Seolah Pertanda Berakhirnya Wabah Corona, Arab Saudi Akhirnya akan Buka Kembali Masjid Nabawi dan Masjidil Haram Setelah Sebulan Terapkan Lockdown

Kamis, 30 April 2020 | 18:00
Kompas.com

Seolah Pertanda Berakhirnya Wabah Corona, Arab Saudi Akhirnya akan Buka Kembali Masjid Nabawi dan Masjidil Haram Setelah Sebulan Terapkan Lockdown

GridStar.ID- Sudah lebih dari tiga bulan ke belakang virus corona menjadi momok yang mengerikan bagi masyarakat dunia.

Virus yang juga dikenal dengan nama Covid-19 ini telah menginfeksi lebih dari 200 negara.

Oleh karenanya, untuk memutus rantai penyebaran virus yang berasal dari China ini banyak negara-negara yang menerapkan sistem lockdown.

Baca Juga: Dikira Resah Gelisah Lantaran Pikirkan Gaji Karyawan Selama Lockdown, Ternyata Suami Akui Diam-diam Nikah Lagi dan Pikirkan Nasib Madunya, Curhat Pilu Istri Pertama Viral: Terasa Seperti Berhenti Bernapas

Salah satunya adalah Arab Saudi.

Seperti yang dilansir dari Grid Hot pada (30/04),pada Maret lalu Arab Saudi mengumumkan lockdown di wilayah Riyadh, Mekkah, dan Madinah.

Akses keluar masuk ke tiga kota tersebut ditutup dan pembatasan perjalanan pada 13 wilayah lain juga diberlakukan.

Baca Juga: Bikin Kapok Orang Ngeyel, Polisi India Hukum Warga yang Keluyuran saat Lockdown dengan Dipaksa Masuk ke dalam Ambulans, Isinya Pasien Positif Corona

Sebelumnya, Arab Saudi telah memberlakukan aturan mengenai akses ke Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Melansir Kompas.com, pengumuman mengenai aturan ini disampaikan pada Kamis (05/03) waktu setempat.

Mulai kemarin, diberlakukan aturan penutupan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi satu jam setelah shalat isya dan akan dibuka satu jam sebelum shalat subuh setiap harinya.

Baca Juga: China Lagi-Lagi Kecolongan, Lockdown Wuhan Baru Berakhir Virus Corona Kembali Muncul Gara-Gara Hal Sepele Ini, Hingga Harus Karantina Wilayah 10 Juta Penduduknya!

Langkah ini diambil sebagai upaya tindakan pencegahan terbaru terhadap penyebaran virus corona di Arab Saudi.

Bahkan pada Rabu (04/03), pihak Kerajaan menangguhkan semua aktivitas ziarah umrah dan pihak berwenang telah membersihkan Masjidil Haram sebagai upaya sterilisasi.

Seorang pejabat Saudi mengatakan, pembersihan yang dilakukan merupakan tindakan pencegahan belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Nahas, Asyik Bermain di Luar Saat Sedang Lockdown, Bocah 4 Tahun Tewas Mengenaskan Diseret ke Tempat Sampah dan Dimakan Kawanan Babi Hutan

Akan tetapi, ia menambahkan, lantai atap tetap terbuka untuk shalat.

Arab Saudi juga menutup sementara lokasi sekitar Ka’bah.

Di tempat ini para jemaah berkeliling tujuh kali.

Baca Juga: Nahas, Tak Punya Uang Untuk Bayar Hotel Para Wisatawan Ini Terpaksa Hidup di Sebuah Gua Hampir Sebulan Karena Terjebak Lockdown hingga Tak Bisa Pulang ke Negaranya

Selain itu, antara Bukit Safa dan Marwah untuk melakukan sa’i juga ditutup hingga larangan umrah dicabut.

Jemaah juga dilarang membawa makanan dan minuman ke masjid, serta akses ke air zam-zam sementara akan dihentikan.

Lokasi makam Nabi Muhammad dan dua sahabat, Abu Bakar Sidik dan Umar bin Khattab, juga akan ditutup untuk jemaah.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Virus Corona Pangeran Harry dan Meghan Markle Kepergok Lakukan Hal ini di Jalanan Los Angeles!

Sebulan berselang, kabar baik hadir di tengah masyarakat.

Mengutip Antara, Sheikh Abdul Rahman Al-‬Sudais mengumumkan kabar baik kepada umat Islam di dunia bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera dibuka kembali untuk aktivitas ibadah seperti biasanya.

Twitter/HaramainInfo

Pengumuman dari Sheikh Abdul Rahman Al-‬Sudais

"Saya membawa kabar baik kepada Muslim dunia bahwa aktivitas ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera bisa normal kembali," ujar Presiden Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Sheikh Abdul Rahman Al-‬Sudais dikutip dari akun media sosial Haramain di Twitter, Rabu.

Baca Juga: Adik Ayu Azhari Resmi Melepas Status Jandanya dan Menikah dengan Pria Bule 2 Hari Sebelum Lockdown di LA, Intip Fotonya!

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka untuk Tawaf dan shalat wajib serta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, ujar Sheikh Abdul Rahman Al-‬Sudais.

Ia mengungkapkan bahwa pembukaan akses untuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dilakukan dengan penghitungan cermat.

"Kita tidak terburu-buru untuk membuka Dua Masjid Suci karena semua langkah yang diambil adalah untuk kebaikan kita," ujar Sheikh Abdul Rahman Al-‬Sudais.

Baca Juga: Gara-Gara Larang Kelompok Radikal yang Langgar Larangan Lockdown Selama Wabah Corona, Polisi Malang di India Ini Tangannya Dipotong Massa!

Sheikh Al-Sudais mengajak semua umat Islam di dunia untuk terus berdoa melawan pandemi COVID-19.

"Kami meminta Muslim dunia untuk berdoa kepada Penjaga Dua Masjid Suci supaya dalam keadaan baik," ujar dia. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas.com, Grid Hot

Baca Lainnya