Bak Sebuah Harapan Corona Segera Berakhir, Dokter Spesialis Paru RS Persahabatan Ungkap Indonesia Sudah Lewati Fase Awal Wabah Covid-19! Tetap Waspada Ini yang Terjadi Setelahnya

Sabtu, 18 April 2020 | 18:00
Ilustrasi Freepic

Bikin Sedikit Bernafas Lega, Dokter spesialis Paru RS Persahabatan Ungkap Indonesia Sudah Lewati Fase Awal Wabah Corona! Tetap Waspada Ini yang Terjadi Setelahnya

GridStar.ID - Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Hingga kini Sabtu, (14/04) sudah 5.923 kasus terkonfirmasi.

Dengan rincian 4.796 pasien dirawat, 502 kasus meninggal dunia, dan 607 pasien dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Angin Segar untuk Tanah Air di Tengah Wabah Covid-19, 58 Negara Siap Bantu Indonesia Perangi Virus Corona, Kini Angka Pasien Sembuh Meningkat Drastis!

Penambahan kasus dari hari sebelumnya Jumat (13/04) tercatat 407 kasus baru.

Terdengar mengerikan melihat angka kasus yang semakin bertambah setiap harinya, namun ada kabar baik dibalik itu semua.

Dilansir dari berbagai sumber, Dokter spesialis paru Rumah Sakit (RS) Persahabatan dr Andika Chandra Putra menilai Indonesia sudah melewati fase inisiasi atau awal gelombang penyebaran pandemi COVID-19.

Baca Juga: Angin Segar Pertanda Virus Corona Segera Berakhir, Kaki Tangan Jokowi Sampaikan Jumlah Pasien Sembuh Terus Meningkat di 5 Provinsi, Achmad Yurianto: Ini Sebuah Optimisme Kita!

Selanjutnya, Indonesia akan memasuki fase akselerasi wabah tersebut.

"Jadi kita (di Indonesia) ini fase inisiasi, fase awal," kata Andika melalui sambungan telepon di Jakarta, Rabu (15/04).

Fase awal kemudian diikuti dengan memasuki fase akselerasi.

Ilustrasi Imun/Kompas.com

Ilustrasi Virus

Baca Juga: Kabar Baik Berakhirnya Virus Corona, 3 Vaksin Covid-19 Telah Diuji ke Tubuh Manusia, Hasilnya?

Fase itu ditunjukkan dengan laporan kasus baru yang terus meningkat.

Kemudian ada fase puncak yang ditandai dengan jumlah laporan kasus paling tinggi dibandingkan sebelum dan sesudahnya.

Seperti yang terjadi di beberapa negara lain yang mengalami gelombang kedua, maka Indonesia harus mencegah datangnya gelombang kedua penyebaran virus corona.

Baca Juga: Bak Angin Segar Pertanda Corona Segera Berakhir, Jumlah Pasien Positif di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Terus Berkurang!

Dr. Andika mengatakan, gelombang kedua tersebut dilihat berdasarkan penemuan kasus di luar negeri yang ditandai dengan pengulangan kasus infeksi pada seseorang yang telah dinyatakan negatif.

"Second wave itu saya lihat agak normal karena dalam satu pandemi kita tahu ada beberapa fase. Apalagi ini pandemi yang sifatnya infeksi. Tentu ada risiko reinfeksinya bisa saja terjadi," katanya.

Kemungkinan tersebut pun juga dapat terjadi di negara-negara lain.

Xinhua

dokter dan perawat menangani pasien virus corona

Baca Juga: Tangan Kanan Jokowi Umumkan Tak Ada THR untuk Pejabat Negara Demi Penanganan Covid-19, Bagaimana Nasib PNS dan Pensiunan?

Kebanyakan mereka melaporkan gelombang kedua penyebaran wabah tersebut dari kasus-kasus yang datangnya dari luar negara mereka.

"Jadi mereka dalam beberapa hari kasusnya zero, kemudian lockdown dikurangi. Tetapi kemudian kasusnya naik lagi dari imported cases," ujarnya.

Masyarakat juga perlu untuk lebih waspada terhadap kemungkinan penyebaran virus. (*)

Artikel ini telah tayang di GridFrame.ID dengan judul Bak Angin Segar, Dokter di RS Persahabatan Ungkap Indonesia Sudah Lewati Fase Awal Wabah Corona! Ini yang Akan Terjadi Setelahnya

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : gridfame.id

Baca Lainnya