Meski Terbukti Jenazah Terinfeksi Corona, Sejumlah Warga Tetap Nekat Buka Plastik dan Memandikannya, Ini Akibat yang Diterima Warga

Senin, 18 Mei 2020 | 04:15
KOMPAS.COM

Belasan warga yang nekat mandikan jenazah terinfeksi corona, akhirnya dinyatakan positif Covid-19

GridStar.ID – Selama pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, masih ada saja masyarakat yang belum memahami tentang bahayanya penyakit ini.

Seperti yang dilakukan sejumlah warga di sebuah desa, yang nekat membuka plastik jenazah terinfeksi corona.

Bukan cuma itu, mereka juga memandikan kembali jenazah tersebut.

Baca Juga: Bikin Penelti Dunia Keheranan, Pasien Positif Corona di Indonesia Alami Gejala Baru yang Sangat Aneh dan Tak Biasa dari Pasien di Negara Lain, Kok Bisa?

Seperti dilansir Kompas.com, peristiwa itu terjadi di dusun di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Sebanyak 15 warga yang terlibat dinyatakan positif Covid-19.

Warga tersebut memiliki riwayat membuka peti, membuka bungkus plastik, bahkan memandikan jenazah yang sudah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Ogah Ikuti Rapid Tes Corona, Ketua DPRD Garut Lantang Sebut Alat Buatan China Jelek hingga Ngotot Tak Mau Gunakan: Alat yang Ada Tarik Dulu, Ganti yang Baru!

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin, mengaku sudah membatasi akses ke dusun tersebut termasuk menutup sarana ibadahnya.

"Yang PDP banyak, yang positif Covid-19 ada 15," katanya usai penyerahan BLT Dana Desa di Balai Desa Brebek Sidoarjo, Minggu (17/5).

Pihaknya mengaku terlambat mendapatkan kabar dan melakukan penanganan, sehingga virus bisa cepat menyebar. "Kejadiannya sudah 2 pekan yang lalu," jelasnya.

Baca Juga: Angin Segar, Jokowi Ketok Palu Aturan Usaha hingga Aktivitas Rakyat Agar Bisa Kembali Normal, Peneliti Singapura Kabarkan Corona di Indonesia Berakhir Oktober

Informasi yang diterimanya, ada warga setempat meninggal dunia di rumah sakit dan sudah dinyatakan positif Covid-19, namun keluarga tetap meminta jenazah dipulangkan ke rumah duka.

Lalu jenazah yang sudah dibungkus plastik sesuai SOP pemulasaraan jenazah Covid-19 pun akhirnya dibuka.

"Bukan hanya dibuka, menurut informasi dari Gubernur Jatim, jenazah juga dimandikan lagi," terangnya.

Baca Juga: Bak Mimpi Buruk, Kurva Pasien Covid-19 di Indonesia Melonjak Naik hingga 17 Ribu, Peneliti Temukan Gejala Baru Virus Corona dan Menganggapnya Aneh, Apa Itu?

Usai dimandikan, jenazah dimakamkan sebagaimana jenazah pada umumnya.

"Kami akan beri perhatian serius, tim tracing sudah bergerak melalukan tracing terhadap siapa saja yang kontak erat dengan para warga yang dinyatakan positif Covid-19," tutupnya.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul Nekat Buka Plastik dan Mandikan Jenazah Terinfeksi Corona, 15 Warga Dusun di Sidoarjo Positif Covid-19. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya