Polusi Udara Meningkat, BPJS Kesehatan Banyak Keluarkan Anggaran Terkait dengan Penyakit Respirasi

Rabu, 29 Maret 2023 | 12:01
dok.TribunSulbar - IST

BPJS Kesehatan Tanggung Biaya Operasi

GridStar.ID - BPJS Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan dan jaminan pengobatan untuk pesertanya.

Ada berbagai macam penyakit yang bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Salah satu yang penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah penyakit respirasi yang diakibatkan karena polusi udara.

Dengan meningkatnya polusi udara, kini ada banyak masyarakat yang mengalami penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Dikutip dari Kompas.com, beban BPJS Kesehatan untuk penyakit respirasi terus cenderung meningkat setiap tahunnya.

Menurut data BPJS Kesehatan, selama periode 2018-2022, anggaran yang ditanggung untuk penyakit respirasi juga mencapai angka yang signifikan dan memiliki kecenderungan peningkatan tiap tahunnya.

Dijelaskan bahwa penyakit pneumonia menelan biaya sebesar Rp 8,7 triliun, tuberkulosis Rp 5,2 triliun, PPOK Rp 1,8 triliun, Asma Rp 1,4 triliun, dan kanker paru Rp 766 miliar.

Sedangkan menurut wilayah, provinsi Jawa Barat menghabiskan anggaran untuk penyakit respirasi yang ditanggung BPJS tertinggi dengan biaya sebesar Rp 1 triliun.

Wilayah selanjutnya adalah Jawa Tengah dengan Rp 600 miliar, Jawa Timur Rp 597 miliar, DKI Jakarta Rp 410 miliar dan Sumatera Utara Rp 244 miliar.

Berkaca dari hal tersebut, diharapkan agar semua pihak meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya udara bersih untuk kehidupan.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Masih Tanggung Pengobatan dan Alat Kesehatan untuk Pasien Gagal Ginjal, Obat Dijamin Kemenkes

Karena ini akan berdampak terhadap polusi udara dan keuangan negara.

"Semua pihak harus bekerja sama untuk mengurangi dampak buruk polusi udara, baik terhadap kesehatan masyarakat maupun keuangan negara melalui anggaran BPJS," ujar Co-Founder Bicara Udara, Novita Natalia.

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto juga menyampaikan hal yang sama terkait dengan dampak polusi udara.

Polusi udara terbukti menimbulkan masalah respirasi dan pernapasan. (*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya