Tetap Untung di Era Pandemi dengan Webinar Dobel Untung Bisnis Kuliner bersama TaniHub

Jumat, 24 Juli 2020 | 18:45
Kompas

Tetap Cuan di Era Pandemi dalam Webinar Dobel Untung Bisnis Kuliner bersama TaniHub

GridStar.ID - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah di dunia berdampak pada berbagai sektor, tak terkecuali sektor kuliner.

Banyak pebisnis kuliner dan pemilik restoran di dunia terpaksa menutup usahanya untuk sementara waktu, dan tak sedikit yang mengalami kebangkrutan.

Untuk itu, NOVA dan TaniHub bekerjasama menyelenggarakan webinar bertajuk “Dobel Untung Bisnis Kuliner’ pada, Jumat (24/07).

Baca Juga: BDR TVRI Rabu 22 Juli 2020: Berikut Kunci Jawaban Soal Bisnis Daring dan Pemasaran Masa Depan untuk SMA/SMK

Pada kesempatan kali ini disampaikan beberapa tips seputar bisnis kuliner mulai dari potensi, tantangan, hingga peluang di masa pandemi Covid-19.

Webinar Dobel Untung Bisnis Kuliner ini moderatori oleh Dian Kardha selaku Managing Editor NOVA, dengan pembicara Indari Mastuti selaku perempuan Inspiratif NOVA 2010 dan Fazrul Akhlani selaku PATRIOT Tanihub Jakarta Terbaik.

Bisnis kuliner online menjadi salah satu peluang usaha di era pandemi Covid-19.

Baca Juga: Langsung Gegerkan Dunia, Palestina Hilang dari Google Maps hingga Berubah Menunjukkan Label Israel, sang Raksasa Bisnis Angkat Suara

Diakui Indari Mastuti sebagai pelaku usaha diberbagai bidang termasuk usaha kuliner, keterbatasan konsumen dalam keluar rumah bisa menjadi senjata untuk para pengusaha.

"Kunikita terbiasa dengan bisnis online sejak 2016, pandemi dirasa menjadi titik balik di bagi kita, yang awalnya menjual 4000 cup/hari semasa pandemi bisa tembus, 100.000 cup satu hari," ujar Indari.

Begitu pula yang dirasakan Fazrul Akhlani, berbisnis online memudahkannya untuk tetap di rumah saja sambil mengurus enam anak.

Grid.ID

Bisnis kuliner online menjadi peluang usaha di era pandemi.

Baca Juga: Dari Jualan Makaroni Sampai Bisnis Karaoke, Ayu Ting Ting Kini Dapat Julukan sebagai Janda Tajir Melintir, Segini Total Pundi-pundi Kekayaannya

“Saya merasa termudahkan sekali dengan bergabung bersama Tanihub, saya tidak perlu keluar rumah untuk memndapat penghasilan,” ujar Fazrul.

Menurut Indari bisnis online menjadi peluang termudah bagi para pekerja yang terdampak pandemi.

"Bisnis online menjadi sangat potensial di masa ini, PHK, gaji dipotong 50%, kita bisa memulai usaha sendiri dari rumah,” ujar Indari.

Baca Juga: Intip Kekayaan Prabowo Subianto, Jadi Menhan Sekaligus Pemilik Pabrik Kertas Seluas 223 Ribu Hektar di Kalimantan hingga 27 Anak Perusahaannya

Dalam berbisnis pasti akan selalu ada tantangan, tak terkecuali bisnis kuliner online.

Sebagai pelaku bisnis kita harus membaca dan melihat apa yang dibutuhkan pasar, apa yang diinginkan pasar.

"Paling utama pendekatan kita untuk melihat peluang seperti apa? Misal di masa pandemi ini frozen food sangat disukai lantaran keterbatasan untuk berbelanja ke luar rumah,”

Baca Juga: Namanya Sudah Tak Laku Lagi di Jagad Hiburan Meski Dulu Bintang di Era 90-an, Artis Cantik Ini Terpaksa Putar Otak Jualan Masakan hingga Rias Jenazah Demi Sesuap Nasi, Apa Kabarnya Kini?

Indari berbagi tips soal menentukan target pasar yang sesuai dengan produk kita.

“Target marketmu adalah cerminan dirimu, target marketmu adalah yang seperti anda, ketika anda menjual produk lalu anda percaya diri menjualnya, maka itu lah target market anda,”

“temukan target yang tepat, tidak peduli harga, apabila target tepat, pasti laris insyaallah,”

Baca Juga: Jumlahnya Bikin Geleng Kepala! Inilah Sederet Kerajaan Bisnis Ashraf Sinclair yang Bakal Diwariskan untuk BCL dan Noah Sinclair, dari Perusahaan Investasi hingga Restoran Mewah yang Tersohor di Dunia!

Berbisnis di era pandemi tentu perlu memerhatikan banyak hal, salah satu yang terpenting soal kesehatan.

"Kita pasti akan meningkatkan kualitas produk, lalu kesehatan karyawan juga selalu dipantau, soal packaging pun juga harus diperhatikan," jelas Indari. Sosial media merupakan kunci dalam bisnis kuliner online.

Kompas

Ilustrasi bisnis online

Baca Juga: Ruben Onsu Akui Tak Bisa Tidur Nyenyak Usai Gugatan Bisnis Ayam Gepreknya Kalah dari Benny Sujono, Jordi Onsu Sampai Lakukan Hal Ini Demi Kesehatan sang Kakak

social media is the king, termasuk untuk mencari suplier dengan kualitas terbaik sampai melakukan promosi produk yang bakal dipasarkan,”

Caranya bisa memanfaatkan promosi produk lewat media sosial. Berikan foto dan video yang menarik.

"Kalo ke bisnis kita bikin makanan bagus dulu, supaya cantik. Itu salah satu strategi marketing agar mengundang pembeli mau beli produk," papar Indari.

Baca Juga: Bersengketa dengan Pesaing Bisnisnya Hingga Dituntut Ganti Rugi 100 Miliar dan Dicabut Izin Dagangnya, Tak Disangka Ternyata Begini Pengakuan Ruben Onsu Soal Asal Muasal Suksesnya Geprek Bensu

Menentukan suplier bahan yang tepat untuk bisnis kita menjadi satu yang terpenting dalam usaha.

Seperti dengan menggunakan TaniHub dalam membeli kebutuhan sayur, buah dan sembako untuk bisnis kuliner kita.

TaniHub adalah e-commerce untuk hasil tani yang bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha dan end-user (pembeli).

Baca Juga: Bak Kacang Lupa Kulit, Ruben Onsu Dikabarkan Dibayar Ratusan Juta untuk Jadi Brand Ambassador I Am Geprek Bensu Tapi Malah Tikung hingga Buka Bisnis Serupa

Sedangkan TaniFund adalah platform crowdfunding yang didirikan sebagai solusi permasalahan pendaan yang dihadapi petani lokal.

Melalui jaringan suplier yang luas dan proses distribusi yang mumpuni, TaniHub Group menyatakan diri mereka tetap mampu untuk terus mempertahankan pemenuhan bahan pangan berkualitas, meski di tengah tingginya permintaan saat ini.

Membangun emosional pembeli menjadi cara baik dalam menarik konsumen.

Baca Juga: Bikin Krisdayanti Kesengsem dan Bela Habis-habisan sang Suami yang Diserang Netizen, Ternyata Inilah Deretan Kerajaan Bisnis Raul Lemos yang Bikin Kekayaannya bak Tak Habis 7 Turunan!

“Di era pandemi jangan hanya mementingkan untung, lebih banyak dalam berbagi bisa juga membuat bisnis kita lebih untung di kedepannya,” saran Indari.

“Melakukan sedekah like, menyapa konsumen, bisa menjalin silaturahmi dan memancing konsumen datang karena keterikatan emosional,” sambung Fazrul Akhlani.

“Untuk teman-teman yang ingin bergabung menjadi patriot, optimis semangat, pasti bisa insyaallah."

Baca Juga: Bikin Nyai Ciut, Fitri Salhuteru Berani-beraninya Semprot Nikita Mirzani karena Bolak-balik Masuk Kantor Polisi Sampai sang Janda Curhat ke Ruben Onsu, Ada Apa?

Sebagai perempuan kita bisa tetap mandiri secara financial dengan melakukan usaha dari rumah.

Memiliki penghasilan sendiri membuat kita bisa membantu keuangan keluarga dan membuat kita lebih percaya diri.

Sesuai tajuk acara bagi para pengusaha kuliner bisa ikut bergabung menjadi Patriot Agent Tanihub supaya mendapat dobel keuntungan dalam berbisnis kuliner.

(*)

Editor : Hinggar

Sumber : NOVA, webinar

Baca Lainnya