Follow Us

Nyesel Baru Tahu, Apakah Penderita Maag Aman Vaksin Covid-19? Ini Penyakit Pencernaan yang Tak Bisa Imunisasi

Rahma - Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:10
Ilustrasi Vaksin Covid-19
iStockphoto

Ilustrasi Vaksin Covid-19

GridStar.ID - Vaksinasi Covid-19 terus gencar dilaksanakan.

Suntikan vaksin Covid-19 telah diberikan pada jutaan masyarakat Indonesia.

Namun masih ada beberapa golongan yang belum bisa divaksin lantaran memiliki riwayat penyakit tertentu.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Penderita Maag Akut Tak Perlu Khawatir, Cuma Pakai Tanaman yang Mudah Ditemukan Ini Lambung Sembuh Seketika

Salah satu keraguan datang dari para penderita asam lambung.

Ketakutan akan dampak vaksin seolah menghantui para penderita asam lambung sehingga mengurungkan niat divaksin.

Sebenarnya aman tidak ya penderita asam lambung mendapat suntikan vaksin Covid-19?

Yuk simak penjelasan ahli berikut ini.

Penyuntikan vaksin Covid-19 (virus corona) diketahui saat ini penting untuk dilakukan untuk menekan laju pandemi.Diketahui selain menjalankan protokol kesehatan, penyuntikan vaksin Covid-19 saat ini menjadi yang paling efektif dalam mencegah penyebaran infeksi virus corona.Dalam artikel berjudul "Why vaccination is safe and important" yang dilkutip dari nhs.uk (30/3/2021), disebutkan bahwa orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.Artinya jika kita disuntik vaksin Covid-19, maka sistem kekebalan kita akan mengenal dan terlatih dalam melawan Covid-19 sehingga infeksi virus tersebut bisa diminimalisir.Meski demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat menerima suntikan vaksin Covid-19 ini.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Dulu Gembar Gembor Jadi Wanita Simpanan Penceramah Kondang, Kini Pedangdut Ini Dikabarkan Sakit Kanker Stadium Akhir, Terpaksa Harus Pakai Payudara BuatanMulai dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, memiliki tekanan darah tinggi 180/110, menderita alergi, menderita penyakit autoimun, saluran pencernaan kroni dan lain sebagainya.Melihat hal itu tentu memunculkan pertanyaan, salah satunya bagi penderita asam lambung tinggi (GERD), apakah mereka termasuk kelompok yang diperbolehkan vaksinasi atau tidak?

Melansir dari indonesiabaik.id, penyakit saluran pencernaan kronis yang tidak bisa menerima vaksinasi adalah celiac disease dan penyakit radang usus.

Source : Gridhealth

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest