Video Munculnya Bintang Turaya Heboh di Media Sosial Jadi Tanda Berakhirnya Wabah Virus Corona, Ini Penjelasan Ahli!

Sabtu, 02 Mei 2020 | 08:30
twitter

Cahaya yang terlihat di langit pada pagi hari

GridStar.ID - Warga kembali dihebohkan dengan fenomena alam yang terjadi di langit.

Kali ini munculnya sebuah benda langit yang disebut-sebut sebagai bintang Turaya.

Warga merekam munculnya bintang tersebut kemudian membagikannya ke media sosial hingga menjadi viral.

Baca Juga: Tak Ada Lagi Kapal yang Berlalu-lalang Akibat Wabah Corona, Sekawanan Lumba-lumba Tampak Berenang Bebas di Selat Bosphorus Turki

Bahkan sebagian dari mereka menyebut kemunculan bintang itu akan menjadi tanda akan berakhirnya wabah virus corona.

Viral video yang menunjukkan cahaya kecil di pagi hari di berbagai media sosial.

Cahaya kecil itu disebut-sebut sebagai bintang Turaya, serta diklaim sebagai pertanda bahwa wabah pandemi Covid-19 akan berakhir.

Baca Juga: Fenomena Alam Supermoon Kembali Hadir di Bulan April, Ini Pengaruhnya Terhadap Tiap Zodiak, Banyak yang dapat Keberuntungan!

Video yang awalnya diunggah ke Twitter dan disebar di berbagai media sosial, termasuk akun Instagram @nenk_update, juga diikuti dengan narasi sebagai berikut:

"Subhanallah... Bintang TURAYA di pagi hari... benar yang di katakan Rosululah... akan habis Wabah Covid-19. apa bila ada Bintang di pagi hari.

Itulah Bintang Turaya... Alhamdulillah. habis sudah sak wasanga manusia dengan adanya BUKTI. Bintang itu disaksikan byk orang."

Baca Juga: Salju yang Harusnya Putih di Antartika Berubah menjadi Semerah Darah! Ini Penyebabnya

Namun, benarkah cahaya kecil yang tertangkap lensa kamera masyarakat itu adalah bintang Turaya atau Tsuraya?

Menanggapi hal itu, astronom amatir Marufin Sudibyo berkata bahwa cahaya kecil yang beredar di foto dan video itu bukanlah bintang Turaya. "Bukan (bintang Turaya).

Kemungkinan besar itu Mars, kalau benar difoto pada saat pagi hari sebelum matahari terbit," kata Marufin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/04).

Baca Juga: Jadi Fenomena Alam Akhir Tahun 2019, Gerhana Matahari Cincin Bisa Disaksikan di Beberapa Kota di Indonesia, Kapan dan Di Mana?

Marufin pun menjelaskan apa itu bintang Turaya yang mungkin dimaksudkan oleh netizen tersebut.

Dia berkata bahwa bintang yang dimaksud mungkin adalah bintang Tsuraya atau ats-Tsuaya yang merupakan nomenklatur Arab untuk Pleiades.

"Secara astronomis ia (bintang Tsuraya) dikenal sebagai Pleiades atau Messier 45 (M45)," jelas dia.

Baca Juga: Di Saat Warga Indonesia Dibuat Panik dengan Fenomena Cacing, Peneliti Dunia Justru Sedang Berbahagia Atas Kemunculan Hewan Langka Ini Usai Berlakunya Pembatasan Sosial Covid-19

Pada saat ini, Pleiades masih berada di langit barat, tepatnya di bawah Venus.

Oleh karena itu, secara teknis Pleiades akan bisa dilihat setelah terbenamnya matahari, meski kedudukannya yang sangat rendah akan membuatnya sulit untuk diamati secara langsung.

"Pleiades akan berada di langit timur mulai pertengahan Juni mendatang, tatkala terbit lebih dulu ketimbang matahari," ujar dia.

Baca Juga: Geger Fenomena Cacing Terus Keluar dari Tanah, Mbah Mijan Buka Suara Singgung Jenazah Covid-19 Hingga Aroma Pertanda Dari Hewan Melata Ini, Ada Apa?

5 fakta bintang Tsuraya

1. Bukan bintang tunggal

Bintang Tsuraya ini bukanlah bintang tunggal, melainkan sebuah gugus bintang terbuka yang beranggotakan sekitar 1.000 bintang yang saling terikat secara gravitasional.

Namun, hanya sekitar 14 saja yang bisa disaksikan dengan mata kita.

Baca Juga: Mbah Mijan Telah Prediksi Sebelum Virus Corona Muncul, Fenomena Munculnya Ular Cobra Ternyata Sebagai Tandanya

2. Bintang muda

Mayoritas bintang dalam gugus ini merupakan bintang muda atau bintang biru, dengan temperatur permukaan rata-rata jauh lebih panas ketimbang matahari.

3. Berjarak 440 cahaya

Bintang Tsuraya ini merupakan bintang yang jarak rata-ratanya adalah 440 tahun cahaya dari Bumi.

Baca Juga: Terawang Ada Fenomena Ganjil di Kota M, Roy Kiyoshi dan Mbak You Kompak Ramal Bencana Alam di Akhir Tahun 2019 Terjadi di 3 Pulau Ini: Efeknya Luar Biasa!

4. Bintang tujuh dara

Bintang ini dikenal juga sebagai Seven Virgin atau Tujuh Dara, karena secara kasat mata terdiri atas tujuh bintang yang saling berkumpul menjadi satu, tepat di sisi barat rasi bintang Taurus.

"Al-Qurán menyebut bintang ini dalam satu suratnya yaitu surat an-Najm," tutur dia.

Baca Juga: Doa Mujarab saat Fenomena Gerhana Matahari Cincin Hari Ini Pukul 12:17 WIB

5. Dikaitkan dengan banyak kisah daerah

Bintang Tsuraya banyak dikaitkan dengan legenda-legenda manusia.

Di Jawa, misalnya, bintang ini dikaitkan dengan legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari yang turun dari langit.

Marufin juga berkata bahwa bintang Tsuraya membentuk salah satu entitas budaya Jawa melalui tari Bedhaya Ketawang yang melambangkan tujuh bintang, serta berguna pula bagi dunia pertanian sebagai penanda masa Kapitu.

Sementara itu, orang Jepang menyebut bintang ini dengan Subaru dan menjadi perlambang dalam banyak hal. (*)

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judulViral Bintang Turaya Pertanda Corona Akan Berakhir, Ini Penjelasan Ahli

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya