Ditantang Luhut, Ekonom Ini Batal Hadiri Debat Soal Hutang Negara dan Malah Sebut Menko Maritim Ngawur, Rizal Ramli Keok Duluan?

Kamis, 11 Juni 2020 | 18:08
Kompas.TV

Ditantang Luhut, Ekonom Ini Batal Hadiri Debat Utang Negara dan Malah Sebut Menko Maritim Ngawur, Rizal Ramli Keok Duluan?

GridStar.ID - Belakangan sempat heboh soal tuduhan pada Menko Luhut soal utang negara.

Tak terima dibilang membuat negara merugi, Luhut pun menantang sang Ekonom untuk berdebat.

Ekonom Rizal Ramli menyatakan tidak akan hadir dalam perdebatan yang jadwalnya diubah oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dari sebelumnya hari ini menjadi 24 Juni 2020.

Baca Juga: Menko Luhut Langsung Beri Instruksi Khusus pada Pejabat Eselon 1 Usai Pelantikan, Minta Anak Buahnya Cari Solusi Wabah Covid-19

Rizal Ramli berkilah, Luhut tidak berkoordinasi dengan dirinya.

"Ya enggaklah (Rizal Ramli tidak akan hadir). Itu mah ngawur, (keputusan) sepihak," katanya kepada Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

Kendati diundur, dia akan memercayakan perdebatan yang berlangsung pada 24 Juni nanti kepada jejaring aktivis yang mengatasnamakan Pro Demokrasi (ProDem).

Baca Juga: Dapat Kiriman Meme dari Luhut, Candaan Mahfud MD Soal Samakan Corona dengan Seorang Istri Tuai Protes Komnas Perempuan: Sangat Tidak Bijaksana!

"Mas Adhie Massardi (perwakilan Rizal Ramli) nanti yang menjadi koordinator dengan jadwal, syarat debat, pool TV dan streaming," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Rizal Ramli (RR), Adhie Massardi, membenarkan ketidakhadiran mantan Menteri Keuangan periode Juni 2001-Agustus 2001 tersebut.

Sebab, pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatunya menjelang debat antara Luhut dan RR.

Baca Juga: Pemerintah Gonta-ganti Aturan, Luhut Pandjaitan Akui Masyarakat Memang Harus Berdamai dengan Corona, Sang Menteri: Kita Memang Belum Ada Pengalaman...

"Tidak hadir karena acara debat Pak RR dengan LBP (Luhut Binsar Pandjaitan) sudah didesain teman-teman ProDem," ujarnya.

Perlu diketahui, Luhut pernah menantang kepada pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya.

Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Malam-malam Sule Datangi Kediaman Sahabatnya dan Pinjam Uang karena Dirinya Terlilit Hutang Rp 3,7 M, Andre Taulany: Gila Lu!

Selain itu, dia meminta dalam debat nanti turut menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan tim kabinet ekonomi saat ini.

RR menawarkan kesepakatan.

Apabila kalah dalam berdebat nanti, dia telah berjanji tidak akan mengkritik pemerintahan.

Namun, sebaliknya, bila dirinya menang dalam perdebatan, dia meminta seluruh kabinet menteri ekonomi era Presiden Joko Widodo saat ini untuk mundur dari jabatan mereka.

Baca Juga: Bak Ditimpa Malang Bertubi-tubi, Baru Saja Program Acaranya Bungkus, Sule Nangis-Nangis Pinjam Uang Andre Taulany Rp 3,7 Milliar karena Terlilit Hutang, sang Sahabat: Masalah Apa sih Emang?

“Awalnya Rizal Ramli tidak setuju. Dia bilang tidak usah diladeni. Tapi, karena ditawarkan oleh promotor dari Prodem, akan berdebat satu paket dengan tim ekonomi Jokowi, termasuk Menkeu Sri Mulyani, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, maka dia (Rizal Ramli) mau,” ujar Juru Bicara Rizal Ramli, Adhie Massardi, dalam jumpa pers di bilangan Tebet, Rabu.

Adhie lalu menjelaskan, antara Luhut dan Rizal Ramli bersahabat sudah sangat lama, apalagi sama-sama di kabinet Gus Dur.

Hal yang ingin disampaikan RR, lanjut Adhie, Luhut adalah menteri paling senior.

Baca Juga: Bak Angin Segar bagi Indonesia Usai Pandemi Corona Berakhir, Hutang Rp 43 Ribu Triliun Menanti Amerika, Begini Nasib Rupiah ke Depan di Tengah Krisisnya Ekonomi Paman Sam!

Merespons hal itu, Rabu malam, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi memastikan bahwa Luhut Pandjaitan siap berdebat dengan Rizal Ramli.

Pihaknya telah mengundang Rizal Ramli melalui pesan singkat untuk hadir dalam debat tersebut.

Selain Rizal Ramli, Luhut pun turut mengundang dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Djamester Simarmata, Kamis (11/6/2020), pada pukul 09.30 WIB.

Djamester sendiri juga turut serta ingin melakukan perdebatan ke Luhut terkait utang luar negeri (ULN) Indonesia.

Baca Juga: Miris! Demi Kuasai Motor yang Dijual dengan Harga Kurang dari 2 Juta, 2 Orang Ini Tega Bunuh dan Kubur Badan Temannya Setengah Badan

"Rencananya kami akan mengundang beliau dalam minggu ini untuk berdiskusi melihat analisis data-data yang disampaikan dan dasar-dasar keilmuan yang digunakan. Dari kami sudah sampaikan jadwalnya, tinggal tunggu konfirmasi Pak Djamester," ujar Jodi kepada Kompas.com.

Lebih lanjut, Jodi mengatakan, Djamester selama ini kerap memberikan masukan terhadap pemerintahan kabinet Presiden Joko Widodo.

Soal masukan tersebut itulah, Luhut mengundang langsung tatap muka terhadap Djamester.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Batal Hadiri Debat, Rizal Ramli Sebut Tantangan Luhut "Ngawur"

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas

Baca Lainnya