia enggan membeberkan latar belakangnya sebagai pengklaim penemu obat Covid-19.

Baca Juga: Dari Awal Terlibat Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto Bereaksi Saat Hadi Klaim Temukan Obat Covid-19: Datang ke Pemerintah, Tunjukkan Buktinya

"Begini ya, di Indonesia ada aturan tersendiri yang mengatur tentang legalitas pendidikan seseorang. Karena di Indonesia, orang yang dari luar negeri harus melakukan penyetaraan di Indonesia.

Jadi kita tidak mau kontroversi di situ. Kita lebih baik anggap saja kita masyarakat biasa. Kemudian ada temuan, kita eksplor dan hasilnya (obat Covid-19) cukup baik untuk kesehatan," ungkap Hadi Pranoto.

Dia mengaku bahwa dirinya enggan membeberkan ke publik karena mencegah kontroversi di dunia pendidikan.

Baca Juga: Bahas Klaim Obat Covid-19 dengan Hadi Pranoto Hingga Tuai Kontroversi, Video Anji Dihapus Youtube

"Saya sementara waktu daripada menjadi kontroversi, mungkin anggap saja saya gak sekolah, jadi lebih enak. Supaya tidak menjadi kontoversi lagi di dunia pendidikan di Indonesia," ucapnya.

Hadi Pranoto pun lantas mengatakan soal uji klinis agar temuannya tak menjadi polemik atau berbenturan dengan berbagai aspek.

"Kita meyakinkan kepada masyarakat ada beberapa pertanyaan siapa yang membuat dan apa uji klinisnya.

Baca Juga: Jadi Trending Twitter, Anji Disindir Melalui Videonya Sendiri dengan Ariel NOAH, Warganet: Dapat Nasehat dari Bang Ariel

Makanya di sini kita harapkan uji klinis itu dilakukan oleh lembaga terkait yang mempunyai badan hukum resmi oleh negara. Supaya itu tidak terjadi benturan kembali," sambungnya.

Pria yang juga memperkenalkan diri sebagai anak asuh dari Abah Surya, si pengundang Rhoma Irama saat hajatan di Pamijahan Bogor ini berharap herbal racikannya ini bisa jadi solusi pandemi covid-19.

"Tapi ini adalah herbal kita harapkan jadi solusi dalam kasus pandemi Covid-19 ini," ungkapnya.

Baca Juga: Berbuntut Panjang, Unggahan Anji soal Foto Viral Jenazah Covid-19 Terbungkus Plastik Dikecam Netizen, Berujung Permohonan Maaf ke PFI Pusat

Bantahan IPB, Ada Kesamaan Nama, Hadi Pranoto yang Klaim Obat Covid-19 Bukan Alumni

Beredar kabar bahwa Hadi Pranoto sosok yang klaim temukan obat Covid-19 adalah lulusan IPB University.

Dikonfirmasi terpisah, pihak IPB University membantah kabar beredar yang menyatakan bahwa Hadi Pranoto adalah alumni IPB.

"Bukan, yang bersangkutan bukan alumni IPB," kata Humas IPB University Yatri Indah Kusumastuti saat dikonfirmasi TribunnewsBogor.com.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan Tiba-Tiba Kepergok Unfollow Akun Instagram Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Anji Manji Blak-blakan Bongkar Alasan di Baliknya, Gigi Baper?

Yatri menduga bahwa isu Hadi Pranoto adalah alumni IPB ini berasal dari kemiripan nama dengan salah satu alumni IPB.

"Memang ada yang sama namanya, tetapi setelah ditelusuri, berbeda orangnya," ungkap Yatri. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judulGelar Profesor Bak Misteri, Hadi Pranoto Ogah Bahas Pendidikan, Anggap Saja Saya Gak Sekolah

Editor : Hinggar

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya