Muridnya Tak Miliki Smartphone, Laptop, dan TV, Guru Avan Tempuh 20 Kilometer Datangi Rumah Siswa Demi Tunaikan Kewajiban Mengajar: Ternyata Saya Belum Jadi Guru yang Baik

Minggu, 19 April 2020 | 18:00
Facebook/Avan Fathurrahman

Muridnya Tak Miliki Smartphone, Laptop, dan TV, Guru Avan Tempuh 20 Kilometer Datangi Rumah Siswa Demi Tunaikan Kewajiban Mengajar: Ternyata Saya Belum Jadi Guru yang Baik

GridStar.ID - Namanya Avan Fathurraman (39) salah satu guru di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Bertugas di SD Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Unggahannya beberapa waktu lalu viral di media sosial usai membagikan kesehariannya sebagai guru selama wabah virus corona.

Baca Juga: Sudah Ada Sejak 1965 Lalu, Ini Sosok June Almeida, Anak Sopir Bus yang Jadi Peneliti Perempuan Pertama di Dunia Penemu Virus Corona

Saperti diketahui, guru dan siswa diminta memanfaatkan teknologi. Materi pembelajaran diberikan secara online.

Praktiknya tak semudah itu bagi Avan dan para siswanya. Fasilitas belajar online tak dimiliki semua siswa.

Jangankan laptop, ponsel saja ada yang tak punya.

Baca Juga: Meski Banyak Pasien Sembuh dari Covid-19, Najwa Shihab Komentari Soal Prediksi Akhir Wabah Virus Corona Berakhir di Bulan Mei atau Juni: Mustahil!

Avan tak ingin menambah beban para orangtua siswa.

Ia memilih menyambangi rumah siswanya.

Satu per satu. Jarak tempuhnya tak dekat.

Baca Juga: Sudah Peringatkan Tanda-Tanda Bahaya Virus Corona Sejak 11 Bulan Lalu, Wanita Kelalawar Ini Dibungkam Mulutnya oleh sang Bos, Begini Pengakuan Peneliti Asal China!

Melalui unggahan di akun Facebook-nya, Avan Fathurrahman menceritakan pengalamannya mendatangi satu per satu muridnya untuk memandu mereka belajar di rumah.

Diunggah pada Kamis (16/04) hingga Sabtu (18/04) pagi, unggahan Avan sudah menyebar dan dibagi ulang lebih dari 5.200 kali.

Baca Juga: Bak Angin Segar di Tengah Pandemi Corona! Peneliti Ungkap Waktu yang Tepat Kemungkinan Vaksin Virus Covid-19 Akan Didistribusikan Secara Massal di Tahun Ini

"Sudah beberapa minggu saya berada dalam posisi yang dilematis. Bukan masalah rindu. Tapi tentang imbauan Mas Mentri, agar bekerja dari rumah. Ini jelas tidak bisa saya lakukan, karena murid saya tidak punya sarana untuk belajar dari rumah. Mereka tidak punya smartphone, juga tidak punya laptop. Jikapun misalnya punya, dana untuk beli kuota internet akan membebani wali murid," demikian tulis Avan.

Bahkan, kata Avan, ada wali murid yang ingin mencari pinjaman uang untuk membeli ponsel.

"Karena mendengar kabar bahwa rata-rata, anak-anak harus belajar dari HP cerdas. Saya terkejut mendengar penuturannya. Lalu pelan-pelan saya bicara. Saya melarangnya. Saya memberikan pemahaman bahwa belajar di rumah, tidak harus lewat HP. Siswa bisa belajar dari buku-buku paket yang sudah dipinjami dari sekolah. Saya bilang, bahwa sayalah yang akan berkeliling ke rumah-rumah siswa untuk mengajari," lanjut Avan dalam unggahannya.

Baca Juga: Prosesnya Bikin Ngilu! Viral Video Perempuan Ini Menahan Rasa Sakit dan Nyeri saat Tes Swab Virus Corona, Stik Panjang Ini Dimasukkan dalam Hidung Sampai 10 cm

Unggahan Avan pun mendapatkan ribuan komentar. Banyak yang mengapresiasi apa yang dilakukannya.

Saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/04) pagi, Avan menceritakan, ia mengajar di sebuah sekolah yang lokasinya ada di pelosok Sumenep, kabupaten paling timur di Pulau Madura.

"Sekolah saya kan agak pelosok. Kalau kelas VI-nya sendiri 5 orang, sedikit. Kelas V itu 4 (siswa), kelas III, 3 (siswa). Kalau siswanya (dari kelas I-VI) enggak sampai 20, karena bener di pelosok," kata Avan.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Dokter Ahli Ini Sebutkan Kebiasaan Sehari-hari yang Mudah dan Murah untuk Mencegah Terjangkit Virus Corona

"Kalau gurunya itu yang PNS itu 4. Jadi kepala sekolah 1, guru agama 1, guru olahraga 1, saya guru kelas," lanjut dia.

Meski bertanggung jawab mengampu siswa kelas VI, Avan juga keliling mengajar siswa kelas IV dan V karena rumah para siswa ini berdekatan, paling jauh berjarak 1,5 kilometer.

Dengan menggunakan sepeda motor dan dana pribadinya, Avan berangkat dari kediamannya di Dusun Toros, Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, menempuh jarak sekitar 20 km untuk menjangkau rumah siswanya. Ia memulai kegiatan ini sejak 3 pekan yang lalu, pagi hingga siang hari, 3 kali dalam satu minggu.

Baca Juga: Diprediksi Ahli Hingga Paranormal, Presiden Jokowi Optimis Wabah Corona Selesai Akhir Tahun 2020, Minta Jajarannya Bersiap Untuk Hal Baik yang Akan Booming Setelah Covid-19 Usai!

"Saya (guru) kelas VI, cuma ketika ke (rumah) siswa itu kadang siswa-siswa yang terdekat, baik kelas V, kelas IV, kelas lain, saya datangi juga, karena siswa saya juga sedikit di sekolah. Makanya, saya juga datangi yang lain-lain biar sama-sama ikut belajar," jelas Avan.

Tak semua rumah siswa bisa ia jangkau dengan kendaraan bermotor, ada juga rumah siswa yang hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Kepala sekolah pun mendukung Avan untuk tetap meneruskan kegiatan ini. "Ya betul (kepala sekolah mengizinkan), ya men-support beliau," kata dia.

Baca Juga: Bak Petir Menyambar, Tiba-tiba Mbah Mijan Tulis Pesan Perihal Nasib Wabah Virus Corona di Indonesia yang Berakhirnya Masih Menjadi Tanda Tanya Besar, Ada Apa?

Sementara itu, orangtua siswa merasa senang karena mereka merasa lebih tenang meninggalkan anaknya di rumah ketika harus pergi bekerja ke sawah atau ladang.

"Kan gini, orangtuanya itu malah mikirnya 'Aduh Alhamdulillah, untung Bapak ke sini, jadi anak-anak juga belajarnya bisa terpantau. Kebetulan kan kerjanya ke ladang, ke sawah, jadi saya agak tenang lah berangkat kerja, malah setiap hari juga enggak apa-apa, Pak' gitu," kata Avan menirukan pernyataan para orangtua siswa.

"Kalau saya ke sana itu, pertama, tanya tentang kegiatan keseharian. Jadi saya kan tahu sekarang tuntutan kurikulum tidak harus tercapai. Jadi tidak harus membebani siswa-siswa, tuntutan kurikulum harus tuntas, itu enggak. Di samping itu, saya juga meminta mereka, biasalah namanya juga guru, mengingatkan, jangan lupa shalat, ngajinya," jelas Avan.

"Misal pengetahuan soal Covid-19 ini, jadi saya juga bicara tentang itu. Yang pertama biar mereka tidak panik. Mungkin mereka tidak tahu ya apa itu corona, jadi saya sedikit berikan gambaran, tapi tidak terlalu detail. Yang penting mereka tahu sederhananya begini, terus bagaimana pencegahannya. Cuci tangan yang baik, jaga kesehatan, jaga jarak," sambung dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kisah Pak Guru Avan, Mengajar dari Rumah ke Rumah karena Siswa Tak Punya Ponsel...

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya