Bak Angin Segar, Sudah Lebih dari 1000 Pasien Covid-19 di Indonesia Telah Dinyatakan Sembuh, Sinar Matahari Berpengaruh Terhadap Kematian Virus Corona!

Minggu, 26 April 2020 | 19:30
Tribunnews.com

Bak Angin Segar, Sudah Lebih dari 1000 Pasien Covid-19 di Indonesia Telah Dinyatakan Sembuh, Sinar Matahari Berpengaruh Terhadap Kematian Virus Corona

GridStar.ID-Virus corona atau yang juga dikenal sebagai Covid-19 saat ini menjadi momok yang mengerikan bagi dunia.

Virus yang digadang-gadang berawal dari pasar hewan liar di Kota Wuhan, China ini tercatat telah menginfeksi lebih 200 negara di berbagai belahan dunia.

Tercatat lebih dari 2 juta kasus terkonfirmasi positif covid-19.

Baca Juga: Ramalannya Jarang Meleset, Mbah Mijan Terawang Virus Corona Berakhir saat Bulan Ramadhan, Ini Penjelasan Dokter Tentang Puasa dan Menu Buka untuk Menjaga Kekebalan Tubuh!

Sedangkan angka kematian mencapai 190.871.

Termasuk di tanah air kita, Indonesia yang semakin hari terus mengalami jumlah peningkatan kasus.

Seperti yang dilansir dari situs covid19.go.id, tercatat 8882 kasus positif virus corona terkonfirmasi.

Baca Juga: Kabar Baik Penemuan Obat Virus Corona, 22 Rumah Sakit di Indonesia yang Bakal Ikut Uji Klinis 4 Obat Penangkal Covid-19

Mengutip dari Tribun News, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menjelaskan jumlah pasien yang sembuh mencapai 1.002 orang.

Dijelaskan, pemerintah terus melakukan pelacakan terhadap kasus terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) yang masih berada di tengah masyarakat.

Hingga kemarin, lebih dari 64 ribu spesimen telah diperiksa.

Baca Juga: Jokowi Kembali Umumkan Kabar Baik Bagi Raykat Indonesia, Presiden Beberkan Hasil Penelitian yang Menunjukkan Kepastian Berakhirnya Virus Corona yang Mulai Terlihat di Hari Pertama Ramadan!

Yurianto menyebut pemeriksaan spesimen tersebut menggunakan metode real time polymerase chain reaction (PCR).

"64.054 spesimen sudah kami periksa dengan pemeriksaan realtime PCR, dari 50.563 pasien," ujar Yurianto

Ia menyebutkan dari 50.563 orang yang diperiksa 8 ribu di antaranya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Ahli Beberkan Alasan Puasa Bisa Jadi Penangkal Virus Corona, Ternyata Ini yang Terjadi pada Tubuh Selama Bulan Ramadan!

"Dari hasil tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 8.211 orang. Total ODP yang dilakukan pemantauan di Indonesia sebanyak 197.951 orang," ungkapnya.

Melalui video conference kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah mendengar hasil penelitian di Amerika Serikat bahwa tingkat kelembaban udara, suhu udara, dan sinar matahari berpengaruh terhadap kematian virus Corona.

Instagram @jokowi
Instagram @jokowi

Presiden Joko Widodo

"Tadi pagi saya mendengar penyataan dari pejabat departemen of Homeland Security dari pemerintah Amerika Serikat yang menyampaikan hasil penelitian bahwa suhu udara, sinar matahari dan tingkat kelembaban udara sangat mempengaruhi kecepatan kematian virus Corona di udara dan dipermukaan tidak berpori," katanya.

Baca Juga: Gara-Gara Wabah Virus Corona, Artis Senior Ini Merugi Miliaran Rupiah Usai Usaha Travelnya Ditutup Sementara, 200 Jamaah Umroh Tak Jadi Berangkat: Kita Mau Memuliakan Tamu Allah

Berdasarkan penelitian tersebut, menurut Presiden semakin tinggi tingkat kelembaban dan semakin tingginya suhu akan memperpendek masa hidup virus tersebut di udara dan di permukaan tidak berpori.

Penelitian tersebut menurutnya merupakan kabar baik dan membahagiakan bagi Indonesia.

"Karena kita hidup di alam tropis, yang suhunya panas, udaranya lembab, dan kaya akan sinar matahari," katanya.

Baca Juga: Tanpa Pakai Obat, Pria Ini Dinyatakan Sembuh 100 Persen dari Covid-19, Ternyata Kuncinya Ada Pada 3 Hal Sepele Ini!

Dilansir dari laman Worldometers, secara global jumlah kematian sebanyak 191.189, sementara jumlah pasien yang sembuh sebanyak 751.408.

Sementara negara yang saat ini terdampak virus mematikan tersebut yakni sebanyak 215 negara.

Sedangkan untuk negara ASEAN, saat ini jumlah kasus positif covid-19 tertinggi yakni di Singapura sebanyak 11.155 dengan jumlah kematian sebanyak 12 jiwa, dan total yang sembuh yakni 924 orang.

Baca Juga: China Lagi-Lagi Kecolongan, Lockdown Wuhan Baru Berakhir Virus Corona Kembali Muncul Gara-Gara Hal Sepele Ini, Hingga Harus Karantina Wilayah 10 Juta Penduduknya!

Indonesia berada di peringkat kedua, sebanyak 7.775, sementara untuk total kematian Indonesia merupakan negara tertinggi sebanyak 647, dan yang sembuh 960.

Filipina memiliki kasus positif covid-19 sebanyak 7.192, meninggal 477 jiwa, dan sembuh 762 orang.

Malaysia memiliki kasus positif covid-19 sebanyak 5.691, meninggal 96 jiwa, dan sembuh 3.663 orang.Thailand memiliki kasus positif covid-19 sebanyak 2.854, meninggal 50 jiwa, dan sembuh 2.490 orang.

Baca Juga: Disebut-sebut Ramuan Anti Virus Corona, Begini Resep Praktis Minum Ramuan Tape dan Kurma ala Dokter Ternama ini yang Bisa Bantu Jaga Imunitas Tubuh Selama Ramadan!

Vietnam memiliki kasus positif covid-19 sebanyak 268, kematian nol kasus, sementara yang sembuh 225 orang.

Myanmar memiliki kasus positif covid-19 sebanyak 139, meninggal 5 jiwa, sedangkan yang sembuh sebanyak 9 orang.

Brunei Darussalam memiliki kasus positif covid-19 sebanyak 138, kematian 1 kasus, sementara yang sembuh 119 orang.

Baca Juga: Menyayat Hati, Tak Kuat Lihat Bayi dan Anaknya Kelaparan karena Kehilangan Nafkah Sejak Wabah Corona, Ibu Penjual Yogurt Nekat Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

Kamboja memiliki kasus positif covid-19 sebanyak 122, kematian nol kasus, pasien sembuh sebanyak 110.

Laos memiliki kasus positif covid-19 paling rendah di ASEAN yakni sebanyak 19, jumlah ketaian nol kasus, sedangkan yang sembuh 4 orang. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Tribun News, covid19.go.id

Baca Lainnya