Kondisi Mencekam di Dalam Pesawat yang Hampir Menabrak Jet Tempur Amerika, Penumpang Alami Cidera hingga Lansia Tergeletak di Lantai

Senin, 27 Juli 2020 | 07:00
al jazeera

Ilustrasi Pesawat

GridStar.ID - Kecelakaan penerbangan kerap kali terjadi di berbagai negara.

Tak jarang kecelakaan yang terjadi juga menimbulkan banyak korban jiwa.

Keadaan mencekam saat sebuah pesawat hampir mengalami tabrakan terekam dalam sebuah video.

Baca Juga: Mengaku Kelelahan Dikejar Deadline, Pengendara Wanita Mengantuk Hingga Terjadi Kecelakaan Maut, 2 Orang Tewas, Polisi: Mbaknya Trauma

Kecelakaan hampir terjadi saat dua jet tempur F-15 Amerika Serikat ( AS) mencegat sebuah pesawat sipil Iran di langit Suriah, Kamis (23/07).

Kantor berita resmi Iran IRIB mengonfirmasi insiden itu pada Jumat (24/07).

Mereka awalnya melaporkan satu jet Israel terbang di dekat pesawat Mahan Air, tetapi kemudian meralatnya saat pilot mengatakan ada dua jet AS yang mengidentifikasi dirinya.

Baca Juga: 2 Member iKON Mengalami Sebuah Kecelakaan di Pagi Buta, YG Entertainment Kabarkan Kondisi Terbaru dari Junhoe dan Jinhwan

Pilot Mahan Air menghubungi pilot jet untuk memperingatkan mereka tentang menjaga jarak aman, dan pilot jet mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Amerika, lapor IRIB yang dikutip Daily Mail Jumat (24/07).

Komando Pusat AS yang mengawasi operasi AS di Timur Tengah mengatakan, "F-15 pada misi udara rutin... melakukan inspeksi visual standar dari pesawat penumpang Mahan Air pada jarak aman sekitar 1.000 meter dari pesawat."

"Begitu pilot F-15 mengidentifikasi pesawat itu sebagai pesawat penumpang Mahan Air, F-15 membuka jarak dari pesawat dengan aman," ucap Komando Pusat.

Baca Juga: Sandiaga Uno Bereaksi Dengar Susi Pudjiastuti Ketahuan Borong 30 Unit Pesawat: Beli Pesawat Kayak Beli Kacang! Orang Lain Shopping ke Mall, Ibu Pesawat!

"Pencegatan profesional dilakukan sesuai dengan standar internasional," tambahnya dikutip dari AFP.

Pernyataan dari AS muncul setelah saluran televisi Iran IRIB menayangkan video amatir, dari para penumpang yang berteriak saat pesawat Mahan Air tampak berubah arah tiba-tiba.

Video yang beredar luas di media sosial menunjukkan sebuah pesawat jet yang terekam dari jendela Mahan Air.

Baca Juga: Bukan Kaleng-kaleng! Putri Konglomerat Ini Positif Terjangkit Covid-19 di Luar Negeri, Sewa Pesawat Senilai Rp 5 Miliar Agar Bisa Pulang ke Negaranya dan Beri Sumbangan Sebesar Rp 18 Miliar

IRIB melaporkan, seorang penumpang kepalanya terbentur atap kabin, dan video menunjukkan seorang penumpang lansia tergeletak di lantai.

Baca Juga: Niat Hati Ingin Kontrakkan Rumahnya Pemilik Kaget Dengar Kabar dari Penjaga Saat Tahu Rumahnya Tertimpa Pesawat: Rumah Bapak Habis

"Ketika pesawat (Iran) berada di atas langit Suriah, jet tempur rezim Zionis mendekati pesawat Mahan Airlines," lapor situs web IRIB.

"Setelah tindakan berbahaya oleh pesawat tempur Israel ini, pilot pesawat dengan cepat mengurangi ketinggian penerbangan untuk menghindari tabrakan dengan jet tempur Israel, melukai beberapa penumpang di pesawat."

Laporan IRIB menyebut insiden itu "provokatif dan berbahaya".

Baca Juga: Bak Mukjizat, Pesawat Tempur yang Diterbangkannya Terbakar Saat Jatuh, sang Pilot Ditemukan Warga di Semak dengan Kondisi Tak Biasa!

Seorang sumber di bandara mengatakan ke kantor berita Reuters, Mahan Air sedang menuju Beirut dari Teheran, dan berhasil mendarat dengan selamat di Lebanon.

Semua penumpang kemudian keluar dari pesawat dan hanya beberapa yang mengalami cedera ringan, kata kepala bandara Beirut kepada Reuters.

Israel dan AS sudah sejak lama menuding Mahan Air mengangkut senjata untuk pemberontak yang terkait dengan Iran di Suriah dan di tempat-tempat lain.

Baca Juga: Pesawat Jatuh dan Menimpa Pemukiman Penduduk, Seorang Saksi Ungkap Kejadian Mengerikan: Mayat Jatuh dari Langit dan Menimpa Mobil

Akibatnya, Mahan Air kena sanksi AS sejak 2011, karena diduga memberikan dukungan kepada pasukan Quds Iran yang mendukung Hezbollah dan kelompok-kelompok teroris lainnya di luar negeri. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.comVideo Detik-detik Mencekam Mahan Air Iran Hampir Tabrak Jet Tempur F-15 AS

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya