Begini 3 Cara untuk Menjaga Diri Tetap Sehat dan Terhindar dari Virus Corona Saat Memasuki Bulan Ramadhan Menurut Para Ahli

Kamis, 23 April 2020 | 20:00
success magazine

ilustrasi

GridStar.ID - Tak terasa kita akan segera memasuki bulan suci Ramadhan.

Namun Ramadhan kali ini akan terasa sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ini dikarenakan adanya pandemi virus corona yang terjadi di tanah air bahkan di dunia.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Virus Corona Pangeran Harry dan Meghan Markle Kepergok Lakukan Hal ini di Jalanan Los Angeles!

Kegiatan yang rutin dilakukan di bulan Ramadhan pun harus dibatasi demi mengurangi penularan virus.

Selain itu kita juga diminta untuk menjaga diri selama bulan puasa ini dengan konsumsi makanan yang sehat.

Lalu seperti apa cara kita bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari virus selama bulan Ramadhan?

Baca Juga: Meski Tanpa Obat dan Tidak ke Rumah Sakit, Pria Ini Ungkap 3 Rahasia Sepele yang Buat Dirinya Sembuh Covid-19 dalam 3 Minggu, Apa Itu?

Dikutip dari Kompas.com ahli Gizi Komunitas dr. Tan Shot Yen mengatakan, selama puasa yang perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh tetap baik adalah dengan 3 hal, yaitu:

1. Menjaga asupan makan

Yaitu mulai dari makan sahur yang cukup, hingga berbuka puasa juga harus seimbang, atau tidak berlebihan.

Ia juga mengungkapkan pentingnya makan sahur yang memiliki cukup gizi dan nutrisi.

Hal ini juga harus dilakukan saat kita berbuka puasa, menjaga asupan makanan agar tidak berlebihan juga perlu diterapkan.

Karena kontributor daya tahan itu banyak sekali. Pertama, kualitas apa yang jadi asupan sehari-hari. Jika puasa tapi buka puasanya masih dengan makanan-makanan tinggi gula, garam, lemak, atau pangan kemasan, ya buat apa?" ujarnya.

Selain itu kita harus menjaga kebugaran tubuh dan istirahat yang berkualitas agar imun tubuh kita tetap baik juga perlu dilakukan.

Baca Juga: Terawangannya Jarang Meleset, Mbah Mijan 'Ramalkan' Virus Corona Akan Musnah di Bulan Ramadhan Karena Percaya Hal Ini: Ada yang Benar Sembuh!

2. Jaga jarak

Seperti yang selama ini diminta oleh pemerintah untuk menghindari penyebaran virus, adalah dengan menjaga jarak.

Kita juga diminta untuk berada di rumah agar tidak terpapar virus ini selama menjalani puasa.

"Mungkin daya tahan tubuh baik, tapi kita enggak perlu ngetes nyamperin virusnya dengan keluyuran. Semakin sering keluar rumah, risiko tertular dan muatan virus yang nempel makin membludak," sebut Tan.

Baca Juga: Masyarakat Selalu Diimbau untuk Berjemur, Benarkah Virus Corona dapat Mati Jika Terpapar Sinar Matahari? Begini Kata Dokter Spesialis Paru

3. Laku spiritual

Berpuasa secara fisik juga harus dibarengi dengan puasa spiritual.

" Puasa itu menahan diri, kalau kita menahan diri untuk bisa mematuhi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), akan tidak terkena virus," kata Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), dr Pandu Riono.

"Bulan puasa dapat membantu mengurangi terkena virus, dengan konsep menahan diri untuk tidak melakukan hal yang tidak perlu dan memberikan sedekah pada orang-orang yang terkena dampak PSBB," lanjutnya.

Jika semua itu dilakukan dengan tertib dan taat aturan, maka persebaran virus pun akan berhenti.

Baca Juga: Kabar Baik di Tengah Kepanikan, Ustadz Abdul Somad Ungkap Waktu Berakhirnya Wabah Virus Corona di Indonesia yang Ternyata Sudah Tertuang dalam Sebuah Hadist, Begini Penjelasannya!

"Kalau cuma sekadar puasa fisik ya akhirnya cuma nahan-nahan laper aja. Padahal kalau dibarengi kualitas spiritual, maka orang-orang ini akan menemukan ketenangan selama sholat, dzikir, dan semua ibadah yang itu juga bisa menghasilkan endorfin. Hormon rasa bahagia," kata Tan. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya