Dulu Jadi Artis Tercantik di Indonesia Hingga Bikin Bung Karno Tergila-gila, Nasib Bintang Film Ini Berujung Tragis, Habiskan Hidup Bersama Mucikari Hingga Susah Makan Diakhir Hayatnya

Minggu, 19 April 2020 | 19:00
Kolase foto Intisari

Dulu Jadi Artis Tercantik di Indonesia Hingga Bikin Bung Karno Tergila-gila, Nasib Bintang Film Ini Berujung Tragis, Habiskan Hidup Bersama Mucikari Hingga Susah Makan Diakhir Hayatnya

GridStar.ID - Setiap orang memiliki idolanya masing-masing.

Hal itu juga berlaku bagi Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Semasa hidupnya, pria yang akrab disapa Bung Karno itu memiliki seorang idola yang merupakan pemain film bernama Titin Sumarni.

Baca Juga: Dipaksa Keluarga Menikah dengan Ariel Noah Lantaran Hamil Duluan, Sarah Amalia Kepergok di Bali Bersama Pria Lain, Terungkap Alasan Perceraiannya Bukan karena Luna Maya!

Melansir dari Tribun Jatim, Titin Sumarni yang merupakan mojang Sunda ini, tampil pertama kali dalam film berjudul Putri Solo.

Film ini produksi perusahaan film Bintang Surabaya. Dengan kehadiran Titin, sosoknya langsung merebut hati penonton.

Titin Sumarni terlihat memiliki tahi lalat di bibirnya.

Baca Juga: Hilang bak Ditelan Bumi Usai Pelakori Nia Daniaty hingga Rumah Tangganya dengan Farhat Abbas Berujung Perceraian bak Karma, Penampilan Regina Kini Bikin Melongo Setelah Lakukan Operasi Plastik, Bikin Pangling!

Tahi lalat itu turut membuat penonton tergila-gila, karena menambah aura kecantikannya.

Kehadirannya cukup menggairahkan perfilman nasional yang saat itu menghadapi saingan film Malaysia dan India.

Bahkan, Bung Karno pun disebut-sebut sangat mengagumi Titin.

Intisari

Bung Karno dan Titin

Baca Juga: Nassar Akui Punya Banyak Kekurangan Saat Jadi Suami Muzdalifah, Pedangdut tersebut Beri Pesan Pada Fadel Islami yang Kini Nikahi Mantan Istrinya

Namun seribu sayang, karir Titin Sumarni yang gemilang di dunia film itu tak berlangsung lama, sama halnya dengan kehidupan rumah tangganya.

Film terakhir yang dia bintangi berjudul 'Janjiku' pada tahun 1956.

Saat awal ketenaran, ia bercerai dari suami pertamanya seorang pegawai negeri biasa.

Baca Juga: 3 Kali Menikah dan Kini Telah 9 Tahun Jalani Biduk Rumah Tangga yang Harmonis dengan Pengusaha Kaya Raya, Dewi Sandra Berikan Jawaban Menohok Tiap Ditanya Mengenai Kehadiran Buah Hati

Setelahnya, Titin 5 kali mengalami kawin cerai.

Dia memiliki satu anak laki-laki dari masing-masing suaminya.

Satu di antara mantan suaminya adalah seorang perwira tinggi.

Hanya saja perwira itu selalu tidak mengakui pernah jadi suami Titin Sumarni.

Intisari

Dulu Jadi Artis Tercantik di Indonesia Hingga Bikin Bung Karno Tergila-gila, Nasib Bintang Film Ini Berujung Tragis, Habiskan Hidup Bersama Mucikari Hingga Susah Makan Diakhir Hayatnya

Baca Juga: Tak Pernah Kenyang dengan Hujatan Warganet, Ningsih Tinampi Kembali Berulah Usai Ngaku Ketemu Nabi dan Malaikat, Kini Jual Obat yang Diklaimnya Bisa Sembuhkan Covid-19 Hanya Rp 35 Ribu!

Tahun 1966 secara tidak sengaja seorang wartawan menemukannya di salah satu rumah sempit di sekitar stasiun Kota Bandung.

Dia ditemukan dalam keadaan sakit parah, tidak berdaya.

Sakit yang dideritanya, ada yang menyebut paru-paru, tapi ada juga yang menyebut menderita penyakit kotor yang sudah sangat akut.

Baca Juga: Bak Hilang Rasa Kemanusiaan, Demi Sekantong Beras Rakyat Miskin Harus Rela Difoto Layaknya Tersangka dengan Pegang Kertas Bertuliskan 'Saya Orang Tidak Mampu Penerima Bantuan'

Di foto yang dimuat di koran PR orang-orang hampir tidak percaya bahwa itu adalah Titin Sumarni yang terkenal dengan kecantikannya.

Dia hidup bersama lima putranya mengandalkan belas kasihan orang dan sebagian kecil penghasilan yang diperoleh Mamih Aceng.

Saat masih aktif menjadi aktris, Titien Sumarni terkenal dengan kekayaannya.

Dia memiliki mobil lebih dari satu, beberapa bangunan rumah, perhiasan emas dan mutiara senantiasa menghiasi penampilannya.

Tribunnews

Buku Perjalanan Hidup Titin Sumarni

Baca Juga: Ngaku Habiskan Warisan Miliaran Rupiah Demi Ganti Kelamin di Thailand, Ternyata Begini Nasib Orang Tua Lucinta Luna dalam Kemiskinan

Tapi sesudahnya dia hanya memiliki 4 lembar pakaian yang sudah lusuh. Demikian pula kelima putranya yang hanya memiliki beberapa lembar pakaian.

Bantuan dari sesama artis dan kakeknya, membuatnya akhirnya bisa dirawat di Rumah Sakit Boromeous.

Hanya beberapa hari dirawat akhirnya tanggal 15 Mei 1966, dia menghembuskan napas terakhirnya dalam pelukan kelima putranya.

Baca Juga: Bercucuran Air Mata, Dewi Sandra Beberkan Perjalanan Hijrahnya, Akui Pernikahannya Dulu dengan Glenn Ferdly Berbeda Keyakinan hingga Kini Wajahnya Jadi Brand Ambbasador Kosmetik Halal

Jenazah hanya diantar tak lebih dari sepuluh orang termasuk kakek, nenek, dan kedua orangtuanya.

Tidak nampak batang hidung mantan-mantan suaminya.

Kisah hidupnya yang ditulis Lingga Wisjnu, berjudul 'Rahasia Hidup R. A. Titin Sumarni', dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : TribunJatim, GridPop.ID

Baca Lainnya