Follow Us

Jangan Gegabah, Begini Hal Pertama yang Harus Dilakukan Kaum Hawa untuk Mengobati Keputihan Menurut Ahli!

Yulia Susanti - Minggu, 07 Maret 2021 | 23:00
Jangan Gegabah, Begini Hal Pertama yang Harus Dilakukan Kaum Hawa untuk Mengobati Keputihan Menurut Ahli!
Freepik.com

Jangan Gegabah, Begini Hal Pertama yang Harus Dilakukan Kaum Hawa untuk Mengobati Keputihan Menurut Ahli!

GridStar.ID - Keputihan sering alami oleh tak sedikitnya perempuan.Hampir semua kaum hawa pasti pernah mengalami ini.Namun, pengobatan untuk keputihan jangan sembarangan.

Baca Juga: Rina Gunawan Meninggal Dunia, Penampilannya Sempat Jadi Sorotan Usai Lakoni Diet Sehat hingga Turun 30 Kilogram Selama 5 Bulan dengan Konsumsi Oatmeal dan Air PutihMeski begitu, keputihan sebenarnya normal terjadi kok.Hal itu berasal dari kelenjar pada dinding vagina dan leher rahim yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita.Akan tetapi, ternyata ada pula sebagian wanita yang mengalami keputihan abnormal.Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis Kuliner dari Rumah? Ikuti Kursus Masak Online Sajian Sedap Yuk!

Jika mengalami kondisi itu, pengobatan pun sebaiknya segera dilakukan.Pasalnya, keputihan abnormal yang dibiarkan terus menerus nantinya bisa membahayakan organ intim.Lantas, seperti apa pengobatan keputihan yang tepat?

Baca Juga: Tips Diet ala Tya Ariestya, Dilarang Keras Lakukan Olahraga IniKepada Nakita.id, dr. William Wahono, Sp.OG, Dokter Kandungan dari Klinik Fertilitas Bocah Indonesia mengatakan, ada dua jenis keputihan yang umumnya dialami seorang wanita.Yaitu, keputihan normal dan abnormal.Ciri-ciri di antara keduanya pun berbeda, mulai dari warna, bau, intensitas dan waktu munculnya, hingga bentuknya.Baca Juga: Tips Diet Ampuh Tetap Makan Nasi, Satu Minggu Dijamin Turun 4 Kg!

“Jadi, keputihan itu ada dua, yaitu keputihan yang normal dan abnormal. Keputihan yang normal itu keputihan yang jarang terjadi, hanya sesekali. Warnanya bening, tidak gatal, tidak berbau,” jelas dr. William.“Biasanya lendir itu akan lebih banyak keluar saat masa subur. Disebut keputihan normal, karena cairan tersebut diproduksi oleh mulut rahim ketika sedang subur,” sambungnya. “Sementara itu, ciri-ciri keputihan abnormal adalah jumlahnya banyak, berbau amis, bisa berwarna kuning kehijauan, bentuknya bisa bergumpal-gumpal seperti kepala susu basi, terasa gatal, dan muncul setiap hari,” ujar dr. William saat dihubungi secara virtual oleh Nakita.id, Jumat (05/03).

Baca Juga: Masih Ingat Bams Eks Samson? Mantan Pacar Nia Ramadhani Ini Kehilangan 22 Kg Hanya dalam Waktu 3,5 Bulan, Ini Tips Dietnya!Jika Moms mengalami salah satu ciri dari keputihan abnormal, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.Sebab, keputihan abnormal ini bisa menandakan adanya sel yang radang serta tanda-tanda infeksi, sehingga akhirnya memproduksi banyak cairan.Akan tetapi, jangan sekali-kali sembarangan dalam mengobati keputihan.Baca Juga: Tips Diet ala Suzy, Pemeran Seo Dal Mi dalam Drakor Start Up

Pasalnya, menurut dr. William, penanganan keputihan tergantung pada penyebabnya.Adapun beberapa penyebab keputihan, antara lain, kuman, bakteri, hingga jamur.“Pengobatan untuk keputihan sendiri tergantung pada hasil pemeriksaannya. Pasalnya, keputihan abnormal ini bisa disebabkan oleh berbagai infeksi. Mulai dari kuman chlamydia, bacterial vaginosis, jamur, hingga trikomonas. Jadi, dokter akan mengobati sesuai penyebabnya,” kata dr. William Wahono, Sp.OG, Dokter Kandungan, Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Baca Juga: Tips Diet ala Suzy, Pemeran Seo Dal Mi dalam Drakor Start UpSayangnya, ternyata sampai saat ini, masih banyak orang yang keliru.Ya, dr. William mengatakan, ada banyak pasien yang langsung meminta obat keputihan tanpa pemeriksaan.Hal itu tentu tidak diperbolehkan, karena obat yang diberikan dikhawatirkan tidak sesuai dengan kondisi pasien.

Baca Juga: Masih Ingat Bams Eks Samson? Mantan Pacar Nia Ramadhani Ini Kehilangan 22 Kg Hanya dalam Waktu 3,5 Bulan, Ini Tips Dietnya!“Sering kali belum diperiksa atau bahkan enggan diperiksa, lalu meminta obatnya. Mengapa pemeriksaan penting dilakukan? Sebab, obat yang diberikan bisa tidak tepat dengan kondisi yang dialami pasien,” ucap dr. William dalam wawancara eksklusif bersama Nakita.id.“Kalau penyebabnya sudah diketahui, obat yang diberikan bisa lewat bawah, bisa juga obat minum,” tutupnya.(*)Artikel ini telah tayang di Nakita.ID yang berjudul Jangan Buru-buru Membeli Obat di Apotek, Ini Hal Pertama yang Sebaiknya Dilakukan Jika Mengalami Keputihan yang Bermasalah

Source : Nakita.ID

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest