Follow Us

Aib Pertamina Dibongkar Komisarisnya Sendiri, Ahok Usulkan Supaya Kementerian BUMN Dibubarkan, Ada Apa?

Yulia Susanti - Kamis, 17 September 2020 | 14:02
Ahok Usulkan Supaya Kementerian BUMN Dibubarkan, Ada Apa?
Instagram agan harahap via Tribunnews

Ahok Usulkan Supaya Kementerian BUMN Dibubarkan, Ada Apa?

GridStar.ID - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama?Baru-baru ini ia mengeluarkan statement yang mengejutkan.Bagaimana tidak, ia mengusulkan supaya Kementerian BUMN dibubarkan.

Baca Juga: Jokowi Diminta Pecat Ahok karena Bikin Kegaduhan, Basuki Tjahaja Purnama Balas Andre Rosiade, Kuliti Aib Pertamina: Mainnya Lobi ke Menteri!Menurut Ahok, banyak tata kelola perusahaan negara selama ini tidak efisien.Pria yang kini akrab disapa BTP ini menuturkan, tata kelola yang buruk ini juga dirasakannya langsung setelah masuk dalam lingkaran BUMN.Atau setelah ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).Baca Juga: Statusnya Kini Sudah Jadi Suami Puput Nastiti Devi, Terbongkar Kenyataan Jika Ahok Diam-diam Tinggalkan Harta Fantastis untuk Veronica Tan, Jumlahnya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Dia mengusulkan, ratusan BUMN yang ada saat ini lebih baik dikelola dengan benar-benar profesional dan jauh dari kepentingan politis.Lalu, apakah hanya itu alasan Ahok usul Kementerian BUMN dibubarkan?Indonesia bisa meniru apa yang dilakukan Pemerintah Singapura dengan membentuk Temasek.

Baca Juga: Ogah Terima Ayahnya Nikahi Daun Muda, Putri Sulung Ahok Singgung Soal Seekor Ngengat Jelek yang Menyamar Jadi Kupu-Kupu, Sindir Puput Nastiti Devi?"Harusnya Kementerian BUMN dibubarkan. Kita membangun semacam Temasek, semacam Indonesia Incorporation," ucap Ahok, dikutip dari tayangan yang diunggah akun YouTube POIN dan dilihat pada Rabu (16/09).Ahok mencontohkan, di Pertamina saja, jabatan direksi atau komisaris sangat kental dengan lobi-lobi politis dan bagi-bagi jabatan."Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga," kata Ahok.Baca Juga: Selama Ini Bungkam Dituding Berselingkuh, Siapa Sangka Diam-diam Veronica Tan Teruskan Perjuangan Ahok hingga Singgung Soal Isi Perasaan dan Kekhawatiran, Ada Apa?

"Jadi direksi-direksi semua main lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri."Ahok juga terang-terangan menyebut bahwa komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian.Ahok mengeklaim, dirinya juga tak hanya duduk manis dengan jabatan Komut Pertamina.

Baca Juga: Lebih Kalem Setelah Nikah dan Punya Anak Lagi, Ahok Kembali Berurusan dengan Kepolisian Soal Kasus Pencemaran Nama Baik, Ada Apa?Dia merasa terpanggil untuk melakukan perbaikan. Salah satunya mengusulkan jabatan lewat lelang terbuka.Menurut Ahok, Indonesia membutuhkan lebih banyak pekerja yang bekerja secara jujur untuk disebar di perusahaan-perusahaan BUMN seperti Pertamina."Yang utama adalah jujur karena kejujuran dan loyalitas itu tidak ada sekolahnya," kata Ahok lagi.Baca Juga: Sudah Lepas dari Kasus Penodaan Agama, Perkara Ahok Dianggap Luar Biasa, Komnas HAM: di Internasional Orang Masih Bertanya-tanya

"Kalau kamu punya itu, kamu sampai tua pun tidak mungkin suci."Ahok hanya bisa mengajak berdoa supaya di Indonesia ladangnya bisa siap untuk benih-benih baik ditaburkan.Banyak praktik tata kelola Pertamina yang, menurut Ahok, sangat tidak efisien.

Baca Juga: Kabar Duka, Salah Satu Anggota Keluarga Ahok Meninggal Dunia, BTP Boyong Puput Nastiti Devi ke Kampung HalamanMantan Bupati Belitung Timur ini menyinggung soal gaji di Pertamina yang, menurut dia, tidak masuk akal dalam pengelolaan perusahaan.Sejak menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina, dia sering mendapati pejabat Pertamina masih menerima fasilitas gaji besar meskipun jelas-jelas sudah dicopot dari jabatannya."Tapi, masa (jabatan) dicopot gaji masih sama. Alasannya karena orang lama. Ya harusnya gaji mengikuti jabatan Anda kan," tutur Ahok.

Baca Juga: Ogah Terima Ayahnya Nikahi Daun Muda, Putri Sulung Ahok Singgung Soal Seekor Ngengat Jelek yang Menyamar Jadi Kupu-Kupu, Sindir Puput Nastiti Devi?

"Mereka bikin gaji pokok gede semua. Jadi bayangin gaji sekian tahun gaji pokok bisa Rp75 juta. Dicopot, enggak ada kerjaan pun dibayar segitu. Gila aja nih," tukas Ahok.Sebelumnya, Ahok mengaku akan berupaya membuat Pertamina semakin transparan.Dia tak ingin ada lagi yang ditutup-tutupi.(*)Artikel ini telah tayang di Suar.id yang berjudul Bagai Petir di Siang Bolong, Ahok Tiba-tiba Usulkan supaya Kementerian BUMN Dibubarkan, Ternyata Ini Alasan Mantan Veronica Tan Itu

Source : Suar.id

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest