Awalnya Cuma Dianggap Obat Malaria, 100 Pasien Sembuh dari Virus Corona Gara-Gara Kosumsi Ekstrak dari Pohon Ini, kok Bisa?

Senin, 16 Maret 2020 | 12:45
Alchetron

100 Pasien Sembuh dari Virus Corona Gara-gara Kosumsi Ekstrak dari Pohon Ini, Begini Penjelasan Ilmiahnya!

GridStar.ID - Virus Corona yang mengegerkan dunia kini mulai masuk di Indonesia.

Sontak, hal tersebut membuat tak sedikit masyarakat merasa panik.

Hingga kini, banyak masyarakat meyakini corona bisa disembuhkan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara ini.

Baca Juga: Minta Anak-anak Belajar di Rumah Selama Pandemi Virus Corona, Ganjar Pranowo Tegaskan: Jangan Diajak Piknik! Ini Tujuan dari Social Distancing untuk Memperlambat Penularan Covid-19

Seratus pasien virus corona di China terbukti sembuh setelah menjalani pengobatan dengan menggunakan tanaman Pohon Kina.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam acara Mata Najwa yang diunggah di kanal Youtube Najwa Shihab, Kamis (12/03).

"Ada berita baik dari Jawa Barat, menurut National Health Institute di Amerika dan Wuhan China itu ada 100 yang sembuh oleh obat yang bahasa lazimnya Kina," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Tantri Kotak Bantah Anak Keduanya yang Tengah Dirawat Intensif Terkena Virus Corona Saat Usianya Baru 16 Hari, Begini Fakta Sebenarnya!

"Jadi pohon Kina ini ada di Jawa Barat dan sedang distudi, saya tugaskan universitas, mudah-mudahan berita baik ini sudah teruji di Wuhan 100 sembuh itu ternyata obat herbalnya ada di kita, Kina yang diproduksi Kimia Farma sebelumnya untuk mengobati malaria,"

"Mudah-mudahan kita doakan bisa untuk mencegah penularan dan mematikan pertumbuhan Virus Corona," lanjutnya.

Cara kerja tanaman Kina untuk Sembuhkan Pasien Corona

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Batasi Penggunaan Transportasi Umum, Begini Poret Puluhan Orang Rela Antrean Panjang hingga Turun ke Jalan Raya Demi Naik Bus TransJakarta, Simak Rute yang Masih Beroperasi!

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (12/03) Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran, Keri Lestari mengatakan bahwa klorokuin fosfat yang ditemukan dapat memblokir infeksi Covid-19 pada konsentrasi mikromolar rendah.

“Klorokuin biasanya digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria dan berkhasiat sebagai agen anti-inflamasi untuk pengobatan rheumatoid arthritis dan lupus erythematosus,” tutur Keri.

Klorokuin fosfat telah menunjukkan aktivitas yang nyata dengan tingkat keamanan yang dapat diterima dalam mengobati pneumonia pasien Covid-19, dalam uji klinis multisenter yang dilakukan di China.

Baca Juga: Tak Perlu Panik Jika Ditanya Anak Mengenai 'Apa Itu Virus Corona?', Begini Cara Mengedukasinya

"Penelitian mengungkapkan bahwa klorokuin juga memiliki potensi aktivitas antivirus spektrum luas dengan meningkatkan pH endosom yang diperlukan untuk fusi virus atau sel, serta mengganggu glikosilasi reseptor seluler SARS-CoV," lanjutnya.

Selama ini, klorokuin diproduksi di pabrik milik Kimia Farma di Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

Namun sejak tahun 2016, produksi ekstrak kina ini dipindah ke pabrik Kimia Farma di Banjaran, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Warga India Ramai-Ramai Tenggak Urine Sapi, Percaya Bisa Jadi Obat Mujarab Virus Corona: Kami Sudah Minum Urine dan Mandi Kotoran Sapi 21 Tahun dan Tak Merasa Perlu Konsumsi Obat Luar Negeri

"Beruntunglah Jawa Barat, punya kebun kina di Bandung. Akan sangat mungkin jika produksi obat yang dinyatakan ampuh melawan virus corona ini, kembali diproduksi di Jawa Barat," tuturnya.

Penelitian lanjutan tentang klorokuin fosfat sebagai obat virus corona ini akan dilakukan kembali di Universitas Padjadjaran dan obatnya kembali diproduksi di Bandung.

"Kalau mau dikembangkan kembali sangat bisa. Kami sudah berkomunikasi dengan Kimia Farma, mereka sudah pertimbangkan untuk produksi kembali," jelasnya.

Baca Juga: 5 Tahun Mengabdi Tangani Penyakit Khusus Isolasi, Ini Sosok Perawat Wita Tamala yang Jaga Pasien Corona, Selalu Dapat Pesan Khusus dari Keluarga hingga Curhat dengan Pasien

Berikut ini Tribunnews.com rangkum beberapa manfaat menguntungkan dari pohon kina, dilansir Rain-tree.com dan Medlineplus.gov, Kamis (12/03).

1. Sebagai obat malaria

Manfaat dari tanaman herbal ini sudah dipercaya sejak dulu, terutama sebagai obat malaria.

Manfaat tanaman ini berasal dari kandungan alkaloid dan kuinina dalam pohon kina.

Baca Juga: Pemerintah Wanti-Wanti Kerja dari Rumah, Ayu Ting-Ting Nekat Tetap Gelar Konser di Tengah Wabah Virus Corona: Insya Allah Enggak Kenapa-Kenapa, Nanti Masuknya Dicek Suhu Badannya

Ini dapat membantu meringankan gejala malaria dengan cara membunuh dan menghalangi pertumbuhan parasit malaria yang ada dalam aliran darah.

2. Mengatasi masalah pencernaan dan untuk merangsang cairan pencernaan

Pohon kina juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Kulit pohon kina dapat merangsang produksi cairan pencernaan yang mengandung enzim yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan.

Baca Juga: Sudah Dinyatakan Negatif pada 3 Maret Lalu, Pasien Meninggal Dunia yang Dirawat di RS Dr Hafiz Cianjur Ternyata Positif Virus Corona, Pihak Rumah Sakit Buka Suara

Selain itu, dapat mengatasi parasit dan protozoa dalam usus yang dapat menyebabkan berbagai masalah dalam pencernaan.

3. Mengatasi kram pada kaki

Pohon kina juga bermanfaat sebagai obat kram kaki.

Manfaat ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, seperti penelitan pada tahun 1998 yang merekam efek positif dari kina untuk kram kaki dan menunjukkan tinitus sebagai satu-satunya efek samping.

Baca Juga: Kondisi Badannya Tidak Ada Keluhan Panas dan Batuk, Pasien Anak Positif Corona di Yogyakarta Sempat Jalan-Jalan di Depok, Sri Sultan Hamengkubuwono X: Mohon Doanya Agar Segera Sembuh

Penelitian lainnya pada tahun 2002, menunjukkan bahwa pemberian kina efektif untuk menurunkan intensitas, frekuensi, dan nyeri kram kaki tanpa menimbulkan efek samping.

4. Kesehatan jantung

Pohon kina juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Penggunaan kina untuk jantung telah dilakukan sejak akhir abad ke -17.

Baca Juga: Dokter Gedung Putih Tak Karantina Donald Trump Usai Pertemuannya dengan Presiden Brasil yang Positif Virus Corona, Orang Nomor 1 di Amerika Ini Sempat Abaikan Larangan Berjabat Tangan

Manfaat ini berasal dari zat alkaloid yang ditemukan dalam pohon kina yakni, kuinidin.

Kuinidin dihasilkan dari kina alami, yang saat ini masih digunakan sebagai obat untuk aritmia.

Selain empat manfaat tersebut, pohon kina juga mampu membantu mengobati parasit usus dan protozoa, amebisida, analgesik (penghilang rasa sakit), antibakteri, antijamur, antiseptik, astringen, stimulan pencernaan, obat penurun panas, insektisida, saraf (keseimbangan / saraf tenang), neurasthenic (mengurangi nyeri saraf). (*)

Artikel ini telah tayang di GridFame.id yang berjudul100 Pasien Bisa Sembuh dari Virus Corona Setelah Mengonsumsi Ekstrak dari Pohon Ini, Kok Bisa?

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : gridfame.id

Baca Lainnya