Sering Dilakukan Padahal Fatal Akibatnya pada Tubuh! Jangan Sembarangan Cuci Telur Sebelum Dimasak: Karena Cangkang Keropos, Air Mudah Masuk Membawa Bakteri

Kamis, 25 Juni 2020 | 05:00
Kompas.com

(Ilustrasi) Sering Dilakukan Padahal Fatal Akibatnya pada Tubuh! Jangan Sembarangan Cuci Telur Sebelum Dimasak: Karena Cangkang Keropos, Air Mudah Masuk Membawa Bakteri

GridStar.ID - Siapa yang memiliki kebiasaan mencuci telur sebelum dimasak?

Ternyata kebiasaan mencuci telur sebelum dimasak sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

Mengapa bisa berbahaya bagi tubuh ya?

Baca Juga: Azriel Hermansyah Puji Habis-habisan Masakan Bunda Terbaik, Ashanty Malah Bingung: Diceplokin Telur Aja Dia Bilang The Best!

Menurut USDA (United States Department of Agriculture) ada sebuah peraturan yang mengharuskan pencucian semua telur yang diproduksi secara komersial.

Proses ini menghilangkan lapisan pelindung alami yang disebut kutikula dari permukaan telur.

Setelah telur dicuci, film minyak mineral bisa dioleskan ke permukaan telur untuk mencegah bakteri menembus dan mencemari telur.

Baca Juga: Awalnya Tak Berniat Diet, Perempuan Ini Kaget saat Rajin Konsumi Telur Setiap Hari untuk Kesehatan, Bonusnya Turun Berat Badan Secara Signifikan!

Karena proses ini, USDA ataupun ahli gizi mengatakan bahwa telur tak perlu lagi dicuci.

Apa yang akan terjadi pada telur yang kita cuci sebelum dimasak?

"Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya keropos, air dapat mendorong bakteri ke dalam telur," jelas Amy Leigh Mercree pakar kesehatan holistik.

Baca Juga: Pedagang Berani Banting Harga Hampir 50 Persen dari Harga Normal, Waspadai Bahaya Telur Infertil Saat Dikonsumsi

Potensi ini akan lebih besar terjadi jika kita menggunakan air dingin atau air mengalir.

Dia mengakui bahwa potensi bakteri terbentuk di permukaan telur, tetapi mencucinya akan memperburuk keadaan.

Mencucinya akan menimbulkan risiko yang jauh lebih besar dan mencemari telur yang akan kita makan.

Baca Juga: Jadi Hidangan Favorit Masyarakat karena Murah Meriah, Telur Ayam Boiler Justru Dilarang Beredar oleh Pemerintah, Tak Layak Konsumsi?

Telur yang ada di peternakan belum mengalami proses pencucian komersial yang ketat, memiliki potensi lebih besar untuk tersentuh kotoran.

Dia menyarankan gunakan air hangat untuk mencucinya dan hindari penggunaan sabun untuk mencuci telur yang berasal dari peternakan.

Sedangkan untuk telur yang dijual secara komersal, Mercree menyarankan untuk tidak dicuci.(*)

Artikel ini telah tayang di NOVA.id dengan judul Jangan Cuci Telur Sebelum Masak Jika Tak Ingin Bahaya Ini Mengintai Tubuh

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Nova

Baca Lainnya