Gembar-gembor akan Beri Bansos untuk 1,1 Juta Warganya, Anies Baswedan bak Angkat Tangan Justru Bikin Sri Mulyani Kelimpungan Gegara Gubernur DKI Jakarta Tak Punya Anggaran hingga Pemerintah Pusat yang Kucurkan Dana untuk Wilayahnya

Sabtu, 09 Mei 2020 | 08:30
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

Gembar-gembor akan Beri Bansos untuk 1,1 Juta Warganya, Anies Baswedan bak Angkat Tangan Justru Bikin Sri Mulyani Kelimpungan Gegara Gubernur DKI Jakarta Tak Punya Anggaran hingga Pemerintah Pusat yang Kucurkan Dana untuk Wilayahnya

GridStar.ID - Bantuan sosial di DKI Jakarta pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hangat diperbincangkan.Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta sanggup sokong keluarga penerima manfaat di wilayah Jakarta.Berbanding terbalik, Menteri Keuangan Sri Mulyani justru mengungkapkan Anies Baswedan tidak punya anggaran untuk salurkan bansos 1,1 juta untuk warganya.

Baca Juga: PSBB di Jakarta Berdampak Baik, Anies Baswedan Beri Peringatan Keras Bagi Warga DKI yang Masih Ngeyel Mudik: Hati-hati, Kalau Mudik Belum Tentu Bisa Kembali ke Jakarta!Oleh karenanya, Pemprov DKI sempat meminta anggaran dari pemerintah pusat.Padahal anggaran pembiayaan untuk Covid-19, pemerintah sudah anggarkan sebesar Rp 110 triliun.Melansir gridhot.id, "Dari Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK),Baca Juga: Persilahkan Rumah Mewahnya Dijadikan Tempat Istirahat Tenaga Medis yang Lawan Covid-19, Pejabat Tinggi Jawa Barat yang Dulunya Mantan Kekasih BCL Ini Dibanjiri Banyak Pujian Warganet: Mulia Sekali Pak Wakil Bupati!

DKI Jakarta yang tadinya cover 1,1 juta warganya ternyata mereka tidak punya anggaran dan meminta pemerintah pusat yang cover terhadap 1,1 juta (PKM) DKI, dan sisanya 3,6 juta pemerintah pusat, sekarang semuanya diminta cover oleh pusat," kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (06/05)."Realisasi bansos tersebut artinya sudah makin merata. Kalau benar dari DKI akan dicover pemerintah pusat, harus ada tambahan lagi untuk cover," terang Sri Mulyani.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tembus Angka Lebih dari 1.100, Anies Baswedan Umumkan Perpanjang Masa Darurat Wabah Virus Corona hingga 19 April 2020Menurutnya, proses penyaluran bansos sampai dengan pekan ini kepada masyarakat terdampak pandemi corona di Jabodetabek sudah mencapai 80%."Alokasi di minggu pertama kurang dari 10% karena persiapan dan logistik. Namun, seiring dengan adanya data dari Kementerian Sosial, implementasi saat ini mendekati 80%, artinya makin merata," ujar dia.Sebagai informasi, terdapat 1,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di DKI Jakarta yang akan menerima bantuan yang disalurkan Kementerian Sosial yang terkena efek Covid-19.

Baca Juga: Trend Tik Tok Merebak hingga Kalangan Pejabat, Begini Kompaknya Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Asik Lakukan Any Song ChallengeSementara itu untuk Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi terdapat 600.000 KPM akan mendapatkan bantuan yang sama.Jabodetabek memang menjadi sasaran utama penyaluran bansos. Sebab penyebaran Covid-19 berpusat di wilayah ini.Terlebih wilayah padat ini sedang menerapkan PSBB yang membuat roda ekonomi jadi tersendat. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : GridHot.ID

Baca Lainnya