Follow Us

Secercah Harapan Baru di Tengah Pandemi, Kuba Klaim Temukan Vaksin Covid-19 dengan Efikasi 92,28 Persen! Ampuh?

Tiur Kartikawati Renata Sari - Rabu, 23 Juni 2021 | 23:00
Ilustrasi vaksin Covid-19
kompas.com

Ilustrasi vaksin Covid-19

GridStar.ID - Vaksinasi covid-19 di Indonesia masih berjalan.

Belum semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi covid-19 lantaran jumlah pengiriman vaksin dari produsen yang masih terbatas.

Namun demikian, beberapa perusahaan farmasi terus mengembangkan vaksin covid-19 baru.

Baca Juga: Sesak Napas Positif Covid-19 hingga Autoimun Kambuh Saat Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Ashanty Pilih Jadi Relawan Vaksin Nusantara?

Kuba mengumumkan bahwa salah satu kandidat vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan di negara itu berhasil mencapai efikasi 92,28 persen.

Setelah melalui tahap akhir uji klinis, efikasi sebesar 92,28 persen itu berhasil dicapai oleh vaksin Abdala, yang diberikan dalam tiga dosis.

Melansir Anadolu Agency, Selasa (22/6/2021) kabar tersebut disampaikan oleh Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel melalui akun Twitter-nya pada Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Kemenkes Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Tidak Bakal Terhambat di Bulan Ramadhan: Kondisi Tubuh Tidak Akan Berpengaruh

"Diterpa dua pandemi (COVID19 dan blokade AS), ilmuwan kami dari Finlay Institute and the Center for Genetic Engineering and Biology (CIGB), telah melewati semua rintangan dan memberi kami dua vaksin yang sangat efektif: SOBERANA 02 dan Abdala," tulis Miguel.

Melebihi ambang batas WHO

Jika efikasi itu berhasil dibuktikan, maka vaksin Abdala telah melebihi ambang batas efikasi 50 persen yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terkait izin penggunaan darurat suatu vaksin.

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest