Follow Us

Benarkah Konsumsi Timun dapat Menghambat Darah Mentruasi, Mitos atau Fakta?

Yulia Susanti - Jumat, 27 November 2020 | 06:30
Benarkah Konsumsi Timun dapat Menghambat Darah Mentruasi, Mitos atau Fakta?
Freepik.com

Benarkah Konsumsi Timun dapat Menghambat Darah Mentruasi, Mitos atau Fakta?

GridStar.ID - Terdapat mitos dan fakta dampak makan timun pada perempuan.Makan timun saat menstruasi disebut berdampak buruk.Pasalnya getah yang ada dalam mentimun dapat menghalangi menstruasi.

Baca Juga: Padahal Kerap Disantap Bersama-sama, Jangan Campur 3 Bahan Makanan Ini dengan Nasi Goreng Ternyata Bisa Sebabkan Keracunan hingga Hal Fatal!Salah satunya informasi yang menyebutkan bahwa makan timun saat haid bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim dan memicu kanker ovarium.Sebenarnya tidak ada hubungan antara makan timun dengan menstruasi.Makan timun juga tidak akan memberikan dampak yang berarti terhadap menstruasi. Hal itu merupakan mitos yang beredar di masyarakat Indonesia.Baca Juga: Dianjurkan Ustaz Abdul Somad, Perempuan Ini Rutin Konsumsi Jus Timun Selama 7 Hari dan Buktikan Khasiatnya, Begini Hasilnya pada Tubuh!

Jika suka makan timun, silakan makan meskipun sedang menstruasi atau baru selesai menstruasi karena hal itu sangatlah aman.Menurut dokter spesialis kandungan, mitos makan timun saat haid menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim tidaklah benar.Darah haid tidak akan tersisa di dinding rahim, selesai menstruasi, berarti darah memang sudah bersih. Proses menstruasi akan sama setiap siklusnya.

Baca Juga: Biasa Dimakan Sejuta Umat, Ternyata Makan Nasi Goreng Dicampur Timun Bisa Sebabkan Penyakit Saraf hingga Kanker, Kok Bisa?Dari hari awal sampai maksimal tiga hari itu adalah proses utamanya, dinding rahim bagian dalam meluruh dan banyak jaringan endometrium yang luruh.Endometrium yang banyak memiliki jaringan darah ini menjadi penyebab mengapa tiga hari pertama menstruasi darah yang keluar menjadi kehitaman.Tapi dinding rahim ini lama-lama bersih karena terjadi penutupan sampai hari ke tujuh, hanya tinggal flek sampai akhirnya bersih.Baca Juga: Jangan Dijadikan Hidangan Buka dan Sahur, Hati-Hati Campur Nasi Goreng dengan 3 Bahan Pelengkap Ini, Salah Satunya Sebabkan Racun Mematikan!

Jadi, hal yang wajar jika pada awal menstruasi darah yang keluar tidak berwarna merah.Yang perlu diingat adalah bahwa pada saat proses pembersihan, wajar pula jika masih ada beberapa darah yang masih menetes berupa flek.Pada akhirnya beberapa hari kemudian saluran pembuluh darah akan menutup sempurna.

Baca Juga: Padahal Kerap Disantap Bersama-sama, Jangan Campur 3 Bahan Makanan Ini dengan Nasi Goreng Ternyata Bisa Sebabkan Keracunan hingga Hal Fatal!Benarkah timun menghambat darah menstruasi?Jika mengira bahwa darah yang berwarna agak kehitaman adalah darah yang tersisa di dinding rahim karena makan timun saat haid, hal ini tentu tidak benar.Jika memiliki pertanyaan, apakah makan timun saat haid menghambat darah menstruasi Anda?

Baca Juga: Dianjurkan Ustaz Abdul Somad, Perempuan Ini Rutin Konsumsi Jus Timun Selama 7 Hari dan Buktikan Khasiatnya, Begini Hasilnya pada Tubuh!Hal ini juga tidak benar. Siklus menstruasi perempuan diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron.Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis.Makan timun saat haid tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi.(*)

Source : nakita.grid.id

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular