Jadi Negara Tertinggi Wabah Covid-19 di Dunia, Baru-baru Ini Tercatat Kasus Keracunan di AS Meningkat Usai Donald Trump Sebut Suntik Disinfektan Bisa Lawan Corona

Selasa, 28 April 2020 | 08:30
Harper's Bazaar

Frustasi Amerika Serikat Jadi Negara Tertinggi Kasus Positif Covid-19, Donald Trump Sampai Sebut Suntik Disinfektan Bisa Lawan Corona, Akibatnya Kasus Keracunan di AS Meningkat

GridStar.ID-Virus corona atau yang juga dikenal sebagai Covid-19 saat ini menjadi momok yang mengerikan bagi dunia.

Virus yang digadang-gadang berawal dari pasar hewan liar di Kota Wuhan, China ini tercatat telah menginfeksi lebih 200 negara di berbagai belahan dunia.

Tercatat lebih dari 2 juta kasus terkonfirmasi positif covid-19.

Sedangkan angka kematian mencapai 193.825.

Baca Juga: Enam Pekan bak Hilang Ditelan Bumi, Kim Jong Un Dikabarkan Kritis hingga Meninggal Dunia, Satelit Amerika Serikat Lacak Diktator Korea Utara Itu Malah Kedapatan Jalan-Jalan di Kota Wosan, Ada Apa Sebenarnya?

Sampai saat ini, Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus positif covid-19 tertinggi di dunia dengan total kasus 925.038 dan angka kematian mencapai 52.185.

Selain itu, dikutip dari tribunmanado.com, dikabarkan dari pusat Kontrol Racun di Kota New York melihat adanya lonjakan jumlah orang yang mengonsumsi pembersih rumah tangga dalam beberapa hari terakhir.

Diketahui kasus itu muncul setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebutkan bahwa suntik desinfektan kemungkinan dapat digunakan untuk melawan virus corona.

Baca Juga: Dituding Amerika Serikat Jadi Dalang di Balik Covid-19 yang Mewabah Dunia, China Justru Tolak Mentah-Mentah Penyelidikkan Internasional untuk Ungkap Asal-muasal Virus Corona, Ini yang Jadi Tanda Tanya Besar!

Naik dua kali lipat

National Public Radio (NPR) melaporkan sedikitnya 30 kasus keracunan dalam periode 18 jam yang berakhir pada pukul 3 sore pada hari Jumat (24/04).

Jumlah tersebut lebih banyak lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan hanya 13 kasus untuk jangka waktu yang sama setahun yang lalu.

Dikutip dari Strait Times, Juru bicara Departemen Kesehatan dan Kebersihan Mental Pedro Frisneda menyebutkan, sembilan dari kasus terkait dengan paparan Lysol, produk pembersih dan pembunuh kuman.

Baca Juga: Sudah Mau Dikuburkan Keluarga, Jenazah Perempuan Ini Bergerak-gerak di Dalam Kantong Mayat Hingga Buat Dokter Terperanjat, Ada Apa?

Sementara 10 lainnya tentang keracunan pemutih, dan 11 adalah paparan pembersih rumah tangga lainnya.

Pernyataan sarkas

Sebelumnya pada jumpa pers hari Kamis, AFP melaporkan bahwa pemimpin AS Donald Trump mengatakan, dokter mungkin bisa mengobati orang yang terinfeksi virus corona dengan menyinari sinar ultraviolet di dalam tubuh mereka.

Selain itu juga bisa dilakukan dengan melakukan suntikan desinfektan rumah tangga ke dalam tubuh pasien.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Indonesia, Donald Trump Akan Berikan Ventilator untuk Pasien Covid-19 Setelah Bicara Langsung dengan Jokowi, Presiden AS: Kerjasama yang Luar Biasa!

"Adakah cara kita bisa melakukan sesuatu seperti itu, dengan menyuntikkan ke dalam atau hampir membersihkan? Karena Anda melihatnya terkena di paru-paru dan itu sangat banyak pada paru-paru," katanya.

Belakangan Trump mengatakan bahwa pernyataanya tentang disinfektan adalah ungkapan sarkas.

Laporan keracunan meningkat

NPR juga melaporkan bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mencatat peningkatan panggilan orang yang memaparkan atau menelan pembersih dan disinfektan.

Baca Juga: Prosesnya Bikin Ngilu! Viral Video Perempuan Ini Menahan Rasa Sakit dan Nyeri saat Tes Swab Virus Corona, Stik Panjang Ini Dimasukkan dalam Hidung Sampai 10 cm

Menurut laporan CDC yang diposting online minggu ini, kasus-kasus pajanan terhadap desinfektan dan pembersih telah meningkat sebesar 20 persen antara Januari dan Maret tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kasus virus corona di AS mencapai 987.322 kasus positif. Sebanya 55.415 orang meninggal dan 118.781 orang dinyatakan sembuh. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Tribun Manado, Serambi News, Covid19.go.id

Baca Lainnya