Jauh Lebih Kaya dari Raja Minyak Arab, Hartanya Segunung Sultan Hassanal Bolkiah Sebanyak Rp286 Triliun, Disebut-sebut Miliki 600 Mobil Mewah Roll-Royce!

Minggu, 12 April 2020 | 07:30
Daily.bashkar.com

Jauh Lebih Kaya dari Raja Minyak Arab, Hartanya Segunung Sultan Hassanal Bolkiah Sebanyak Rp286 Triliun, Disebut-sebut Miliki 600 Mobil Mewah Roll-Royce!

GridStar.ID - Sultan yang satu ini kekayaannya memang tidak main-main.

Siapa sangka, kekayaan Sultan Brunei paling banyak dibandingkan dengan Sultan Arab.

Sultan Hassanal Bolkiah merupakan Raja Brunei Darussalam merupakan penguasa paling lama di dunia setelah Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Terlanjur Kaya Sampai Dijuluki Sultan Andara, Raffi Ahmad Beri ART Fasilitas Mewah dan Buat Denny Cagur Sirik: Enak Banget Lu! Main Game Aja Digaji!

Sultan Hassanal Bolkiah menjadi raja pada Oktober 1967 setelah ayahnya, Sir Haji Omar Ali Saifuddin turun tahta.

Sultan Hassanal Bolkiah dimahkotai pada Agustus 1968.

Melansir dari Bussiness Insider, kekayaan Sultan Hassanal Bolkiah ditaksir lebih besar daripada kekayaan Raja Arab Saudi loh.

Baca Juga: Merasa Dirinya Paling Sultan, Raffi Ahmad Geger dengan Andre Taulany Rebutan Tanah 2000 Meter, Suami Nagita Slavina: Gue Kira Dia Artis Biasa aja!

Kalau dihitung-hitung total kekayaan Sultan Hassanal Bolkiah mencapai 20 miliar dolar AS (sekitar Rp 286 triliun).

Yap! pastinya jumlah itu lebih tinggi dari kekayaan Raja Salman sebesar 17 miliar dolar AS (sekitar Rp 243 triliun).

Dari kekayaan yang berlimpah, pasti penasaran kan dengan hunian juga cara Sultan Hassanal Bolkiah membelanjakan hartanya?

Baca Juga: Hartanya Tak Habis 7 Turunan hingga Dijuluki Sultan Andara, Raffi Ahmad Ungkap Sosok Kakeknya yang Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Berikut ini beberapa kisah bagaimaa sultan kaya tersebut menggunakan uangnya.

Tempat tinggal Sultan Hassanal Bolkiah memang digadang-gadang jadi istana terbesar di dunia, yang diberi nama Istana Nurul Iman.

Istana megah dengan nilah lebih dari $ 350 juta (sekitar Rp 5 triliun).

Instagram/@HMJUBLIEEMAS

Jauh Lebih Kaya dari Raja Minyak Arab, Hartanya Segunung Sultan Hassanal Bolkiah Sebanyak Rp286 Triliun, Disebut-sebut Miliki 600 Mobil Mewah Roll-Royce!

Baca Juga: Kondisi Badannya Tidak Ada Keluhan Panas dan Batuk, Pasien Anak Positif Corona di Yogyakarta Sempat Jalan-Jalan di Depok, Sri Sultan Hamengkubuwono X: Mohon Doanya Agar Segera Sembuh

Dilengkapi dengan 1.788 kamar, 257 kamar mandi, 110 garasi mobil, AC yang stabil untuk 200 kuda polo sultan dan lima kolam renang dan dikatakan memiliki lebih dari 600 Rolls-Royce.

Selain itu, cerita tentang kehidupan boros keluarga Sultan Hassanal Bolkiah juga bukanlah rahasia umum.

Robert Rangel, mantan deputi sheriff di Los Angeles yang pernah menghabiskan beberapa tahun menjaga keamanan untuk Sultan dan saudaranya di LA.

Baca Juga: Begini Sekarang Nasib Mantan Suami Mulan Jameela yang Diceraikan Saat Dirinya Sukses Jadi Artis, Kini Nikah dengan Seorang Konsultan Keuangan

Ia bercerita tentang kemewahan yang tak terduga dalam 'The Organ Grinder's Monkey'.

Menurut buku itu, Sultan Hassanal Bolkiah dan keluarganya secara teratur melakukan perjalanan dengan rombongan sebanyak 150 kali.

Dia membayar Disney untuk mengirimkan tokoh taman hiburan tersebut, guna diterbangkan ke Brunei dalam rangka pesta ulang tahun anak-anak.

Baca Juga: Jenazah Ibunda Baim Wong Tiba di Rumah Duka, Sultan Djorghi dan Anisa Trihapsari Ikut Sambut: Kita Sahabat ya Langsung ke Rumah Duka

Saat keponakan berusia 14 tahun, Sultan Hassanal Bolkiah menghabiskan 500 ribu dolar AS (sekitar Rp 7,1 miliar) untuk dua mobil Bentley.

Selain itu, keluarga Sultan Hassanal Bolkiahpernah menghabiskan senilai 50 ribu dolar AS (sekitar Rp 715 juta) untuk membeli mawar saat ulang tahun salah satu kerabat.

Mawar itu digunakan untuk menghias rumah dan setelah sekitar setengah jam dilihat, mereka kemudian pergi dari rumah.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Perang Dingin dengan Mertua karena Tudingan Selingkuh, Raffi Ahmad Justru Diberi Hadiah Kursi Sultan oleh Rieta Amilia!

Berlainan dengan sang kakak adik bungsu dari Sultan Hassanal Bolkiah Jefri Bolkiah, justru dikenal memiliki sikap kurang sopan dibanding dengan sang kakak yang kini jadi perhatian dunia berkat keputusannya menerapkan hukum syariat.

Berbeda dengan kakaknya yang santun, Jefri lebih menonjol dan suka disorot oleh media.

Sayang disorotnya Jefri adalah sisi negatif sang pangeran.

Baca Juga: Hartanya Tak Habis 7 Turunan hingga Dijuluki Sultan Andara, Raffi Ahmad Ungkap Sosok Kakeknya yang Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Hidup Jefri penuh dengan hura-hura dan kemewahan.

Sifat hedonis Jefri dimulai pada tahun 1983 ketika kakaknya menunjuk ia sebagai Kepala Badan Investigasi Brunei (B.I.A).

Dengan jabatannya itu semua hal tentang negara Jefri tahu.

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Penyalahgunaan Narkoba Saat Sedang Hamil Besar, Vanessa Angel Mengaku Stres, sang Pengacara: Kemarin Ketawa Sana-sini Kayak Nggak Ada Masalah!

Bahkan pendapatan minyak negara ia kelola walaupun tanpa ada transparansi dana.

Akibatnya Jefri dapat memakai dana pendapatan itu sesuka hatinya lantaran ia keluarga kerajaan Brunei yang kebal akan hukum di negaranya.

Yang paling mencengangkan ialah saat Jefri berulang tahun ke-50.

Baca Juga: Pernikahannya 2 Kali Gagal Hingga Disebut-sebut Alami Gangguan Jiwa, Pesinetron Laga Ini Akui Hidupnya Diperbudak Suami Ketiga Usai Dipinang Pria Kaya Raya yang Usianya 16 Tahun Lebih Tua

Tak main-main, saat itu ia mengundang Raja Pop Dunia, Michael Jackson secara pribadi ke pesta ulang tahunnya sebagai bintang tamu.

Michael Jackson datang dan ia dibayar Rp 228 miliar hanya untuk menyanyi di depan Jefri. (*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Sultan Hassanal Bolkiah Miliki Kekayaan Rp286 Triliun, Begini Cara Dia Belanjakan Hartanya

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : BangkaPos

Baca Lainnya