Anjuran Perbanyak Ibadah dan Salat Tahajud di 10 Malam Terakhir Ramadan, Ternyata Ini 10 Keutamaan Saat Lailatul Qadar Termasuk Menjauhkan Penyakit

Selasa, 12 Mei 2020 | 16:30
kompas.com

Anjuran Perbanyak Ibadah dan Salat Tahajud di 10 Malam Terakhir Ramadan, Ternyata Ini 10 Keutamaan Saat Lailatul Qadar Termasuk Menjauhkan Penyakit

GridStar.ID - Selama bulan ramadan, umat muslim akan menunggu-nunggu datangnya Malam Lailatul Qadar.

Malam ini akan jatuh di antara 10 malam terakhir di bulan ramadan sehingga dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunnah dan salat tahajud.

Melansir dari Bangkapos.com, rupanya ada keutamaan untuk memperbanyak ibadah di malam menjelang Lailatul Qadar.

Baca Juga: Mantapkan Hati Jadi Mualaf Usai Lakukan Adegan Salat, Aktor Senior Ini Mengaku Dapat Hidayah Setelah Dituntun Ucap Syahadat oleh Tokoh Islam Ternama Tanah Air

Mendapatkan tempat terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Baca Juga: Adem! Shah Rukh Khan Puasa Ramadan 2020 Ditemani Gauri, Terungkap Putra Bungsu sang Aktor Sudah Lancar Salat Sejak Umur 6 Tahun!

Menjadi sholat utama setelah sholat wajib

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ.

“Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.”[9]

Al-Bukhari rahimahullah berkata: “Bab Keutamaan Shalat Malam.”

Baca Juga: Erwin Prasetya Basis Dewa 19 Pertama Tutup Usia Akibat Pendarahan Lambung, Ahmad Dhani Beberkan Kebaikan Semasa Hidup Almarhum: Di Antara Kami, Erwin Paling Rajin Salat 5 Waktu

Selanjutnya ia membawakan hadits dengan sanadnya yang sampai kepada Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma, bahwa ia berkata:

“Seseorang di masa hidup Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila bermimpi menceritakannya kepada beliau.

Maka aku pun berharap dapat bermimpi agar aku ceritakan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca Juga: Reino Barack Puji Istrinya Rajin Salat dan Ngaji, Pria Ini Blak-blakan Kuliti Masa Lalu Syahrini, Suka Dugem dan Menginap di Rumah Teman Prianya hingga Foto Lawas Dirinya Tersebar: Zaman Jahiliyah!

Saat aku muda aku tidur di dalam masjid lalu aku bermimpi seakan dua Malaikat membawaku ke Neraka.

Ternyata Neraka itu berupa sumur yang dibangun dari batu dan memiliki dua tanduk.

Di dalamnya terdapat orang-orang yang aku kenal.

Baca Juga: Iseng-Iseng Puasa dan Salat Idul Fitri Padahal Non Muslim, Perempuan Cantik Ini Mendapat Hidayah di Bulan Ramadan, Hingga Putuskan Mualaf Dalam Waktu Singkat: Seolah Segala Dosa Diambil dari Pundak Saya!

Aku pun berucap, ‘Aku berlindung kepada Allah dari Neraka!’ Ibnu ‘Umar melanjutkan ceritanya, ‘Malaikat yang lain menemuiku seraya berkata, ‘Jangan takut!’ Akhirnya aku ceritakan mimpiku kepada Hafshah dan ia menceritakannya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda:

نِعْمَ الرَّجُلُ عَبْدُ اللهِ، لَوْ كَانَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ.

‘Sebaik-baik hamba adalah ‘Abdullah seandainya ia melakukan shalat pada sebagian malam.’

Akhirnya ‘Abdullah tidak pernah tidur di malam hari kecuali hanya beberapa saat saja.”

Baca Juga: Pasang Implan Payudara Hingga Diisukan Ganti Kelamin, Penampilan Millendaru Salat Bikin Netizen Bertanya-tanya Pake Sarung atau Mukena, Keponakan Ashanty Beri Jawaban Tegas Ini!

Membuka pintu surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga: Selama Ini Simpan Rahasia Rapat-rapat, Akhirnya Masa Lalu Terbongkar, Pedangdut Zaskia Gotik Sebut Baim Wong Mantan Terindah: Dia Selalu Ingatkan Aku Salat Lima Waktu

Doa yang dikabulkan

Orang yang mengerjakan Salat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

Mendapatkan kemuliaan dan kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

Baca Juga: Bos Besar Pusat Perbelanjaan, Ini Kebiasaan Seusai Salat Suami Dewi Sandra yang Jadi Rahasia Rumah Tangga Harmonisnya, Cukup Lakukan Hal Ini Emosi Langsung Luntur!

Menghapus dosa

Salat tahajud menjadi penggugur dosa.

Tak hanya itu, tajahud juga mencegah seseorang dari perbuatan dosa.

Orang yang melazimkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

Baca Juga: Niat Hati Ingin Beribadah, Atalarik Syach Malah Akhirnya Minta Maaf Setelah Diamuk Warganet Lantaran Ngotot Salat Jumat Berjamaah di Kawasan Zona Merah

Menjadi kebiasaan orang yang shalih

Salat tahajud menjadi kebiasaan orang shalih.

Siapa pun yang terbiasa melakukannya, maka tercatat sebagai orang-orang shalih.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

Baca Juga: Blusukan Cari Masjid yang Gelar Salat Jumat karena Takut Kafir saat Wabah Corona Meski Diimbau Ulama Tak Perlu Jamaah, Atalarik Syach: Jangan Jerumuskan Aku dalam Golongan Orang Munafik!

Menangkal penyakit

Salah stau keutamaan salat tahajud adalah menangkal penyakit.

Orang yang sering menunaikannya akan senantiasa dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit.

Mendapatkan pahala seperti bersedekah

Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu ia menuturkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَضْلُ صَلاَةِ اللَّـيْلِ عَلَى صَلاَةِ النَّهَارِ، كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلاَنِيَةِ.

“Keutamaan shalat malam atas shalat siang, seperti keutamaan bersedekah secara sembunyi atas bersedekah secara terang-terangan.”

Baca Juga: Sebelum Alami Kecelakaan Tragis hingga Meninggal Dunia, Wakil Jaksa Agung Arminsyah Sempat Memasak Bersama Istri untuk Rayakan Ulang Tahun Pernikahan hingga Beri Buku Tuntunan Salat ke Rekannya

Mendapatkan rasa aman

Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu ia menuturkan pula, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلاَ إِنَّ اللهَ يَضْحَكُ إِلَى رَجُلَيْنِ: رَجُلٌ قَـامَ فِيْ لَيْلَةٍ بَارِدَةٍ مِنْ فِرَاشِهِ وَلِحَافِهِ وَدِثَارِهِ، فَتَوَضَّأَ ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ، فَيَقُوْلُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ لِمَلاَئِكَتِهِ: مَا حَمَلَ عَـبْدِيْ هَذَا عَلَى مَا صَنَعَ؟ فَيَقُوْلُوْنَ: رَبُّنَا رَجَاءً مَا عِنْدَكَ وَشَفَقَةً مِمَّا عِنْدَكَ، فَيَقُوْلُ: فَإِنِّي قَدْ أَعْطَيْتُهُ مَا رَجَا وَأَمَّنْتُهُ مِمَّا يُخَافُ.

“Ketahuilah, sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu’ dan melakukan shalat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada para Malaikat-Nya, ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?’ Mereka menjawab, ‘Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu dan takut dari apa yang ada di sisi-Mu pula.’ Allah berfirman, ‘Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.'”

Sekali lagi, untuk menjemput kemuliaan malam Lailatul Qadar, tidak ada salat sunah khusus malam Lailatul Qadar. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul Keutamaan Sholat Tahajud di Malam Lailatul Qadar, 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : TribunStyle

Baca Lainnya