Bocah 12 Tahun Ini Sudah Hafal 30 Juz Al Quran, Terungkap Alasannya Ketika Tasyakuran yang Bikin Orangtua Tak Kuasa Tahan Haru: Saya Persembahkan pada Ayah dan Ibu

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:31
Kompas.com

Bocah 12 Tahun Ini Sudah Hafal 30 Juz Al Quran, Terungkap Alasannya Ketika Tasyakuran yang Bikin Orangtua Tak Kuasa Tahan Haru: Saya Persembahkan pada Ayah dan Ibu

GridStar.ID - Pelajar umur 12 tahun, Ahmad Najih Maulana ini menjadi sorotan.

Pasalnya, pelajar yang masih duduk di Sekolah Dasar Integral Lukman Al-Hakim Trenggalek, Jawa Timur ini mampu menghafal 30 juz Al Quran.

Pada Kamis, (27/07) Ahmad Najih Maulana melafalkan hafalan ayat Al Quran di hadapan guru pembimbingnya.

Tanpa ragu, Najih menyambut dan meneruskan ayat Al Quran yang dibacakan sang guru.

Baca Juga: Billy Syahputra Akui Bakal Jual Rumah Warisan sang Kakak, Terungkap Mewahnya Istana Almarhum Olga Syahputra, Setiap Sudutnya Terbingkai Ayat Suci Al-Quran dengan Aksen Emas yang Mewah!

“Hari ini Najih mempraktikan kemampuannya menghafal surah-surah kitab suci Al Quran, di hadapan kami,” kata pengajar SDI Lukman Al-Hakim, Nur Aini Putri Kinasih di kawasan SDI Lukman Al-Hakim Trenggalek, Kamis (02/07).

Najih mampu menyelesaikan setiap penggalan ayat Al Quran yang dibacakan pembimbingnya.

Bocah berusia 12 tahun itu melantunkan ayat suci dengan nada yang mengalun indah.

Baca Juga: Kena Sidak Syekh Ali Jaber, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Dites Sambung Bacaan Al-Quran hingga Hafalan Surat Pendek, Reaksi Spontan Ayah Rafathar: Waduh!

Ayat-ayat itu dilafalkan secara baik dan benar. Najih, sapaan akrabnya, merupakan anak pertama dari dua bersaudara.

Kedua orangtua Najih, Muhammad Munir (45) dan Ula Rofiah (37) berprofesi sebagai tenaga pendidik. Kedua orangtuanya pernah mengenyam pendidikan agama di salah satu pondok pesantren besar di kota yang berbeda.

“Saya (Ayah) dulunya pernah mondok di Pasuruan, dan Istri saya pernah mondok di Ponorogo. Kini kami sebagai pengajar di sekolah berbeda,” kata Munir di kawasan SDI Lukman Al-Hakim Trenggalek.

Baca Juga: Selama Ini Bungkam, Papa Angkat Syahrini Muncul Demi Ungkap Kedok Wanita Beragenda yang Terobsesi Pria Tua dan Bohong Soal Dirinya Masih Perawan: Kalau Dia Membantah, Suruh Sumpah di Atas Al Quran!

Munir mengatakan, Najih mulai belajar membaca Al Quran sejak kelas satu SD. Selama lima tahun terakhir, Munir dan istrinya gigih membimbing Najih untuk belajar membaca Al Quran.

Setiap hari, Najih wajib membaca Al Quran usai shalat Subuh dan Maghrib. Jumlah halaman yang dibaca ditentukan secara bertahap, sampai akhirnya Najih terbiasa.

“Awalnya ya sulit, sampai nangis-nangis apalagi masih anak-anak, tapi setelah kami wajibkan membaca Al Quran, akhirnya terbiasa,” kata Munir.

Baca Juga: Adem! Shah Rukh Khan Puasa Ramadan 2020 Ditemani Gauri, Terungkap Putra Bungsu sang Aktor Sudah Lancar Salat Sejak Umur 6 Tahun!

Munir mengajarkan tanggung jawab kepada Najih.

"Kuncinya saya ajarkan untuk tanggung jawab. Setelah ia belajar tentang tanggung jawab, ia sudah terbiasa," kata Munir.

Bocah berusia 12 tahun itu menyediakan waktu selama 20 menit sampai 30 menit untuk membaca Al Quran di rumah setiap hari.

Baca Juga: Umat Muslim Wajib Lakukan Hal Ini di Bulan Ramadhan, 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat, Begini Cara Menghitung Zakat Maal: Zakat Penghasilan, Zakat Emas, Zakat Investasi, dan Zakat Lainnya

Sisanya, belajar membaca Al Quran dilanjutkan sesuai jadwal di sekolah.

Keberhasilan Najih menghafal 30 juz Al Quran bukan tanpa alasan.

Najih terinspirasi dari sang ayah. Munir mengenang sebuah momen saat Najih masih kecil. Ia dan anak sulungnya itu bercerita sambil bercanda di ruang tamu.

Baca Juga: Tangisnya Pecah Usai Bangun dari Tidur Lelap, Putri Ustaz Yusuf Mansur Mimpi Ditegur Rasulullah SAW karena Sempat Menolak Hafalkan 30 Juz Al Quran: Subhaanallaah, Diajak Salat, Makmuman Imaman sama Rasul

Ketika itu, Munir bertanya kepada Najih, apa yang hendak diberikan kepada kedua orangtuanya ketika sudah dewasa.

Saat itu, Najih menjawab akan memberikan uang dan barang berharga lain.

Munir menanggapi jawaban anaknya, ia tak akan menerima semua hadiah itu.

Baca Juga: Mendekam Tujuh Tahun Dipenjara Artis Sekaligus Politisi yang Mualaf Ini Semakin Religius Hingga Hafal 15 Juz Al Quran

Ia meminta anaknya menjadi hafiz ketika dewasa. Percakapan ringan itu ternyata membekas di benak Najih.

Ketika tasyakuran keberhasilan menghafal Al Quran digelar, Najih mempersembahkan keberhasilan itu kepada orangtuanya.

“Saya persembahkan kepada Ayah dan Ibu,” terang Munir menirukan Najih. Munir mengaku terharu mendengar kalimat sang anak.

Baca Juga: Dari Anak Jalanan yang Bertato dan Bertindik, Mantan Vokalis Last Child Ini Putuskan Menjadi Mualaf Setelah Membaca Terjemahan Al-Quran, Perjalanan Hidupnya Bikin Terharu!

“Pada saat itu juga, mendengar kalimat yang diutarakan Najih, Kami berdua tak kuasa menahan haru,” kata Munir.

Sampai saat ini, Najih masih terus belajar untuk mematangkan bacaan dan hafalan Al Quran.

Dalam satu hari, Najih tetap membaca Al Quran sebanyak dua kali, usai shalat Subuh dan Maghrib.

Baca Juga: Dituding Jadi Pendukung Ormas Terlarang, Foto Baim Wong Bersama 2 Ustaz Kondang Ini Jadi Penyebab Hujatan Warga Jagad Maya, Ada Apa?

"Dia menyetor hafalan setiap hari. Tiap setelah Maghrib 15 halaman. Setiap setelah subuh setengah juz," kata Munir. Bagi gurunya, Najih merupakan anak yang telaten dan rajin.

Guru di SDI Lukman Al-Hakim Trenggalek Nur Aini Putri mengatakan, Najih memiliki kemampuan menghafal yang luar biasa.

"Saat menyetor hafalan, dalam waktu 10 menit bisa menyetor satu halaman, kekuatan menghafal sangat mampu," kata Nur Aini Putri.

Nur Aini meminta Najih tetap menjaga hafalannya. “Karena bagaimanapun hafalan Alquran itu harus dijaga,” jelas Nur Aini Putri. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kisah Bocah 12 Tahun Hafal 30 Juz Al Quran: Saya Persembahkan untuk Ayah dan Ibu

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya