Follow Us

Tak Banyak yang Menyadari, Inilah Ciri-Ciri Tubuh Terjangkit Virus Corona dari Hari ke Hari, Kenali Gejala Hari 1 Sampai Hari 14!

Yulia Susanti - Senin, 30 Maret 2020 | 05:30
Tak Banyak yang Menyadari, Inilah Ciri-ciri Tubuh Terjangkit Virus Corona dari Hari ke Hari, Kenali Gejala Hari 1 Sampai Hari 14!
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo

Tak Banyak yang Menyadari, Inilah Ciri-ciri Tubuh Terjangkit Virus Corona dari Hari ke Hari, Kenali Gejala Hari 1 Sampai Hari 14!

GridStar.ID - Sebuah penelitian dilakukan pada 140 pasien di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan.Hasil studi mengungkapkan proses perkembangan gejala virus corona yang umum dialami pasien dari hari ke hari.Perhitungan dimulai sejak kemunculan gejala, bukan terinfeksi.

Baca Juga: Awan Panas Merapi Disebut Membentuk Sosok Ini, Benarkah Pertanda Baik Atas Berakhirnya Wabah Virus Corona? Wirang Birawa Sebut Tokoh PewayanganCovid-19 memiliki masa inkubasi di mana pasien yang sudah terinfeksi belum menunjukkan gejala.Terdapat beberapa gejala yang menunjukkan orang dicurigai terjangkit virus corona.Mulai tidak terjadi gejala hingga gejala sakit ringan dan seterusnya.Baca Juga: Pilu! Warga Usir dan Tolak Pemakaman Jenazah yang Positif Virus Corona, Jerit Hati Keluarga Pasien: Lalu Akan Dimakamkan di Mana Keluarga Kami?

Melansir Nakita.id, Hari ke-1: kemunculan gejala, biasanya pasien mengalami demam tinggi, kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering.Sebagian orang juga mengalami diare atau mual pada sehari atau dua hari sebelumnya.Hari ke-5: muncul kesulitan bernapas, khususnya bagi pasien yang berusia tua atau memiliki penyakit penyerta.

Baca Juga: Tak Diduga Berujung Petaka, 4 Peserta Pelatihan Petugas Haji di Surabaya Positif Corona, 14 Lainnya Pasien dalam Pengawasan Usai Ikuti Kegiatan Ini

 Tak Banyak yang Menyadari, Inilah Ciri-ciri Tubuh Terjangkit Virus Corona dari Hari ke Hari, Kenali Gejala Hari 1 Sampai Hari 14!
Freepik

Tak Banyak yang Menyadari, Inilah Ciri-ciri Tubuh Terjangkit Virus Corona dari Hari ke Hari, Kenali Gejala Hari 1 Sampai Hari 14!

Hari ke-7: pasien mulai dirawat di rumah sakit.Hari ke-8: untuk pasien yang mengalami kasus parah, mereka akan merasakan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS).ARDS merupakan sebuah penyakit yang terjadi ketika cairan menutupi paru-paru dan bisa berujung fatal.Baca Juga: BREAKING NEWS: Kini Kasus Corona Bertambah 1.285 Kasus, Achmad Yurianto Tegas: Jangan Diskriminasi, Lindungi Agar Bisa Isolasi Diri Bukan Dikucilkan

Hari ke-10: Jika gejala semakin memburuk, kemungkinan besar pasien akan dipindahkan ke ruang ICU.Mereka mungkin akan kehilangan nafsu makan dan mengalami sakit perut yang lebih parah daripada pasien dengan gejala ringan.Sebagian kecilnya meninggal dunia.

Baca Juga: Bawa Angin Segar, Semua Pasien Positif Corona di Malang Dikabarkan Sembuh, Pemkot Setempat Titipkan Pesan Ini untuk WarganyaHari ke-17: Rata-rata pasien yang sembuh diizinkan pulang dari rumah sakit pada hari ke-17 atau sekitar 2.5 minggu sejak gejala pertama kali muncul.Ciri-ciri virus corona hampir mirip dengan pneumonia.Namun, Paras Lakhani, seorang ahli radiologi di Thomas Jefferson University, berkata bahwa Covid-19 bisa dibedakan dengan pneumonia bila dilihat dari bagaimana gejalanya semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Belum Tentu Alami Gejala Virus Corona, Mungkin Masalah Kesehatan Mental Ini yang Kita Alami, Kenali Ciri-cirinya!"Pneumonia biasanya tidak berkembang dengan cepat. Kebanyakan rumah sakit akan merawat pasien (pneumonia) dengan memberikan antibiotik, kemudian pasien (pasien) akan menjadi lebih stabil," jelas Lakhani.Akan tetapi, pasien virus corona bisa menjadi lebih parah bila mereka diobati dengan cairan atau steroid.Bahkan dalam sebuah kasus, seorang wanita berusia 33 tahun justru mengalami kondisi yang lebih parah sejak tiga hari dirawat di rumah sakit Lanzhou. (*)

Source : nakita.grid.id

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest