Follow Us

Mulai Sekarang Tak Perlu Khawatir! Begini Pola Asuh Banyak Anak di Tengah Pandemi yang Diterapkan oleh Mona Ratuliu dan Indra Brasco

Yulia Susanti - Senin, 01 Maret 2021 | 11:32
Mulai Sekarang Tak Perlu Khawatir! Begini Pola Asuh Banyak Anak di Tengah Pandemi yang Diterapkan oleh Mona Ratuliu dan Indra Brasco
instagram.com/monaratuliu/

GridStar.ID - Saat ini dunia masih memerangi pandemi Covid-19 yang masih merajalela.Kondisi ini tak sedikit merubah kehidupan masyarakat tanah air.Bahkan, membuat sejumlah orang tertekan dan stres.

Baca Juga: Nama Enji Baskoro Mendadak Mencuat, Ngaku Ikut Prihatin dengan Gagalnya Pernikahan Ayu Ting Ting hingga Singgung Soal Hak Asuh Anak Kandungnya, Ada Apa?Khususnya bagi orang tua yang memiliki anak yang masih sekolah.Diketahui, satu tahun sudah anak-anak masih belajar di rumah.Beberapa oang tua tentunya kelabakkan dengan situasi seperti ini.Baca Juga: 4 Tahun Berseteru, Atalarik Syach Beberkan Alasannya Minta Hak Asuh Anak, Tuding Tsania Marwa Pilih Kasih hingga Ultimatum Soal Cincin Tunangan: Dia Nggak Peduli Anak Perempuannya!

Melansir Nakita.ID, hal tersebut juga dirasakan oleh pasangan artis ternama Mona Ratuliu dan Indra Brasco.Mona mengaku, awal pandemi memang dirinya merasa begitu kesulitan karena memiliki 4 orang buah hati."Awal pandemi keos banget sih, aku hamil kan cepat muntah, terus Nahla itu kan enggak suka buka gadget, dia kan lebih suka gerak nari, joget, dan lainnya.

Baca Juga: Gonjang-Ganjing Hak Asuh Gempita Diperdebatkan, Gading Marten Bakal Boyong Anak Semata Wayangnya Pindah ke Bali, Bagimana Nasib Gisella Anastasia?Hal tersebut lah yang mmebuat kita mau enggak mau harus menemani dia belajar dari buka laptop sampai selesai," ungkap Mona Ratuliu dalam acara Penutupan Ajang Cussons Bintang Kecil 9 yang bertemakan 'Eksplorasi Dunianya', Minggu (28/02).Akan tetapi, meski sempat mengalami kesulitan suami Mona mengaku bahwa adanya pandemi bisa jadi ruang belajar bagi orang tua."Bisa jadi kelas belajar, menjadi orang tua memang tidak harus berhenti belajar," timpal Indra Brasco.Baca Juga: Ditetapkan Jadi Tersangka, Gisella Anastasia Telan Pil Pahit Terancam Kehilangan Hak Asuh Anak Jika Terbukti Lakukan Hal Ini: Dialihkan ke Ayahnya

Pola asuh yang dijalankan Mona dengan Indra adalah menuruti keinginan sang buah hati saja."Kita kaya yang tipikal anaknya begini ya berarti kita harus begini gitu," tambah Indra.Menurut salah seorang psikolog bernama Vera Itabiliana Hadiwidjojo dalam acara tersebut, pola asuh yang dijalankan Mona dan Indra adalah Intuitive Parenting.

Baca Juga: Hak Asuh Anak Jatuh ke Tsania Marwa, Kuasa Hukum Beberkan Kelakuan Atalarik Syach yang Main Curang: Izin Diajak Makan sampai Sekarang Nggak Dilepas-lepasIntuitive Parenting/IP (pengasuhan intuitif) merupakan pendekatan pengasuhan dimana orangtua lebih mengandalkan apa yang dipikir baik untuk anak dengan memegang prinsip-prinsip antara lain:1. Menjadikan anak percaya diri, cerdas dan sehat emosi.2. Orangtua IP yakin pada inner parenting voice yang ada di diri mereka.3. Berikan atensi penuh pada anak.Baca Juga: Lepas Hijab hingga Kehilangan Hak Asuh Anak Usai Bercerai, Artis Cantik Ini Bahkan Pernah Dipasung Ibu Kandungnya di Rumah Sakit, Ada Apa?

4. Berikan respons secara intuitif & alami, sebagaiman respon normal sebagai orangtua.5. Mengikuti anak, dalam arti menyesuaikan pengasuhan dengan usia anak, temperamen, level pengetahuan anak & perkembangan otak anak.6. Orangtua IP tahu tidak ada satu metode yang bisa menyelesaikan semua masalah; setiap anak unik sehingga butuh metode pendekatan yang berbeda-beda pula.

Baca Juga: Dituding Tak Beri Izin Putrinya Bertemu Ayah Kandung, Imel Putri Justru Tinggalkan Anak Sirajuddin Sendiri Lantaran Hal Ini, Begini Perlakuan Zaskia Gotik saat Ibunda Aqila Sakit7. Orangtua IP tidak tergesa-gesa menginginkan anak untuk mencapai kemampuan di atas usianya. Semua kemampuan ada waktunya.8. Orangtua IP selain sebagai main caregiver, juga partner bagi anak dalam tumbuh kembangnya.9. Orangtua IP menyadari bahwa anak butuh eksplorasi, mencoba dan berbuat kesalahan dalam proses belajarnya.(*)

Source : nakita.grid.id

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular