Siapa Sangka Selain Virus Corona Infeksi Virus Ini Tak Kalah Berisikonya, Cegah dengan Vaksin 1 Tahun Sekali

Selasa, 17 Maret 2020 | 12:15
Kompas Lifestyle

Ilustrasi pemberian vaksin influenza

GridStar.ID -Mewabahnya virus corona belakangan ini menjadi perhatian bagi semua orang.

Berbagai cara pencegahan sedang digalakan di segala penjuru dunia untuk memberantas Covid-19.

Namun siapa sangka, virus influenza ternyata tak kalah berisikonya dengan virus lain seperti corona.

Baca Juga: Begini Cerita Penggali Makam Pasien yang Diisolasi, Awalnya Dikira Virus Corona Ternyata Flu Babi: Waktu Itu Was-Was, Harus Selesai dalam 2 Jam

Influenza merupakan penyakit infeksi virus akut yang menular dan menyerang saluran pernapasan.

Virus ini menyebar melalui udara dan kontak fisik seperti bersalaman dengan penderita flu.

Jika tidak diobati, penyakit ini dapat memicu kekambuhan penyakit penyerta seperti asma, atau infeksi sekunder karena bakteri.

Baca Juga: Hastag Dirumahaja Jadi Trending Topik No.1 Twitter, Ini Cara Efektif Bekerja di Rumah Selama Pandemi Virus Corona

Komplikasi akibat penyakit flu lebih berisiko terjadi pada lansia, wanita hamil, anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun, pekerja medis, dan penderita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS, penyakit jantung atau paru kronis, dan asma.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), angka kejadian influenza mencapai 5 juta kasus per tahun dan angka kematian akibat penyakit ini mencapai 500.000 kasus.

Angka kematian tertinggi pada anak di bawah usia 5 tahun akibat penyakit ini disebabkan oleh infeksi paru-paru.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Sempat Wacanakan Lockdown Demi Cegah Virus Corona, Ini Pihak-Pihak yang Menentang

Gejala influenza bisa berupa demam, meriang, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, lemas, nyeri otot, dan nyeri kepala.

Gejalanya bisa ringan namun bisa juga berat hingga memerlukan perawatan di rumah sakit.

Makanya vaksin influenza sangat berguna untuk meminimalisir risiko terserang flu dan penularannya.

Baca Juga: Curhat Pasien yang Sembuh dari Covid-19, Menangis di Ruang Isolasi Karena Hal Ini dan Beri Peringatan: Virus Ini Tak Pandang Bulu

Vaksin influenza merupakan perlindungan terbaik terhadap flu terlebih di saat musim pancaroba yang rentan menyebabkan flu.

Kendati terdengar seperti penyakit ringan, nyatanya influenza bisa menimbulkan masalah besar bagi sebagian orang.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian vaksin influenza bagi bayi usia 6 bulan ke atas, kecuali mereka yang memiliki alasan atau kondisi medis yang tidak diperbolehkan menerima vaksin ini.

Baca Juga: HOAX: Minum Rebusan Air Bawang Putih Dapat Obati Virus Corona, Ini Fakta yang Diungkap Ahli Vaksin!

Namun ketika seseorang mendapat vaksin influenza, vaksin yang ada ini ternyata hanya dapat bertahan selama kurang lebih setahun.

Lama tidaknya pengaruh vaksin influenza pada tubuh seseorang ini sangat dipengaruhi oleh mutasi virus.

"Oleh karena itu, vaksinasi influenza perlu dilakukan secara rutin setiap tahun. Untuk efektivitasnya, vaksin influenza membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu dalam proses membentuk antibodi setelah vaksinasi dilakukan," kata Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Cissy B Kartasasmita seperti dilansir dari Gridhealth.ID.

Baca Juga: Bak Cenayang, Buku Ini Disebut-sebut Ramalkan Wabah Virus Corona Sejak Tahun 1981, Sosok Penulisnya Ungkap Virus Wuhan-400 Bocor dari Laboratorium Militer

Vaksin ini dikenal dengan nama vaksin influenza kuadrivalen, dalam laporan The need for quadrivalent vaccine against seasonal influenza (2010).

Melansir Gridhealth.ID, data Indonesia Total Market Audit Q1 2017 menunjukkan, jumlah vaksinasi influenza yang dilakukan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, hanya berkisar 500.000 dosis vaksin per tahun.

Jika ditinjau dari sisi kelompok berisiko, cakupan vaksinasi influenza di kalangan petugas kesehatan di Indonesia pun masih terbilang rendah bila dibandingkan dengan Singapura, Korea Selatan dan Thailand.

Baca Juga: Sekolah di DKI Jakarta Diliburkan 2 Minggu Guna Antisipasi Virus Corona, Aming: Jangan Malah pada Ngemall! Jangan Egois!

Negara-negara tersebut mewajibkan vaksinasi influenza secara rutin setiap tahun untuk melindungi petugas kesehatan serta mencegah penularan influenza kepada pasien.

"Vaksinasi influenza ini efektif memberikan perlindungan hingga 90% bagi seseorang yang menerima vaksin dalam kondisi sehat, berusia kurang dari 65 tahun," jelas Cissy. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya