Follow Us

Terbaru, Peneliti Temukan Virus Corona di Sperma Pasien Covid-19, Dapatkah Menular Lewat Hubungan Seks?

Yulia Susanti - Sabtu, 20 Juni 2020 | 07:00
Terbaru, Peneliti Temukan Virus Corona di Sperma Pasien Covid-19, Dapatkah Menular Lewat Hubungan Seks?
Tribunnews

Terbaru, Peneliti Temukan Virus Corona di Sperma Pasien Covid-19, Dapatkah Menular Lewat Hubungan Seks?

GridStar.ID - Hingga kini beberapa negara masih berjuang melawan Covid-19.Kasus di tanah air pada hari Selasa (16/06) mencapai 40.400 kasus positif Covid-19.Pencegahan penyebaran virus corona harus diantisipasi dengan baik.

Baca Juga: Indonesia Kembali Mencapai Rekor Kasus Baru Covid-19 Mencapai 1.331 Orang, 4 Hal Ini Menjadi Pemicunya, Salah Satunya Masyarakat yang AbaiAdanya kesadaran akan bahaya penularan, setidaknya bisa membantu kinerja nakes.Di sisi lain berbagai penelitan di belahan dunia masih berjuang menemukan obat dan vaksin virus corona.Tak sedikit pula orang bertanya-tanya, mengenai penyebaran virus Covid-19 selain droplet.Baca Juga: Dituduh Tinggal Serumah Padahal Belum Resmi Menikah, Felicya dan Caesar Hito Angkat Suara Tanggapi Tuduhan Miring Selama Ini: Gila Kali Lo!

Seperti hal nya, apakah virus corona bisa ditularkan lewat cairan selama hubungan seksual?Penemuan mengejutkan ini ditemukannya virus corona ini pada sperma pasien positif Covid-19.Ditemukan adanya virus Covid-19 ini pada pasien yang sedang menjalani masa penyembuhan.

Baca Juga: Pasien Baru Positif Covid-19 Masih di Atas Seribu Orang, Daerah Ini Menjadi yang Tertinggi pada 18 Juni dengan Angka Kasus Lebih dari 384 OrangKira-kira bisa menular lewat hubungan intim gak sih?Siapa sangka ternyata virus Covid-19 ini bisa meyebar di seluruh bagian tubuh termasuk organ reproduksi.Mengutip dari Tribun Mataram, Penemuan ini membuktikan jika virus corona bisa memasuki organ reproduksi seperti testis pria.Baca Juga: Menyayat Hati, Bayi PDP Covid-19 Usia 4 Bulan Ini Tak Kuat Melawan Corona dan Meninggal Dunia, Orangtuanya Terpaksa Diisolasi di Kebun!

1. Corona Menyebar ke Organ ReproduksiTemuan ini dilaporkan dalam jurnal JAMA Network Open dari American Medical Association, asosiasi medis Amerika.Tim peneliti dari Changchue Municipal Hospital di Provinsi Henan, China, mendeteksi adanya virus SARS-Cov-2 pada enam dari 38 pasien pria yang dirawat di rumah sakit tersebut.Penelitian terhadap mereka dilakukan pada saat puncak wabah sedang terjadi di China yaitu pada bulan Januari dan Februari 2020.

Baca Juga: Sri Mulyani Blak-blakan Biaya Penanganan Corona: Realisasi Anggaran Kesehatan Masih Kecil, Baru 1,54 Persen!2. Cuma 16% KasusSecara persentase jumlah ini termasuk sedikit.Sebanyak 16% dari temuan memperlihatkan adanya bukti virus corona di dalam sperma.Dari kasus yang diteliti, sekitar seperempatnya berada dalam tahap infeksi yang akut.Baca Juga: Tembus 40 Ribu Kasus Covid-19, Ini 10 Daerah Paling Aman dari Infeksi Corona di Indonesia, Jumlah Pasiennya Paling Rendah!

Sedangkan 9 persen dari mereka kemudian pulih.Bisakah virus corona ditularkan lewat hubungan seks?3. Bisa Saja Tularkan Lewat Hubungan SeksDari penelitian ini kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah virus corona dapat ditularkan melalui hubungan seks?

Baca Juga: Dilarang Mengobrol di Transportasi Umum, Droplet Bisa Bertahan Selama 15 Menit di Udara, Bahkan Virus Bisa Menempel Selama 5 Hari di Benda yang Kerap Kita Pegang Ini"Kami menemukan bahwa SARS-CoV-2 bisa ditemukan pada sperma pasien yang positif COVID-19, dan SARS-CoV-2 mungkin masih bisa dideteksi dalam sperma pasien yang sedang dalam penyembuhan,” tulis tim peneliti di jurnal JAMA, dikutip TribunMataram.com dari Kompas.com.Berdasarkan temuan ini, tim peneliti menyatakan hal ini merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dan membutuhkan adanya penelitian lebih lanjut.Terutama untuk mencari tahu apakah virus corona bisa ditularkan melalui hubungan seks.Baca Juga: Indonesia Kembali Mencapai Rekor Kasus Baru Covid-19 Mencapai 1.331 Orang, 4 Hal Ini Menjadi Pemicunya, Salah Satunya Masyarakat yang Abai

“Bahkan ketika virus ini tidak bisa menggandakan diri di dalam sistem reproduksi pria, mereka bisa tetap ada di situ, kemungkinan hasil dari kekebalan istimewa dari testis,” tulis Dr Diangeng Li dan rekan-rekannya.4. Lebih Baik Pakai PengamanTerutama dengan mempertimbangkan fakta bahwa SARS-Cov-2 ditemukan dalam pasien yang berada dalam masa penyembuhan” demikian ditulis oleh tim dari The Eight Medical Center of Chinese People’s Liberation Army General Hospital itu."Menahan hubungan seks atau penggunaan kondom bisa diperhitungkan sebagai cara pencegahan penularan bagi pasien-pasien ini. Patut diperhatikan ada kebutuhan untuk mempelajari mengawasi perkembangan janin.

Baca Juga: Dituduh Tinggal Serumah Padahal Belum Resmi Menikah, Felicya dan Caesar Hito Angkat Suara Tanggapi Tuduhan Miring Selama Ini: Gila Kali Lo!Maka dari itu, menghindari kontak dengan air liur dan darah pasien mungkin tidak cukup, karena sperma pasien yang dalam penyembuhan tetap memungkinkan menyebabkan penularan."Belum diketahui juga juga apakah penemuan virus ini pada sperma bisa berpengaruh pada kesuburan pria.(*)Artikel ini telah tayang di WIKEN.ID yang berjudul Penelitian Terbaru Temukan Virus Corona di Sperma Pasien Covid-19, Dapatkah Menular Lewat Hubungan Seks? Berikut Penjelasan Ahlinya!

Source : wiken.grid.id

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest