Follow Us

Pulang Ibadah di Tanah Suci, Artis Senior Ini Ngaku Mantap Pindah Agama, Begini Perjalanan Spiritualnya

Yulia Susanti - Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:15
Lukman Sardi
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG

Lukman Sardi

GridStar.ID - Lukman Sardi sempat gegerkan jagat maya tanah air.Bagaimana tidak, aktor senior ini memilih pindah agama setelah pergi umrah.Ia pun menceritakan perjalanan rohaninya sehingga memilih Kristen.

Baca Juga: Padahal Jadi Aktor Besar, Rumah Lukman Sardi Malah Didatangi Petugas PLN yang Ancam Bakal Putus Listrik Kediamannya Kalau Masih Telat Bayar TagihanHal itu diungkapkan saat dirinya diundang di YouTube Daniel Mananta Network pada (28/07).Suami Pricillia Pullunggono itu berkata jika ia pindah keyakinan karena petuah sang kakek.Sang kakeknya pernah berpesan soal kekuatan kasih Tuhan dalam alkitab.Baca Juga: 3 Kali Menjanda, Begini Kabar Artis Lawas Satu Ini yang Pilih Mundur dari Dunia Hiburan di Tengah Namanya Naik Daun Usai Alami Masalah Keluarga

Melansir Korankompas.com, Pada masa itu gue merasa nggak mau mikirin (pacaran) beda agama. Latar belakang keluarga gue juga nggak sama semua. Sepupu gue ada yang Katolik atau apa. Bahkan adik gue yang kecil lebih ke Katolik. Ini bukan kejadian yang aneh,” katanya.“Sebenarnya yang punya influencer yang dalam itu dari opa gue dari mama Marini. Dia itu tentara tapi dia lembut, dia orang jujur, nggak pernah marah dan base on kasih,” katanya.Lukman pun menceritakan soal sang opa yang membuat buku perjalanan cintanya. Dalam buku tersebut, sang opa menyelipkan tulisan kepada cucu-cucunya satu per satu.

Baca Juga: Artis Lawas yang Diidolakan Bung Karno Ini di Akhir Hayatnya Mengalami Nasib Menyedihkan“Pada saat itu ada ulang tahun pernikahan opa oma gue 50 tahun. Opa itu bikin buku cerita tentang perjalanan cintanya. Dia nyelipin tulisannya ke gue itu tentang kasih. Itu impact yang gede buat gue,” sambungnya.“Dari situ gue melakukan perjalanan mencari tahu. Gue diajarin jadi muslim yang baik tapi bukan jadi fanatik. Selama perjalanan itu timbul banyak pertanyaan. Tapi nggak dapat jawaban yang pas,” ucapnya.“Perjalanan itu lumayan panjang. Sampai di momen hubungan kita menuju serius. Jadi gue merasa nyaman sama dia (Pricillia Pullunggono). Sampe ada momen lumayan krusial, gue berdoa ke Tuhan, lo kasih tau jalan gue harus ngapain dulu. Gue pasrah,” imbuhnya.Baca Juga: Pantas Berhenti Main Belakang dengan Artis Senior, Hotman Paris Disebut Bakal Hancur Jika Berani Selingkuhi Istri, Sang Pengacara Tak Berkutik Gegara Hal Ini

Namun tak disangka Lukman Sardi, malah mendapat hadiah pergi umrah gratis sebagai bentuk hadiah karena film tersebut sukses di layar lebar.“Sampai besokannya gue sadar ini jawaban doa gue. Gue ikut film Nagabonar Jadi 2 dan itu box office. Dia ngasih bonus umrah. Padahal gue lagi dalam perjalanan (spiritual) ini,” katanya.“Gue jalanin umrah sebagai umat Islam. Pas tawaf itu gue ngerasa bukan hal yang mudah untuk sampai di ujung. Semua emosi gue marah banget karena gue nggak nyampe-nyampe gue kata-katain semua orang,” tambahnya.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Nagita Slavina Lagi Hamil Anak Kedua, Raffi Ahmad Malah Sesumbar Ingin Nikahi Artis Senior Ini hingga Lakukan Hal Spesial di Hari Ulang Tahun: Cita-Cita“Sampai akhirnya gue diingetin tulisan opa gue tentang kasih itu. Akhirnya gue diem dulu, gue jalanin konsep dulu. Ada orang yang lewat gue kasih, tiba-tiba gue nggak sadar, gue sudah di ujung,” ujarnya.Saat berada di Hajar Aswad, Lukman mengaku mendapat kesempatan menciumnya lebih lama dibanding orang lain.“Gue nyium dan dikasih waktu ekstra terus gue nangis sejadi-jadinya. Itu kasih yang gue cari,” lanjutnya.

Baca Juga: Tenggelam dari Dunia Hiburan, Sosok Artis Senior Ini Ternyata Rela Jadi Istri Keempat Seorang Pengacara Demi Dapatkan Hak Asuh Anak

Pun sepulang umrah, akhirnya anak Pasangan almarhum Idris Sardi dengan Zerlita memantapkan diri pindah agama.Namun saat itu, dia menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.“Makanya waktu gue pulang walau dari umrah itu konsep kasih yang luar biasa. Akhirnya gue pulang lumayan bulat bahwa ini yang gue jalani,” katanya.(*)

Source : YouTube

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest