Laporan Menunjukkan 15 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Covid-19, Tapi 12 Negara Ini Masih Nol Kasus Corona, Aman Banget?

Jumat, 24 Juli 2020 | 13:02
Kompas.com

Laporan Menunjukkan 15 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Covid-19, Tapi 12 Negara Ini Masih Nol Kasus Corona, Aman Banget?

GridStar.ID - Pandemi covid-19 di seluruh dunia telah menginfeksi setidaknya lebih dari 15,5 juta jiwa hingga Kamis, (23/07).

Angka tersebut menunjukkan, ada 600 ribu lebih korban meninggal dunia, sedangkan 9,5 juta pasien dinyatakan sembuh.

Wabah ini menginfeksi lebih dari 200 negara menurut Worldometers.

Baca Juga: Sampai Bikin Rumah Sakit Kewalahan Tangani Kasus Baru, Penelitian Sebut 4 Juta Warga New Delhi di India Diduga Terinfeksi Covid-19

Para ilmuwan, otoritas kesehehatan, dan pemerintah di seluruh dunia telah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan pandemi.

Upaya yang dilakukan di antaranya penguncian dan pengujian massal.

Meski demikian, masih ada negara yang belum melaporkan kasus infeksi virus corona, terlepas dari beragam sepekulasi yang menyebut adanya upaya pemerintah setempat untuk menutupi kasus infeksi.

Baca Juga: Data Pasien Sembuh Lampaui Pasien Baru Positif Covid-19 Pada Kamis 23 Juli, 6 Provinsi Ini Catatkan Kasus Baru Tertinggi

Berikut daftar negara dengan nol kasus Covid-19, dikutip dari Aljazeera, 23 Juli 2020:

Korea Utara (25,5 juta penduduk)

Turkmenistan (5,85 juta penduduk)

Kepulauan Solomon (680.806 penduduk)

Baca Juga: Tak Jadi Masalah Dicopot sebagai Jubir Penanganan Covid-19, Jabatan Mentereng Achmad Yurianto di Pemerintahan Ini Bikin Dapur Tetap Ngebul!

Vanuatu (299.882 penduduk)

Samoa (198.414 penduduk)

Kiribati (119.449 penduduk)

Micronesia (105.099 penduduk)

Baca Juga: Jadi Angin Segar di Penghujung Tahun Nanti, Vaksin Covid-19 dari Oxford Tunjukkan Hasil Baik, Teruji Mampu Netralkan Virus Corona dalam Tubuh

Tonga (103.197 penduduk)

Kepulauan Marshall (58.000 penduduk)

Palau (17.907 penduduk)

Tuvalu (11.508 penduduk)

Nauru (12.704 penduduk)

Baca Juga: Kabar Gembira, Vaksin Covid-19 Buatan China Kini Diserahkan pada BUMN PT Bio Farma, Bakal Uji Coba di Indonesia dan Siap Edar 2021

Korea Utara menjadi satu-satunya negara di Asia yang belum melaporkan adanya kasus infeksi virus corona.

Sumber-sumber Korea Selatan menyebutkan, Covid-19 telah menyebar di negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu.

Namun, klaim tersebut sulit untuk dikonfirmasi, mengingat kontrol pemerintah atas media begitu ketat.

Baca Juga: Selama Ini Selalu Kabarkan Mengenai Pasien Virus Corona di Tanah Air, Achmad Yurianto Tak Lagi Jadi Jubir Penanganan Covid-19, Ada Apa?

Meski demikian, negara itu juga mengalami dampak negatif terhadap ekonominya dan tengah berada dalam krisis pangan.

Rakyat Korea Utara bahkan diimbau untuk memakan terrapin, sejenis kura-kura air tawar, karena kekurangan bahan makanan.

Berdasarkan klaim peneliti, spesies kura-kura itu mempunyai kandungan protein, asam amino, dan vitamin untuk mengobati hipertensi maupun penyakit lainnya.

Baca Juga: Buka Suara soal Kasus Baru Covid-19 di Jawa Tengah yang Meningkat Tajam, Ganjar Pranowo: Kita Seperti Menjala Ikan

Sementara itu, negara-negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik, selain Turkmenistan, masih nol kasus Covid-19 karena letak negara yang terpencil, seperti dikutip dari Gulf News, 14 Juni 2020.

Contohnya, Kiribati yang terletak hampir 4.500 kilometer dari Selandia Baru di Samudera Pasifik.

Terkait kasus Covid-19 di Turkmenistan, sebuah laporan dari seorang profesional medis kepada RFERL News, 23 Juni 2020, menyebutkan, negara itu disebut berusaha menutupi adanya kasus infeksi.

Baca Juga: Berbuntut Panjang, Unggahan Anji soal Foto Viral Jenazah Covid-19 Terbungkus Plastik Dikecam Netizen, Berujung Permohonan Maaf ke PFI Pusat

Pada pertengahan Juni, menurut pejabat kesehatan di Ashgabat, dua dokter meninggal dunia di rumah sakit penyakit menular Choganly setelah diduga tertular virus di fasilitas yang sama.

Berdasarkan laporan beberapa petugas medis, wabah virus corona di negara itu disebut mulai berada di luar kendali dengan kasus serupa yang dicatat di hampir seluruh wilayah.

Menurut seorang pejabat kesehatan provinsi, beberapa orang dengan gejala Covid-19 dirawat di rumah sakit regional di Provinsi Lebap pada 18 Juni dan 19 Juni 2020 lalu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 15 Juta Orang Terinfeksi di Dunia, 12 Negara Ini Masih Nol Kasus Virus Corona

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya