Presiden Brasil Kini Kena Getahnya dan Positif Covid-19 Setelah Anggap Virus Corona Remeh Meski Ribuan Orang Terinfeksi, Ini Deretan Penyataan Kontroversial sang Pemimpin

Rabu, 08 Juli 2020 | 15:02
kompas.com

Presiden Brasil

GridStar.ID - Presiden Brasil, Jair Bolsonaro dikabarkan positif terkena virus corona setelah menjalani tes keempat pada Selasa (07/07).

Meski positif terinfeksi, Bolsonaro mengaku dirinya merasa sangat sehat dan hanya mengalami gejala ringan.

Presiden ini sempat memberikan pernyataan yang kontroversial terkait wabah yang tengah terjadi.

Baca Juga: Banyak Keluhan Harga Mahal, Kemenkes Ketuk Palu, Sudah Tetapkan Tarif Tertinggi untuk Biaya Rapid Test Covid-19, Lebih Terjangkau?

Padahal di negaranya, banyak masyarakat yang terinfeksi dengan jumlah kasus melampaui 1,6 juta dan menewaskan tak kurang dari 66.000 orang.

Berikut ini beberapa pernyataan kontroversial dari sang pemimpin saat meremehkan Covid-19:

Pada 11 Maret

Sebelum corona menyebar sebagai pandemi di seluruh dunia, Bolsonaro mengklaim bahwa ada flu lain yang mampu membunuh lebih banyak orang dibanding corona.

"Dari apa yang saya amati sampai sekarang, ada jenis lain dari flu yang mampu membunuh orang lebih dari satu," ujar Bolsonaro.

Baca Juga: Selama Ini Dikenal Cuek dan Datar, Gibran Rakabuming Ketahuan Lakukan Hal Ini Usai Pergoki Joko Widodo Dinyinyiri Netizen soal Kinerjanya Tangani Pandemi Covid-19 Dibandingkan dengan Negara Lain

Pada 18 Maret

Awal-awal seluruh negara merencanakan untuk lockdown, dia berkata, "Hari ini kita baru tahu, bahwa karena memiliki iklim tropis lebih panjang, kita bersikap seolah-olah ini adalah akhir...virus tidak menyebar secepat iklim hangat seperi yang kita rasakan."

Pada 20 Maret

Pengalaman diserang pada 2018, dia berkata, "Setelah ditikam, saya tidak akan jatuh hanya karena flu ringan."

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Kasus Infeksi Covid-19 di Indonesia Bakal Saingi China di Akhir Juli? Pakar Epidemiologi UI: Belum Bisa Dibilang Puncak Kalau Nggak Tahu Kurva Sebenarnya

Pada 24 Maret

Bolsonaro mengatakan jika terjangkit virus corona, dia "tidak akan merasakan apa-apa".

Pada 27 Maret

Ketika ditanya soal Covid-19, dia berkata kepada wartawan, "Maaf, beberapa orang akan mati, mereka akan mati, itulah hidup."

Baca Juga: Berhasil Kendalikan Kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Anies Baswedan Justra Dapat Predikat Gubernur Paling Tidak Disukai oleh Masyarakat, Pilih Legowo dan Tak Ambil Hati: Nggak Apa-apa...

Pada 31 Maret

Presiden Brasil itu mencap para gubernur yang memberlakukan aturan karantina di daerah-daerah sulit ekonomi di Brasil, sebagai "pembunuh pekerjaan".

"Ketika situasinya sedang kacau, dengan jumlah massa pengangguran dan kelaparan, itu adalah kesempatan besar untuk pihak tertentu mengeksploitasi, mencari jalan untuk mendapatkan kekuasaan dan tidak akan pernah dilepasnya," ujar Bolsonaro.

Pada 11 April

Bolsonaro juga diketahui pernah menyepelekan aturan social distancing dengan melakukan pertemuan langsung dan berjabat tangan, serta berfoto dengan sekelompok apoteker, dan leluasa berkunjung ke tempat tinggal anaknya.

Baca Juga: Viral Video Ratusan Warga Paksa Buka Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan, Petugas Tak Bisa Berdaya, Kerabat Ngotot: Gara-Gara Tertusuk Kelor Dinyatakan Corona, Kami Menolak!

Pada 16 April

Balsonaro memecat Menteri Kesehatan yang tidak memiliki kesamaan pemikiran soal isolasi mandiri.

Pada 19 April

Orang nomor satu di Brasil ini memperlihatkan sikap yang menunjukkan gejala Covid-19 dan dampak karena mengabaikan aturan social distancing, dengan batuk berkali-kali saat berpidato.

Meskipun dia tidak mengindahkan bahayanya Covid-19, tapi sesungguhnya dia mengakui telah mengalami gejala terinfeksi.

Baca Juga: Kelewat Tajir Melintir, Seorang Pria Jalan-jalan di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Memakai Masker Emas 24 Karat

Dia berkata pada Selasa (21/04), "Mulai Minggu rasanya tidak nyaman dan menjadi semakin memburuk pada Senin, rasanya tidak enak, lelah, sedikit sakit otot, demam sampai 38 derajat."

Kemudian pada Juni, pemerintah Brasil ini diindikasi telah berusaha menyembunyikan perkembangan tingkat kematian karena kasus corona di negaranya.

Lantaran, ia telah menghentikan penerbitan data seputar jumlah kematian dan orang infeksi Covid-19.

Baca Juga: New Normal Ada di Depan Mata, Orang Tua Miliki Sejumlah Tantangan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pengasuhan Anak, Kemen PPPA Berikan Tips Untuk Hadapinya

Laporan dari Bloomberg pada Selasa (07/07), mengatakan bahwa Brasil adalah salah satu pusat penyebaran Covid-19 yang terbesar setelah AS, dengan angka kematian yang menunjukan lebih dari 65.000 dan lebih dari 1,62 juta total kasus terinfeksi.

Kendati demikian, kebijakan dari pemerintah Brasil ini tidaklah konsisten.

Lantaran, presiden yang berusia 65 tahun ini seringkali berselisih paham dengan pejabat negaranya mengenai penangan corona termasuk hal karantina.

Baca Juga: Digadang-gadang Sembuhkan Covid-19, WHO Hentikan Penggunaan 2 Obat Ini sebagai Penangkal Virus Corona, Ada Apa?

Menteri kesehatan yang seharusnya fokus menangani corona sudah berganti sebanyak tiga kali selama masa pandemi.

Saat ini, Kementerian Kesehatan Brasil dikomandoi oleh seorang jenderal militer.

Setelah 17 Juni, Menteri Nelson Teich mengundurkan diri hanya berselang satu bulan setelah diangkat pada 17 April, menggantikan Luiz Henrique Mandetta yang dipecat pada 16 April, karena memiliki perbedaan pendapat soal penyebaran dan upaya pencegahan Covid-19 di Brasil. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulAkhirnya Tertular, Begini Sikap Presiden Brasil yang Remehkan Covid-19

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya